Sukuk Rp1,158 Triliun Segera Jatuh Tempo, Ini Langkah PT PNM

Perseroan harus menjaga saldo minimal dana cadangan primer untuk kebutuhan jangka pendek, yakni dalam 5 hari ke depan, dan harus menjaga saldo minimal dana cadangan sekunder untuk kebutuhan 6-30 hari ke depan

 Ilustrasi Sukuk Ritel (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sukuk Ritel (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I PNM Tahap I Tahun 2021 Seri A senilai Rp1,158 triliun segera jatuh tempo.

Hal ini membuat PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyatakan kesiapannya untuk melunasi.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, dikutip Minggu (26/6/2022), manajemen PNM menjelaskan bahwa perseroan memiliki kebijakan likuiditas yang salah satu fungsinya adalah untuk mengatur kesediaan dana guna pemenuhan kewajiban perseroan.

Perseroan harus menjaga saldo minimal dana cadangan primer untuk kebutuhan jangka pendek, yakni dalam 5 hari ke depan, dan harus menjaga saldo minimal dana cadangan sekunder untuk kebutuhan 6-30 hari ke depan.

“Sementara posisi kas dan setara kas perusahaan per 31 Mei 2022 sebesar kurang lebih Rp2,67 triliun,” tulis manajemen Permodalan Nasional Madani dalam laporannya ke Bursa.

Baca Juga: Sukuk Ritel SR016 Segera Dirilis, CEO Bibit: Investasi Syariah Aman

Selain saldo kas dan setara kas, PNM melakukan penempatan dana idle dalam instrumen yang likuid, yakni reksadana pasar uang.

Selanjutnya, manajemen menyampaikan bahwa perseroan memenuhi kebutuhan pendanaannya melalui tiga alternatif pendanaan, yaitu melalui penarikan fasilitas perbankan komersial, penerbitan surat utang (MTN/sukuk) atau penerbitan efek bersifat utang (obligasi), serta dari pemerintah (PIP).

Posisi 31 Mei 2022, perseroan masih memiliki kelonggaran tarik pinjaman yang terdiri atas fasilitas perbankan sebesar Rp8,1 triliun dan pasar modal sebesar Rp4 triliun.

“Berdasarkan hal tersebut di atas, perusahaan memiliki beberapa opsi untuk melakukan pembayaran sukuk mudharabah berkelanjutan yang dimaksud,” ungkap manajemen Permodalan Nasional Madani.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Sukuk Rp1,15 Triliun Segera Jatuh Tempo, Begini Kesiapan PNM

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      PLN Bagikan 1.000 Bendera di Jateng-DIY untuk Semarakkan HUT ke-77 RI

      Pembagian bendera yang dilakukan PLN UID Jateng dan DIY ini merupakan bagian dari gerakan 10 juta Bendera Merah Putih yang dicanangkan oleh Kemendagri.

      BRI Resmikan Menara BRILiaN Berkonsep Green & Smart Building

      Bertepatan dengan HUT ke-77 Republik Indonesia, BRI meresmikan gedung baru Menara BRILiaN pada Rabu (17/8/2022).

      Asyik, Mulai 17 Agustus 2022, KRL Solo-Jogja hingga Stasiun Palur

      Pada tahap uji coba ini, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 6 perjalanan KRL tiap harinya yang melayani Stasiun Palur dan Stasiun Solo Jebres.

      Erick Thohir: 3 Faktor Tiket Pesawat Mahal, Begini Langkah Garuda

      Erick Thohir menyatakan peran maskapai penerbangan milik BUMN agar menjadi motor yang mampu menyediakan tiket pesawat murah untuk rakyat.

      Ini Promo Merdeka Bersama AHASS di Jateng

      Ada diskon spesial untuk seluruh konsumen loyal motor Honda program yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun tersebut, yakni selama periode Agustus 2022.

      Pemerintah Terbitkan Sukuk SR017, Begini Cara Pesannya

      Penerbitan sukuk SR017 sebagai langkah mendukung upaya pendalaman pasar keuangan domestik.

      Subsidi Energi 2023 Turun Jadi Rp336,7 Triliun, Amankah?

      Penurunan subsidi energi 2023 karena proyeksi harga minyak mentah dunia yang turun di bawah US$90 per barel.

      Harga Emas Antam dan UBS Turun, Ayo Borong Lur

      Bertepatan HUT ke-77 RI, harga emas batangan 24 karat di Pegadaian, baik Antam maupun UBS terpantau turun dibandingkan hari kemarin.

      Mendag: Pakaian Thrift Ada Jamur, Pembeli Tak Kehilangan Akal

      Sejumlah langkah dilakukan konsumen thrifting seusai membeli, salah satunya dengan merendam baju dengan air panas.

      Promo Transfer Antarbank Rp77 Hanya 3 Hari, Jangan Terlewat!

      Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia tahun ini, Bank Indonesia (BI) menghadirkan promo biaya transfer antar bank di Indonesia Rp77 yang hanya berlaku selama tiga hari.

      Penumpang KA Belum Booster Bisa Batalkan Tiket dan Jaminan Uang Kembali

      Penumpang kereta api jarak jauh dengan tiket keberangkatan 15 sampai dengan 17 Agustus 2022 dapat membatalkan tiketnya apabila belum bisa melaksanakan vaksinasi booster sebagai syarat keberangkatan.

      Subsidi Capai Rp502 Triliun, Pemerintah Belum Usul Kenaikan Harga BBM

      Ketua DPR Puan Maharani mengatakan Pemerintah belum mengusulkan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) walaupun harga BBM di luar negeri sudah sangat tinggi.

      Green Industrial Park Tandai Keseriusan Indonesia Capai Nol Emisi 2060

      Pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara yang diklaim terbesar di dunia menunjukkan keseriusan Indonesia mencapai target net zero emission atau nol emisi karbon/bebas karbon pada 2060.

      Penumpang Kereta Api Lokal dan Aglomerasi Minimal Vaksin Dosis 1

      PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengeluarkan aturan dan syarat perjalanan terbaru mulai Senin (15/8/2022).

      Disinggung Jokowi, Ini Proyek Kawasan Industri Hijau Terbesar di Dunia

      Salah satu emiten yang sudah memanfaatkan keberadaan Kawasan Industri Hijau di Kalimantan Utara tersebut adalah perusahaan milik Garibaldi “Boy” Thohir.