SOLOPOS.COM - Angkringan Omah Semar Jl Duku No 2A Jajar, Laweyan, Solo, Senin (28/3/2022). (Solopos/Jafar Sodiq Assegaf)

Banner Ekspedisi Kuliner Solo

Solopos.com, SOLO — Wedangan atau angkringan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan panjang Kota Solo. Di kota ini menjamur banyak sekali tempat angkringan atau lebih populer dengan sebutan hidangan istimewa kampung (HIK).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Wedangan atau angkringan konon berawal dari sejumlah warga Ngerangan, Bayat, Klaten, yang merantau ke Kota Bengawan. Hal itu terjadi tahun 1950-an. Warga Ngerangan yang merantau ke Solo berjualan makanan dan minuman dengan cara dipikul dan berkeliling kampung.

Usaha mereka terus berkembang dan pada periode 1970-an metode berjualan mereka mulai menggunakan gerobak. Untuk memudahkan mobilitas, gerobak mereka diberi roda agar bisa didorong. Sejak itu wedangan atau angkringan semakin menjamur di berbagai kampung di Solo.

Baca Juga: Suegerr! Minum Es Ngudari Ruwet di Pasar Gede Solo, Yuk Icip

Menu makanan dan minuman di wedangan atau angkringan pun semakin bervariasi. Namun pada umumnya menu makanan dan minuman di wedangan bertarif ekonomis atau terjangkau semua lapisan masyarakat. Di era modern sekarang ini, angkringan terus berkembang menyesuaikan dengan zamannya.

angkringan solo
Beberapa menu satai di Angkringan Omah Semar Jl Duku No 2A Jajar, Laweyan, Solo, Senin (28/3/2022). (Solopos/Jafar Sodiq Assegaf)

Angkringan tidak lagi menyediakan menu kuliner bertarif ekonomis, tapi mulai berani membidik segmen konsumen menengah ke atas. Hal itu mereka lakukan dengan mengemas tempat dan menu yang disajikan. Di Solo, banyak sekali angkringan yang memang membidik segmen menengah atas.

Angkringan Spesial

Tim Ekspedisi Surga Kuliner Kota Solo yang diselenggarakan Solopos Media Group (SMG) mengunjungi salah satu angkringan tersebut, Senin (28/3/2022) malam. Angkringan Omah Semar namanya.

Baca Juga: Solo Surga Kuliner: Legend! Ini Resto Gudeg Favorit 3 Presiden RI

Kunjungan tim SMG ke Angkringan Omah Semar dalam rangka Ekspedisi Surga Kuliner Kota Solo bekerja sama dengan OVO dan RM Adem Ayem Solo. OVO yang merupakan bagian dari ekosistem Grab membantu pengusaha kuliner menjadi bagian dari ekonomi digital.

Angkringan Omah Semar beralamat di Jl Duku Nomor 2A Jajar, Laweyan, Solo. Tempat ini bisa dibilang angkringan spesial karena tempatnya yang cozy dengan desain memadukan unsur klasik dengan alam. Di bagian belakang terdapat kolam ikan dengan gemericik air.

angkringan solo
Wedang antivirus yang menjadi favorit pengunjung di Angkringan Omah Semar Jl Duku No 2A Jajar, Laweyan, Solo, Senin (28/3/2022). (Solopos/Kurniawan)

Menunya pun istimewa dengan aneka pilihan favorit seperti nasi berkat seharga Rp20.000, nasi krawu (paru, empal, ayam, babat), bakmi Jawa, nasi rames komplet, serta nasi goreng rendang. Untuk camilan ada pisang goreng, bakwan jagung, tahu goreng, tapai goreng, serta mix aneka gorengan.

Baca Juga: Madhang Geden! 4 Kru Solopos Lahap 16 Tempat Kuliner Legend & Hits Solo

Untuk lauk, ada aneka satai seperti kikil, paru, babat, usus, uritan, brutu, keong, kulit, telur puyuh, dan tembolok. Sedangkan minumnya ada wedang rempah komplet, wedang antivirus, wedang Pak Jokowi, wedang rempah, wedang susu rempah, wedang omah semar, dan wedang imun booster.

Pembayaran Digital

Harga aneka satai bervariasi mulai dari Rp5.000 hingga Rp16.000. Untuk memudahkan transaksi, pengelola Angkringan Omah Semar Solo telah menyediakan layanan pembayaran digital. Dengan begitu pembeli yang tidak membawa uang tunai bisa menggunakan layanan scan barcode tersebut.

angkringan solo
Angkringan Omah Semar Jl Duku No 2A Jajar, Laweyan, Solo, Senin (28/3/2022). (Solopos/Jafar Sodiq Assegaf)

Solopos.com sempat mencicipi menu sega berkat dan wedang anti virus yang menjadi favorit pengunjung Angkringan Omah Semar. Menu sega berkat di tempat ini dibungkus dengan daun jati dan dipanaskan dulu sebelum disajikan. Hal itu terlihat dari daun jati yang sedikit hangus di luarnya.

Baca Juga: Warkop Cendhono Wangi Pasar Gede Solo, Tongkrongan Anak Senja

Sedangkan isian sega berkat ada nasi, serundeng, oseng lombok ijo, bihun goreng, serta terik daging sapi. Dari segi rasa, hasil olahan koki di Angkringan Omah Semar Solo tak diragukan lagi. Dalam sesaat kenikmatan menu sega berkat membawa pikiran ke masa lalu, masa hidup di kampung.

Sementara untuk wedang antivirus merupakan minuman yang diisi dengan aneka rempah-rempah yang hangat di tenggorokan dan perut. Minuman ini cocok untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Isian wedang ini seperti sere, daun jambu, jahe, serta berbagai rempah untuk kesehatan.

Terlebih dengan adanya layanan pesan antar kuliner yang mencakup berbagai makanan khas Solo melalui layanan GrabFood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya