SOLOPOS.COM - Penampilan Gibran Rakabuming Raka di Youtube Cokro TV. (Youtube)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Jumat (4/3/2022) telah menjalani isolasi mandiri atau isoman di Rumah Dinas Loji Gandrung selama enam hari hingga Rabu (9/3/2022).

Pada hari kelima, Selasa (8/3/2022), Gibran menjalani uji swab PCR ulang oleh tim dari RSUD Bung Karno. Kendati begitu, hasil uji swab tak bisa disampaikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, mengaku tak boleh menyebutkan hasil uji swab wali kota karena terkait dengan rekam medis pribadi. Hanya yang bersangkutan yang diperbolehkan menyampaikan hasilnya.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Konfirmasi Dirinya Positif Covid-19 Lagi

Ekspedisi Mudik 2024

“Tanya beliau [Gibran] kalau hasil PCR. Saya tidak boleh menyampaikan. Hasil PCR itu masuk medical record pasien sehingga yang bersangkutan yang harus menyampaikannya sendiri,” katanya kepada wartawan, Rabu siang.

Meski menjalani isoman, Ahyani mengaku Gibran tetap menjalani tugasnya sebagai Wali Kota Solo. Gibran menghubungi sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk diberi disposisi tugas.

Ihwal disposisi mendampingi kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, ia mengaku belum menerimanya.

Baca Juga: Gibran Positif Covid-19 Lagi, Padahal Sudah Dapat Vaksin Booster

Positif Kali Kedua

“Ya kami mengalir saja. Kalau ada disposisi kami sudah siap,” imbuh Ahyani. Ia menyebut gejala ringan yang dialami Gibran sudah tidak ada, namun aturan isoman dengan ketentuan 10 hari harus diikuti Wali Kota Solo tersebut.

Hal itu kecuali jika hasil uji swabnya sudah negatif. Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, juga mengatakan hal yang sama. Teguh belum mengetahui hasil uji swab Gibran.

Ia pun meminta pada awak media untuk menunggu Gibran pada Jumat (11/3/2022). “Kalau beliau [Gibran] Jumat sudah masuk kerja, berarti hasil tes PCR, Selasa kemarin negatif. Kita tunggu saja Jumat besok,” ucapnya.

Baca Juga: Gibran Wali Kota Solo Positif Covid-19, Netizen Kirimkan Doa

Sebagaimana diberitakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terkonfirmasi positif Covid-19 untuk kali kedua berdasarkan hasil uji swab yang dilakukan pada Jumat (4/3/2022). Saat itu Gibran merasakan gejala batuk-batuk sehingga meminta uji swab.

Setelah diketahui hasilnya positif Covid-19, Gibran langsung pindah ke rumah dinas Loji Gandrung untuk isoman. Seluruh anggota keluarga, termasuk ajudan dan sopir Gibran sudah menjalani uji swab dan hasilnya negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya