SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kopi Tirto. (Facebook.com-Aqua Lestari)

Solopos.com, JAKARTA — Danone-Aqua bersama Yayasan Nirudaya, sebuah organisasi nirlaba mengembangkan Kopi Tirto yang dibudidayakan dengan kaidah konservasi. Budidaya kopi sistem agroforestri itu dikembangkan di berbagai daerah tangkapan air (catchment area) dengan ketinggian 400-1400 Dpl.

Budidaya Kopi Tirto telah melibatkan lebih dari 120 petani dampingan yang tersebar di wilayah Jempanang Badung (Bali), Wonosobo (Jawa Tengah), Pandaan (Jawa Timur), dan Tanggamus (Bandar Lampung).  Saat ini, produk Kopi Tirto sudah tersedia di pasaran untuk dinikmati para penikmat kopi tanah air.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Keunikan Kopi Tirto adalah dari sisi budidayanya, di mana dilakukan dengan sistem agroforestri ramah lingkungan yang dilengkapi dengan pembuatan rorak. Sistem ini mampu membantu mengurangi air hujan langsung mengalir ke  permukaan yang lebih rendah dan mengoptimalkan peresapan air hujan ke dalam tanah sehingga turut berkontribusi terhadap konservasi air.

Buntelan Kain Kafan Berisi Foto Sejoli di Makam Keramat Viral

Para petani menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan sistem ini. Oleh karena itu, mereka diberikan pelatihan-pelatihan tentang budidaya kopi agroforestri dan penanganan paska panen agar dapat menghasilkan biji kopi dengan kualitas prima.

Dari sisi pelatihan budidaya, Danone-Aqua bekerja sama dengan berbagai mitra lainnya untuk melakukan pendampingan kepada para petani agar mereka dapat membudidayakan kopi sesuai dengan kaidah konservasi. Sedangkan Nirudaya menjadi mitra Danone-Aqua guna memastikan pemasaran dari hasil panen kopi yang dihasilkan.

Nirudaya sekaligus memberikan pendampingan kepada para petani tentang pengolahan yang baik paska panen. Selain itu,  Nirudaya pun mengadakan pelatihan pengolahan biji kopi untuk menghasilkan minuman kopi yang digemari oleh konsumen.

Tiktokers Usulkan Cara Bayar Utang Indonesia, Begini Caranya…

Irvan Helmi, Ketua Dewan Pengurus Sustainable Coffee Platform Indonesia (SCOPI) menjelaskan, dalam industri kopi yang semakin berkembang, terdapat hal-hal yang juga perlu diingat dan harus berjalan beriringan dengan kemajuan industri tersebut.

“Pertama, adalah memberdayakan dan menciptakan kesempatan dari sisi ekonomi untuk para petani, memperkuat keamanan pangan, dan juga memperhatikan keberlanjutan lingkungan,” jelas Irvan dalam keterangan tertulisnya.

Kesejahteraan Petani

Budi Rahardjo, Agriculture and Economic Development Manager Danone Indonesia mengungkapkan, kopi sebagai bagian dari tradisi masyarakat Indonesia perlu diperhatikan, mulai dari lingkungan tumbuhnya hingga kesejahteraan petaninya.

Jadi Beban Keluarga, Pria Sumut Dicoret dari Keluarga, Begini Kisahnya…

“Selain untuk memberikan kesejahteraan kepada petani, tujuan yang tidak kalah pentingnya dari inisiatif Danone-Aqua bersama Nirudaya ini adalah untuk bersama menjaga kualitas dan kuantitas air serta keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, dibutuhkan pemahaman dari para mitra petani melalui berbagai pembekalan untuk dapat menerapkan sistem pertanian kopi yang ramah lingkungan,” jelas Budi.

Martin Kreshna, Executive Director Yayasan Nirudaya berharap kemitraan dengan Danone-Aqua mendorong terwujudnya perdagangan kopi yang adil bagi petani dan lingkungan. “Kami menyambut baik inisiatif Danone-Aqua dalam melakukan pendampingan budidaya Kopi Tirto di berbagai area tangkapan air. Di sisi lain, kami berupaya untuk memasarkan kopi ini agar pendapatan petani meningkat,” ujar Martin.

Dia juga menambahkan bahwa Nirudaya mengajak partisipasi masyarakat dengan melibatkan anak muda desa untuk mau terjun ke usaha kopi. “Salah satunya adalah dengan melakukan pelatihan tentang standarisasi kualitas kopi dan roasting, dan pemasaran kopi. Harapan dari pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan nilai tambah kopi konservasi dan adanya regenerasi profesi petani kopi. Peserta dari pelatihan itu hampir semuanya adalah anak muda di Desa Mlandi, Wonosobo.”

Perhatikan Warna Cat Kamar Bayi, Fengsui Bilang Bisa Tenangkan Mood

Kolaborasi Danone-Aqua dengan Nirudaya ini merupakan wujud dari aspirasi para petani mengenai ketersediaan pasar untuk hasil panen mereka. “Kesimpulan yang didapatkan dari penelusuran itu adalah konservasi akan dilakukan ketika kebutuhan ekonomi tercukupi dan sebaliknya, ekonomi tanpa konservasi juga akan sia-sia karena tidak ada keberlanjutan. Kami yakin kopi konservasi seperti Kopi Tirto akan diminati pasar ditengah semakin tingginya perhatian konsumen terhadap lingkungan,” jelas Martin.

I Ketut Kartika Yasa, petani kopi Tirto yang turut hadir dalam kesempatan itu juga mengungkapkan manfaat yang telah dirasakan sejak mendapatkan pelatihan tentang budidaya kopi konservasi. “Sejak mengikuti program ini tahun 2019, petani kopi di Badung (Bali) mulai merasakan manfaat dari segi peningkatan penghasilan. Kami juga tidak khawatir lagi dengan kekeringan karena tanaman kopi itu juga mampu menyerap atau menampung debit-debit air hujan. Karena air yang diserap nanti akan mengalir ke sungai-sungai,” jelas Yasa.

Yasa juga berharap agar kopi yang dibudidaya melalui program kopi konservasi dengan sistem agroforestri ini bisa mendapatkan kualitas kopi yang terbaik. “Selama program ini berjalan kami selalu berusaha untuk berkembang. Dengan pendampingan dari Danone-Aqua kami berharap bisa menghasilkan kopi dengan kualitas yang baik dan diminati oleh para penikmat kopi tanah air,” ujarnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Terampil Bungkus Kado Bisa Jadi Peluang Bisnis

Peluang Lezat Bisnis Pencuci Mulut Vegetarian

Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Peluang Bisnis Kuliner Ayam, Bebek, Angsa



Bertahan di Peluang Bisnis Nasi Biryani

Jajal Peluang Bisnis Restoran Virtual

Peluang Bisnis Beanbag Nan Empuk

Peluang Bisnis Air Minum Isi Ulang

Peluang Bisnis Bakso Waralaba

Peluang Bisnis Makanan Beku

Peluang Bisnis Camilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya