SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hampir pasti tidak akan bisa menghadiri acara jumenengan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai Mangkunagoro atau MN X di Pura Mangkunegaran, Sabtu (12/3/2022).

Gibran telah menjalani isolasi mandiri di Rumah Dinas Loji Gandrung selama delapan hari terhitung sejak terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat (4/3/2022) lalu. Sesuai ketentuan dari Kementerian Kesehatan, kasus Covid-19 tanpa gejala wajib menjalani isolasi mandiri selama 10 hari sebelum kembali beraktivitas di luar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga: Gibran Positif Covid-19 Lagi, Padahal Sudah Dapat Vaksin Booster

Gibran sempat menjalani tes PCR ulang pada hari kelima isolasi, Rabu (9/3/2022), namun hasilnya tidak dipublikasikan. Untuk acara jumenengan MN X, Sabtu, Gibran sudah mendisposisikan kepada Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Teguh saat ditemui wartawan, Jumat (11/3/2022), membenarkan telah mendapatkan disposisi dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, untuk menghadiri undangan Jumenengan Mangkunagoro X pada Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga: Tak Dampingi Presiden di UNS Solo, Gibran Masih Positif Covid-19?

“Mas Wali masih masa pemulihan, sehingga undangan maupun acara menerima tamu masih dilimpahkan kepada saya,” katanya.

Masa Pemulihan

Teguh mengaku bakal mengenakan busana sesuai ketentuan Pura Mangkunegaran, yakni beskap hitam. “Tentunya untuk jarit batiknya sesuai ketentuan, juga tidak boleh memakai motif yang menjadi larangan,” ungkapnya.

Baca Juga: Sempat Batuk-Batuk, Gibran Tes PCR pada Jumat Pagi Lalu Menghilang

Menurut Teguh, Gibran kembali diuji swab secara PCR pada Kamis (10/3/2022), namun Jumat dan Sabtu masih menjadi masa pemulihan sehingga belum bisa kembali bertugas termasuk menghadiri jumenengan MN X. “Kondisinya sudah sehat, gejala batuk ringan hanya di awal-awal itu,” tutupnya.

Seperti diberitakan, Gibran terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR pada Jumat (4/3/2022). Tes itu dilakukan karena Gibran mengeluhkan gejala batuk pada Kamis (3/3/2022) malam. Sejak saat itu, Gibran menjalani isolasi di rumah dinas Wali Kota di Loji Gandrung.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Uji Swab Ulang setelah 5 Hari Isoman, Hasilnya?

Ini merupakan kali kedua putra sulung Presiden Jokowi itu terpapar Covid-19. Sebelumnya ia juga pernah kena Covid-19 pada pertengahan 2021 lalu. Saat itu ia juga menjalani isolasi di Loji Gandrung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya