Waduh, Polresta Solo Digugat Praperadilan Gegara Kasus Mafia Tanah

Polresta Solo digugat praperadilan oleh LP3HI yang mewakili seorang perempuan korban dugaan penipuan mafia tanah.

 Ilustrasi aparatur penegah hukum. (dreamstime.com/royalty-free vector)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aparatur penegah hukum. (dreamstime.com/royalty-free vector)

Solopos.com, SOLO –Polresta Solo digugat praperadilan oleh Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) gegara kasus dugaan penipuan mafia tanah yang dialami oleh seorang perempuan berinisial HN.

HN diduga menjadi korban penipuan oleh mafia tanah pada 2018 lalu. Kasus itu sudah dilaporkan ke Polresta Solo namun hingga kini seolah menguap begitu saja tanpa kabar.

PromosiHarta Karun Wonoboyo Klaten, Temuan Timbunan Emas Terbesar Indonesia

Terkait hal itu, mewakili HN, LP3HI menggugat praperadilan Polresta Solo ke Pengadilan Negeri (PN) Solo terkait dugaan kasus mafia tanah itu. Lembaga tersebut mempertanyakan penanganan kasus tersebut yang belum ada perkembangan signifikan, meski sudah dilaporkan dua tahun lalu.

Baca Juga: Polresta Solo Ungkap 8 Kasus Narkoba, 10 Orang Ditangkap

Ketua LP3HI, Arif Sahudi, mengatakan kedudukan hukumnya dalam permohonan praperadilam tersebut sebagai pihak ketiga berkepentingan sebagaimana diatur dalam UUD 1945. “Pendaftaran ke Pengadilan tadi pagi. Tinggal menunggu jadwal sidang. Gugatan praperadilan ditujukan untuk Polisi. Sebab tanah sudah dilelang tapi tidak laku,” katanya, Selasa (18/1/2022).

Arif menjelaskan pengajuan permohonan praperadilan dengan tergugat Polresta Solo itu bermula ketika ia didatangi seorang wanita berinisial HN. HN menceritakan mengenai kasusnya yang belum kunjung selesai hingga saat ini, meski pernah dilaporkan ke polisi dua tahun silam.

Wanita tersebut juga bercerita sempat dua kali ganti jasa pengacara, namun juga tak kunjung ada penyelesaian atas kasusnya. LP3HI menilai Polresta Solo tidak segera menetapkan tersangka dan tidak segera menyita barang bukti berupa sertifikat tanah. Sampai akhirnya muncul informasi sertifikat tersebut sempat dilelang.

Baca Juga: Berkas Perkara Lengkap, Polresta Solo Limpahkan Kasus Menwa UNS ke JPU

Tidak Ada Kemajuan Signifikan

LP3HI menilai penanganan hukum atas perkara tersebut tidak ada kemajuan secara signifikan. Terbukti walaupun penanganan perkara sudah berlangsung selama dua tahun 10 bulan, belum ada penetapan tersangka maupun penyitaan barang bukti berupa sertifikat tanah. Karena itu lah ia mengajukan gugatan praperadilan terhadap Polresta Solo.

Arif mengatakan kasus itu dilaporkan ke Polresta Solo dengan nomor laporan STBP/164/III/2019/Reskrim, tanggal 15 Maret 2019. Surat laporan tersebut keluar saat Kasat Reskrim Polresta Solo masih dijabat oleh Kompol Purbo Adjar Waskito. Arif berharap penanganan kasus itu bisa berjalan, termasuk menjadikan orang-orang yang terlibat mendapat hukuman setimpal.

Baca Juga: Wakapolresta Solo Ungkap Modus Operandi Kekerasan Diklat Menwa UNS

“Kami atas nama kepedulian, mencoba membantu dengan upaya hukum, dalam rangka support kepada Polisi, kalau misalnya lupa, kami ingatkan ada kasus yang belum dijalankan. Padahal saya menilai ini kasus mafia tanah dan ini menjadi salah satu atensi Kapolri,” kata Arif.

Terpisah, Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Djohan Andika, saat dimintai konfirmasi mengatakan saat ini Polresta Solo masih menangani kasus itu. “Itu kasusnya masih lanjut,” jawabnya singkat.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).