SOLOPOS.COM - Mario menjalani sesi kualifikasi pada Jumat (28/8/2020) Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Pebalap muda binaan Honda Mario Suryo Aji, 16, kembali mendapat kesempatan berjuang mengibarkan Merah Putih di Eropa.

Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut siap berjuang di FIM CEV Moto3 Junior World Championship musim 2020. Mario siap bersaing dengan pebalap berbakat lainnya dari seluruh dunia.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Perjalanan Mario yang memasuki tahun kedua di ajang ini sempat tertunda karena pandemi. Melewatkan dua seri pembuka di Portugal, Juli lalu, Mario datang dengan optimisme pada seri ketiga dan keempat. Dua seri tersebut diselenggarakan di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol, Sabtu-Minggu (29-30 Agustus 2020).

Pada ajang adu kencang ini, Mario akan menjalani tiga balapan sekaligus dalam dua hari di sirkuit yang sama. Seri ketiga dilakukan pada Sabtu dikemas dalam satu race. Sedangkan seri keempat pada Minggu akan menyelesaikan dua race.

Absen Lama di Moto GP 2020, Marquez Jagokan Dovizioso & Quartararo

Mario mengaku sangat antusias kembali ke FIM CEV Moto3 Junior World Championship. Dua sudah beberapa bulan melakukan persiapan dan menunggu balapan ini. Meski harus kembali menyesuaikan diri, Mario optimistis mampu berkembang pada setiap sesinya.

”Berbekal pengalaman tahun lalu, saya berharap mendapatkan hasil yang semakin bagus. Saya siap tampil sebaik mungkin untuk kebanggaan pecinta balap Indonesia. Mereka sudah lama menunggu kiprah Astra Honda Racing Team di arena internasional pada musim balap 2020 ini,” ucap Mario.

Setelah melakukan latihan bebas dalam dua hari terakhir, Mario menjalani sesi kualifikasi pada Jumat (28/8/2020). Balapan Sabtu diselenggarakan pukul 13:00 waktu setempat (18:00 WIB). Keesokannya, dua balapan akan digelar masing-masing pukul 11:00 dan 14.00 waktu setempat (16:00 WIB dan 19:00 WIB).

Mario dan tim mengikuti semua aturan protokol kesehatan yang ditetapkan. Baik dari pemerintah Indonesia, dan DORNA sebagai penyelenggara. Juga aturan di Spanyol negara yang ditinggali sementara waktu oleh Mario.

Naomi Osaka Emoh Main di Semifinal Turnamen WTA, Ini Alasannya

Konsistensi AHRT

Kembalinya Mario tahun ini menandai keikutsertaan musim keenam bagi Astra Honda Racing Team (AHRT) di FIM CEV International Championhsip (FIM CEV). Konsistensi ini menjadi komitmen AHM untuk terus melakukan penjenjangan para pebalap muda bertalenta.

”Kami terus konsisten menemani pebalap muda Indonesia mengejar mimpi mereka dalam berbagai situasi dan kondisi. Kami berharap semakin banyak pebalap Tanah Air yang membanggakan Bangsa Indonesia di ajang tertinggi,” ujar Deputy General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya.

FIM CEV salah satu ajang yang menjadi jembatan berbagai pebalap menuju arena Grand Prix (GP). Tahun ini, 13 rider di GP Moto3 dan GP Moto2 berasal dari FIM CEV. AHRT sendiri sudah berpartisipasi pada FIM CEV sejak 2015 dan sudah menurunkan empat pebalap binaan.

AHM Inisiasi Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK se-Indonesia

Angkatan pertama Dimas Ekky Pratama, turun di kelas FIM CEV Moto2 Eropa. Dimas berhasil menggapai kursi Honda Team Asia pada GP Moto2 2019 itu membalap di FIM CEV hingga 2018. Prestasi tertingginya adalah menginjakkan kaki di podium 3 seri Catalunya 2017 serta Albacete 2018.

Lalu Andi Farid Izdihar (Andi Gilang) yang bergabung di Honda Team Asia di GP Moto2 2020. Andi berkiprah di kelas FIM CEV Moto3 pada 2016 dan 2017, kemudian naik ke FIM CEV Moto2 Eropa 2019.

Gerry Salim menjadi pebalap ketiga binaan AHM yang dikirimkan ke ajang tersebut. ”Arek Surabaya” ini pernah membalap bersama Honda Team Asia (Replace rider GP Moto3 Mugello 2019 dan GP Moto2 Aragon 2019). Gerry Salim berlaga di kelas FIM CEV Moto3 pada 2018, dan FIM CEV Moto2 tahun 2019.

Terakhir, menyusul Mario Suryo Aji yang bergabung pada 2019 di kelas FIM CEV Moto3. Mario secara gemilang menunjukkan bakat besarnya, mampu finish keempat pada debut di Sirkuit Estoril 2019. Saat ini Mario diharapkan mampu kembali bersaing dan mengibarkan Merah Putih di kancah Eropa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya