Sukses! Ini Dia Tiga Peserta Perempuan Juara DSC XI
Arlin Chondro dengan Peek.Me Naturals meraih Best of The Best DSC XI (Tangkapan layar)

Solopos.com, JAKARTA – Tiga peserta perempuan menjadi juara Diplomat Succes Challenge XI atau DSC XI. Hal itu disampaikan Dewan Komisioner DSC, Surjanto Yasaputera saat konferensi pers Final Diplomat Success Challenge XI Tahun 2020, secara virtual, Selasa (26/1/2021).

Adapun ketiga challenge perempuan yang menjadi juara DSC XI adalah Arlin Chondro dengan bisnisnya Peek.Me Naturals. Lidya Rinaldi dengan bisnisnya La Dame In Vanilla, dan Anisa Azizah dengan bisnisnya Tech Prom Lab.

“Arlin Chondro dengan bisnisnya Peek.Me Naturals yang merupakan produk kesehatan menjadi Best of The Best DSC XI,” kata Dewan Komisioner Diplomat Succes Challenge, Surjanto.

Juara DSC XI
Lidya Rinaldi dengan proposal bisnisnya La Dame In Vanilla juara di DSC XI (Tangkapan layar)

Menurut Surjanto ketiganya mampu bersaing dengan total 15.589 peserta terdaftar di DSC XI. Untuk menjadi juara dan meraih total hibah modal usaha Rp2 miliar, mereka melalui beberapa tahapan seleksi. Dari 15.589 peserta selanjutnya berdasarkan video vlog pitch, proposal bisnis akan diseleksi kembali.

Yakni menuju tahap National Selection untuk memilih 150 terbaik untuk melakukan presentasi dalam waktu 5 menit di hadapan empat mentor nasional. Hasilnya akan mengerucut menjadi 20 finalis yang akan mengikuti tahap inkubasi, market challenge dan penjurian final.

Jumlah peserta DSC XI #Bikingebrakan, menurut Program Initiator Diplomat Succes Challenge Edric Chandra di tahun ini memang meningkat 25% dibandingkan tahun sebelumnya. Para peserta didominasi usia 20-25 tahun sebanyak 52 persen dari total pendaftar.

“Hal ini menunjukkan semangat wirausaha kian lekat dengan generasi muda. Juga membuktikan pandemi tidak membuat pelaku wirausaha patah semangat. Namun mereka justru semakin mengembangkan bisnisnya,” ujar Edric.

Ide Bisnis

Anisa Azizah dengan proposal bisnisnya Tech Prom Lab juara di DSC XI (Tangkapan layar)

Dalam kesempatan tersebut peraih Best of The Best DSC XI Arlin Chondro mengungkapkan ide bisnisnya. Di mana produk kesehatan berupa aroma terapi dari Peek.Me Naturals, inspirasi atau ide bisnisnya dari kondisi anaknya yang menderita sakit asma.

“Motivasi ikut DSC XI adalah ingin terus belajar sebagai entrepreneur melalui mentor-mentor handal. Rencana setelah ini saya akan membeli peralatan untuk peningkatan kualitas dengan dana hibah yang saya peroleh dari Diplomat Succes Challenge,” kata Arlin.

Lebih lanjut Surjanto mengatakan, kriteria penilaian agar para peserta lolos ke final DSC XI adalah 3P, yakni paham, piawai, dan persona. Di mana untuk menjadi wirausaha handal harus paham dengan bisnis yang dijalaninya, lingkungan, dan kompetitor.

Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan sambutan saat pengumunan juara DSC XI (Tangkapan layar)

Terus Bikin Gebrakan

Kemudian harus piawai yakni memiliki skill yang terus diasah. Ini akan terlihat dalam market challenge di DSC XI. Di mana dia harus mengusai bisnis yang digelutinya. P terakhir lanjut Surjanto, adalah persona yakni menyangkut attitude atau perilaku yang baik dalam menjalankan usaha.

“Saya percaya bahwa pandemi akan berakhir. Jadi kita harus siapkan mulai sekarang usaha apa yang akan dijalankan. Pandemi akan memunculkan ide-ide bisnis baru, jika sudah ada jalankan jangan ditahan dengan tetap berpedoman 3P,” imbuh Surjanto.

Menteri BUMN Erick Thohir melalui rekaman video yang diputar sebagai sambutan pembuka mengatakan jangan kalah dengan keadaan. Pemerintah membuka lapangan seluas-luasnya bagi pelaku UMKM dan UKM.

“Manfaatkan kesempatan ini melalui DSC untuk terus tumbuh dan memberikan manfaat. Terus belajar dan berinovasi, ayo terus bikin gebrakan,” kata Erick Thohir.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom