Libur Panjang, Tiket Sejumlah KA Dari Solo Sudah Ludes
Penerapan protokol kesehatan dengan pembatasan jarak di gerbong penumpang kereta api. (Istimewa/PT KAI Daops VI Yogyakarta)

Solopos.com, SOLO -- Tiket sejumlah kereta api atau KA jarak jauh dari Solo sudah habis terjual untuk perjalanan pada libur panjang akhir pekan ini.

PT Kereta Api (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta memprediksi kenaikan jumlah penumpang mencapai 13% pada masa libur panjang akhir pekan ini. Hal ini seiring beroperasinya sejumlah KA tambahan untuk mengakomodasi keinginan masyarakat menggunakan KA yang kian banyak.

Manajer Humas PT KAI Daops VI, Eko Budiyanto, mengatakan pada masa pandemi Covid-19 ada pembatasan jumlah KA reguler jarak jauh. Pengoperasian KA tambahan perlahan hanya pada waktu tertentu seperti akhir pekan dan libur panjang.

Anak 15 Tahun Ke Bawah Kembali Dilarang Masuk Mal, Manajemen Pusat Belanja Solo Pasrah

Dari Solo, tiket perjalanan sejumlah kereta api pada libur panjang ini sudah ludes untuk beberapa hari ke depan. Kepala Stasiun Purwosari Solo, Wagimin, mengatakan KA jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Purwosari adalah KA Bengawan relasi Purwosari-Pasar Senen pergi pulang (PP).

KA kelas ekonomi ini jalan setiap hari dengan harga tiket Rp74.000. Menurutnya, tiket KA ekonomi ini sudah habis hingga 2 November 2020 mendatang.

“Kalau penumpang KA Bengawan mau libur panjang atau tidak tetap banyak penumpangnya. Masa pandemi ini kapasitas kami batasi maksimal 70% dari total muatnya. Apalagi KA ekonomi ini harganya murah,” katanya.

3 SMP Jadi Percontohan Pembelajaran Tatap Muka Solo, Siswa dan Guru Harus Uji Swab

Hasil Rapid Test

Wagimin menambahkan ada KA tambahan yang naik turun penumpang melalui Stasiun Purwosari, yakni KA Gaya Baru Malam relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen PP. Namun demikian, jumlah penumpang yang naik KA tersebut tidak terlalu banyak.

“Kami tetap mengedepankan protokol kesehatan baik di stasiun maupun dalam KA. Penumpang KA jarak jauh harus melampirkan hasil tes rapid, memakai baju lengan panjang, mengenakan face shield, dan duduknya berjarak. Begitu pula dengan KA lokal Prameks, kapasitas dan duduknya juga kami batasi,” imbuhnya.

Dari pantauan Solopos.com pada aplikasi KAI Access, Selasa (27/10/2020) sore WIB, tiket KA Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari untuk libur panjang ini sudah habis hingga Jumat (30/10/2020).

Terekam Kamera CCTV, Begini Detik-Detik Pasien Covid-19 Kabur Dari RSUD dr Moewardi Solo

Sedangkan tiket KA Bengawan relasi Purwosari-Pasar Senen masih tersedia untuk keberangkatan Rabu-Kamis (28-29/10/2020). Untuk keberangkatan Jumat (30/10/2020) sampai Senin (2/11/2020) habis terjual.

Pada sisi lain, tiket KA jarak jauh relasi Gambir-Solo Balapan untuk keberangkatan Rabu (28/10/2020) sudah habis. Sedangkan untuk keberangkatan Kamis (29/10/2020), tiket yang masih tersedia adalah KA Argo Dwipangga Luxury (Rp950.000) dan KA Bima (Rp460.000-Rp540.000).

Keberangkatan Jumat (30/10/2020), masih ada KA Argo Dwipangga Luxury, KA Argo Dwipangga, KA Bima, KA Gajayana, KA Argo Lawu, dan KA Argo Lawu Luxury. Selain itu, tiket KA jarak jauh relasi Solo Balapan-Gambir untuk keberangkatan Sabtu (31/10/2020)-Minggu (1/11/2020) ludes.

Waduh! Pasien Positif Covid-19 Asal Jebres Kabur Dari RSUD dr Moewardi Solo

Transit

Tiket ke arah Jakarta ini kembali tersedia untuk keberangkatan Senin (1/11/2020). Sementara itu, salah satu penumpang, Dion, mengaku memanfaatkan libur panjang ini pulang ke Purwokerto dari Madiun. Ia naik KA Ranggajati yang juga transit di Stasiun Solo Balapan.

“Mumpung libur, jadi ya pulang. Sekarang naik KA tidak takut karena kan syaratnya harus pakai tes rapid. Yang penting jaga jarak, pakai masker, dan face shield, “ ungkapnya.

Viral Pajero Sport Ugal-Ugalan Pakai Sirene dan Strobo Di Jalanan Solo, Ternyata Pelakunya...

Penumpang lain, Boni, yang hendak mudik ke Bandung, mengatakan hal serupa. Karyawan BUMN ini memanfaatkan libur panjang untuk menemui keluarganya.

“Saya pulang Rabu sampai Minggu mumpung ada libur panjang. Cari tiket KA lumayan gampang. Ini saya beli go show masih bisa. KA jarak jauh karena harus tes rapid di stasiun juga bisa,” jelasnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom