SOLOPOS.COM - Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA -- Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia mendapat perhatian PT Astra Honda Motor (AHM). Terbaru AHM menginisiasi Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020.

Ini merupakan bentuk  komitmen berkesinambungan dalam mendukung pendidikan vokasi di Indonesia. Kegiatan ini menjadi bentuk dukungan bagi para guru dalam proses belajar mengajar secara daring. Terutama untuk penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di 682 SMK di seluruh Indonesia.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Pembelajaran secara daring (online) menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan siswa di tengah pandemi Covid-19. Para guru SMK ditantang untuk mampu menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa.

Karena proses belajar mengajar secara daring tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung. Sehingga dibutuhkan gestur, intonasi, dan pemilihan bahasa mengajar yang jelas, lugas. Ini tentu menjadi tantangan besar bagi para guru.

AHM Bagikan Paket Merdeka Untuk Para Veteran

Hal tersebut menjadi poin dari sejumlah poin yang jadi perhatian dalam Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020. Kontes yang di gelar AHM ini pun dilakukan secara daring dan dapat diikuti para guru SMK dari sekolah maupun di rumah masing-masing.

Peserta kontes ini adalah guru produktif di SMK yang mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Juga mereka yang sudah pernah mengikuti Pelatihan Guru Modul Dasar.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, mengatakan berbagai inovasi harus terus digulirkan untuk tetap menjaga kualitas guru. Khususnya guru SMK yang menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda.

Salah satu inovasi tersebut adalah dalam memacu kreativitas guru yang menjadi ujung tombak proses belajar-mengajar. Sehingga mereka semakin adaptif dengan situasi dan perkembangan teknologi.

Hari Ini 2,5 Juta Pekerja Terima Subsidi Gaji Rp600.000/bulan

”Saat ini pembelajaran jarak jauh sudah dilakukan di beberapa daerah di Indonesi. Namun, kami [AHM] ingin tetap hadir. Yakni dengan menfasilitasi upaya menjaga kompetensi guru dan siswa di dunia vokasi. Pelatihan dan kontes secara daring bagi guru-guru di SMK binaan semoga dapat mendukung terciptanya pendidikan vokasi yang lebih adaptif dengan situasi,” ujar Muhibbuddin.

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020. (Istimewa)

Seleksi Bertahap

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 ini bermuara untuk mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni. Ini sebagai modal utama mencetak siswa SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua walaupun dengan metode daring.

Dalam kontes ini, para guru wajib membuat sendiri bahan ajar dan membawakan dua materi ajar. Waktunya 2 X 30 menit yang sudah ditentukan sesuai dengan kurikulum SMK TBSM. Penilaian meliputi materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Ternyata Ini Hobi Dewi Bakul Hik Cantik Asal Nusukan Solo

Peserta diseleksi secara bertahap dari tingkat sekolah pada Agustus 2020, tingkat regional pada September, hingga tingkat nasional di bulan Oktober 2020. Finalis nasional sebanyak 27 guru perwakilan dari 27 main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.

Pada tingkat nasional, penilaian akan melibatkan tim juri yang terdiri dari para profresional trainer. Juga tim technical AHM, dan tim dari Learning Center AHM.

Saat ini, AHM sendiri sudah mempunyai 682 SMK binaan dengan Jurusan TBSM Astra Honda. Jumlah tersebut tersebar di 34 provinsi di Indonesia dengan jumlah guru produktif tercatat 3.462 orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya