MWA UI Gelar Webinar Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021
Kampus UI (Istimewa-UI)

Solopos.com, JAKARTA -- Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia atau MWA UI menggelar seminar daring bertema “Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021: Harapan, Tantangan, dan Strategi Kebijakan”, Rabu (27//1/2021) siang.

Ketua MWA UI, Saleh Husin mengatakan bahwa seminar virtual ini merupakan yang pertama dari webinar series MWA UI. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, hadir dalam acara ini.

“Kami berharap setiap webinar tersebut akan menghasilkan suatu output berupa kebijakan yang akan kami sampaikan kepada pemerintah sebagai ujud kepedulian UI terhadap isu yang ada di tengah masyarakat," kata Saleh Husin.

Baca juga: Terima Suntikan Kedua Vaksin Covid-19, Jokowi Targetkan Vaksinasi untuk Umum Dimulai Februari

Penyelenggaran berharap ada output utama berupa policy brief mengenai harapan, tantangan, dan strategi pemulihan ekonomi nasional. Nantinya policy brief itu akan dirangkum oleh tim Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LPEM FEB) UI.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E. menanggapi positif kegiatan tersebu. Prof Ari pun mengemukakan pendapatnya, bahwa ada beberapa faktor yang memengaruhi pemulihan ekonomi Indonesia di tahun 2021. Yakni cara pengendalian pandemi Covid-19, kebijakan nasional pemulihan ekonomi nasional, dan dana pemulihan ekonomi nasional. Kemudian kerjasama antara pusat dan daerah, peranan sektor UMKM, ekonomi kreatif, dan sektor pedesaan/pertanian yang saat pandemi merupakan tumpuan bagi tenaga kerja yang terimbas PHK.

Baca juga: Sukses! Ini Dia Tiga Peserta Perempuan Juara DSC XI

Dua Sesi Diskusi

Webinar series MWA UI akan dibagi dalam dua diskusi panel dan terbuka bagi publik setelah terlebih dahulu melakukan registrasi melalui tautan: http://ui.id/mwawebinarseri1. Diskusi panel sesi I dengan subtema “Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”. Menghadirkan pembicara Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia, Dr. Wimboh Santoso. Kemudian Wakil Ketua Umum Kadin, Franky Oesman Widjaja dan mantan Menteri Keuangan 2013-2014, Chatib Basri. Direktur Pemberitaan Berita Satu Holding, Primus Dorimulu bertindak sebagai moderator diskusi panel ini.

Baca juga: Terjadi 22 Kali Guguran Awan Panas, Warga Lereng Merapi di Klaten Tetap Ngarit

Diskusi panel sesi II dengan subtema “Peranan Ekonomi Kreatif, UMKM, dan Dana Desa untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”. Diawali keynote speech dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan tema, Peran Ekonomi Kreatif dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pembicara pada diskusi panel sesi dua ini di antaranya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata. Serta Muhammad Halley Yudhistira dan Teguh Dartanto, dari Tim LPEM FEB UI. Direktur Pemberitaan Bisnis Indonesia Group, Arif Budisusilo dipercaya sebagai moderator diskusi panel sesi kedua.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom