Kronologi Lengkap Kasus Mafia Tanah Berujung Praperadilan Polresta Solo

Kasus penipuan mafia tanah yang berujung pada gugatan praperadilan terhadap Polresta Solo bermula dari laporan korban yang tak segera ditangani sejak 2019 lalu.

 Ilustrasi penipuan. (doc)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penipuan. (doc)

Solopos.com, SOLO — Polresta Solo digugat praperadilan oleh Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) lantaran dinilai lambat menangani kasus dugaan penipuan mafia tanah yang dialami seorang perempuan berinisial HN.

Kasus itu sudah dilaporkan sejak 2019 lalu namun hingga kini belum ada perkembangan signifikan. Belum ada penetapan tersangka maupun penyitaan barang bukti berupa sertifikat tanah milik HN.

PromosiMasalah Mendasar Kemiskinan di Desa adalah Upah Riil Pertanian Rendah

Ketua LP3HI Arif Sahudi kepada wartawan, Selasa (18/1/2022), menjelaskan kronologi kasus yang membuat Polresta Solo digugat praperadilan tersebut. Pada awal 2018, HN meminjam uang untuk tambahan modal usaha senilai Rp10 juta kepada seseorang bernama Samyuda tanpa jaminan.

Baca Juga: Waduh, Polresta Solo Digugat Praperadilan Gegara Kasus Mafia Tanah

Namun HN hanya menerima uang senilai Rp8,5 juta, dipotong Rp1,5 juta untuk bunga. Pada waktu yang berdekatan, HN meminjam lagi uang Rp10 juta kepada orang yang sama dan kembali hanya menerima Rp8,5 juta.

HN menjanjikan akan melunasi dua pinjaman tersebut dalam waktu dua bulan. Pada pinjaman kedua, HN menyerahkan jaminan berupa Sertifikat Hak Milik (SHM) milik keluarganya dengan luas sekitar 228 meter persegi di wilayah Karangasem, Laweyan, Solo.

Sekitar sebulan kemudian, HN yang pulang dari luar Jawa, menghubungi Samyuda dengan tujuan melunasi kedua utangnya. Namun Samyuda malah meminta HN untuk menghubungi seseorang bernama Joko Eko Budi Prasetyo jika ingin melunasi utangnya.

Baca Juga: Berkas Perkara Lengkap, Polresta Solo Limpahkan Kasus Menwa UNS ke JPU

Setelah menghubungi orang tersebut, HN diminta membawa uang Rp25 juta dan dibawa ke lokasi pertemuan yang disepakati, yakni salah satu hotel Kota Solo. Namun setelah dituruti, HN tidak bisa menemui Joko yang tidak berada di hotel dimaksud. Sejak saat itu Joko sulit dihubungi.

Sertifikat Dilelang

Selang beberapa waktu kemudian, HN justru mendengar informasi sertifikat tanah yang ia jaminkan telah dijaminkan oleh Joko di salah satu BPR wilayah Laweyan, Solo, untuk mendapat uang pinjaman Rp250 juta.

Baca Juga: Polresta Solo Ungkap 8 Kasus Narkoba, 10 Orang Ditangkap

Modus Joko adalah menyuruh seseorang untuk mengaku sebagai atas nama pemilik tanah guna tanda tangan sebagai penjamin. Joko juga mengaku merupakan anak pemilik tanah tersebut sehingga uang pinjaman bisa cair.

Informasi terakhir yang diperoleh Arif, sertifikat tanah milik HN dilelang oleh BPR bersangkutan meski belum laku. Arif berharap berharap dengan gugatan praperadilan terhadap Polresta Solo, penanganan kasus itu bisa berjalan, termasuk menjadikan orang-orang yang terlibat mendapat hukuman setimpal.

Baca Juga: Wakapolresta Solo Ungkap Modus Operandi Kekerasan Diklat Menwa UNS

“Kami atas nama kepedulian, mencoba membantu dengan upaya hukum, dalam rangka support kepada Polisi, kalau misalnya lupa, kami ingatkan ada kasus yang belum dijalankan. Padahal saya menilai ini kasus mafia tanah dan ini menjadi salah satu atensi Kapolri,” kata Arif.

Terpisah, Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Djohan Andika, saat dimintai konfirmasi mengatakan saat ini Polresta Solo masih menangani kasus itu. “Itu kasusnya masih lanjut,” jawabnya singkat.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).

Sukoharjo Targetkan Cetak 1.000 Petani Milenial Tahun Ini

Petani milenial tidak harus turun ke sawah tetapi memiliki ide dan inovasi untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing.