Kisah Dibalik Perubahan Nama Yusuf Mansur, Sama-Sama 2 Kali Dipenjara

Yusuf Mansur membeberkan kisah dibalik perubahan namanya dari Jam'an Nurchotib Mansur menjadi Yusuf Mansur, yakni sama-sama pernah dua kali dipenjara.

 Yusuf Mansur. (Instagram/@yusufmansurnew)

SOLOPOS.COM - Yusuf Mansur. (Instagram/@yusufmansurnew)

Solopos.com, SOLO — Pendakwah kondang Yusuf Mansur masih menjadi perbincangan hangat di masyarakat maupun warga intenet. Komentar orang-orang beragam soal ustaz Yusuf Mansur.

Ada yang memberikan dukungan dan doa, tetapi banyak juga yang memberikan komentar miring terkait kasus investasi bodong melibatkan Yusuf Mansur. Investasi yang dimaksud terkait properti dan batu bara.

PromosiSemangat Merdeka Belajar untuk Pemulihan Pendidikan Asia Pasifik

Tak hanya terkait kasus yang melibatkan ustaz kondang itu. Warga internet juga sempat membahas tentang nama ustaz Yusuf Mansur. Bahkan, Yusuf Mansur beberapa kali membalas komentar netizen di akun Instagramnya. Seperti, saat disinggung soal perubahan nama.

Yusuf Mansur merespons salah satu netizen yang menyebut namanya sekarang palsu. Seperti di ketahui ayah Wirda Mansur itu awalnya bernama Jam’an Nurchotib Mansur. Itu nama pemberian orang tuanya.

Yusuf Mansur yang disinggung soal nama Jam’an Nurchotib Mansur itu menjelaskan. Ia menyampaikan bahwa namanya sudah disahkan oleh pengadilan.

Baca Juga: Disinggung Soal Balasan Sedekah, Yusuf Mansur: 10 Kali Lipat Itu Biasa

“Jaman Nurchotib Mansur. Dah disahkan di pengadilan lama sekali. Nyari2 kesalahan apalagi abangkuuuh. Dan saya pake 2 nama ini,” balas Yusuf Mansur di kolom komentar Instagramnya @yusufmansurnew.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Yusuf Mansur (@yusufmansurnew)

Setelah membalas komentar salah seorang netizen yang mengungkit-ungkit perubahan nama, Yusuf Mansur lantas mengunggah tangkapan layar komentar netizen dan balasannya ke akun Instagramnya.

Tak hanya mengunggah tangkapan layar, ustaz Yusuf Mansur juga memberikan keterangan soal perubahan namanya. UYM, sebutan lain ustaz Yusuf Mansur, menceritakan soal perubahan nama itu.

Ia mengaku berniat mengubah namanya sejak berada di penjara Bojong Gede, Bogor tahun 1998 dan penjara Polsek Pontang, Banten pada 1999. Ia membolak-balik Al-Qur’an untuk menemukan nama yang cocok setelah keluar penjara.

Baca Juga: Profil Wirda Mansur, Putri Yusuf Mansur yang Jadi CEO di Usia 18 Tahun

Dari hasil pencarian di Al-Qur’an, lanjutnya, dapatlah nama Yusuf Mansur. Ia memilih nama tersebut karena ada kesamaan nasib, yakni dua kali dipenjara.

“Hingga akhirnya pilihan jatuh ke [nama] Yusuf Mansur. Krn kesamaan, 2x dipenjara. Trs jd raja. Hehehe. Nah, siapa tau jd Presiden 2024. Hahaha,” tulis UYM.

Di sisi lain, UYM mengaku bangga dengan nama pemberian orang tuanya, Jam’an Nurchotib Mansur. Menurutnya, nama pemberian orang tua memiliki arti bagus dan sesuai dengan kehidupannya sekarang.

Ia menjelaskan bahwa Jam’an berarti suka mengumpulkan, Nur artinya cahaya, Chotib berarti penceramah atau pembicara, dan Mansur memiliki arti senantiasa ditolong Allah SWT. Setelah keluar penjara dan mengubah nama menjadi Yusuf Mansur, ia merasa hidupnya membaik hingga kini dikenal banyak orang sebagai ustaz dan pebisnis.

Baca Juga: Kisah Yusuf Mansur Berjualan Es, Laris Manis Berkat Sedekah

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Fajar Kebangkitan Industri Penerbangan Makin Terang

Pemulihan industri penerbangan telah mulai di sejumlah negara. Mudik Lebaran 2022 menjadi laksana fajar merekah pertanda pemulihan industri penerbangan domestik Indonesia.

Sosok Lin Che Wei, Pembongkar Kasus Lippo yang Terjerat Kasus Migor

Analisis Lin Che Wei sempat menuai kontroversial karena membongkar skandal di Bank Lippo pada 2003.

Dea Onlyfans Hamil dan Minta Tak Ditahan, Ini Aturan Hukumnya

Dea OnlyFans meminta polisi tidak menahannya karena dirinya sedang berbadan dua.

Keren! Pemilik Miyago Naknan Dapat Suntikan Dana dari Menteri Investasi

Bukan hanya pemilik Miyago Naknan, terdapat tiga mahasiswa lainnya yang juga memperoleh suntikan dana segar dari Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Pulau Terkecil di Dunia Ternyata di Indonesia, di Sini Lokasinya

PBB mengakui Pulau Simping di Singkawang Kalimantan Barat merupakan pulau terkecil di dunia.

Pentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

Setelah puluhan tahun Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) bungkam mengenai fenomena UFO (Unidentified Flying Object) atau benda terbang tak dikenal, akhirnya mereka buka suara pada audiensi publik pertama, Selasa (17/5/2022), yang dapat ditarik kesimpulan bahwa fenomena tersebut bukan fiksi dan dianggap sebagai ancaman serius.

Kinerja Kabinet Jokowi Kian Terpuruk karena Menteri Sibuk Kampanye

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengatakan manuver politik para menteri Jokowi tidak hanya menimbulkan persoalan moral dan etika, tapi juga kontradiksi kompleksitas sistem presidensial.

Kisah Pilu Medusa, Wanita Cantik Jelita yang Dikutuk Berambut Ular

Dalam mitologi Yunani, Medusa dikenal sebagai sosok wanita cantik jelita yang dikutuk berambut ular namun memiliki kekuatan yang mematikan.

Semangat Merdeka Belajar untuk Pemulihan Pendidikan Asia Pasifik

Sistem pengajaran yang memerdekakan adalah jalan terbaik memulihkan sektor pendidikan di kawasan Asia Pasifik. Semua negara di kawasan ini harus bekerja sama memulihkan sektor pendidikan.

Hadir di UKSW, Menteri KKP Ungkap Strategi Ekonomi Biru dan Riset PT

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono hadir dalam ajang Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Leaders Forum hari ke-2 yang berlangsung di Balairung Universitas.

Mengintip Isi Cawet, Desa Nan Indah di Pemalang

Inilah pemandangan indah di Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

PT BSI (BRIS) Akan Right Issue Kuartal III/2022, Segini Nilainya

Kuartal III/2022, PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk. (BRIS) akan melakukan right issue sebagai upaya penambahan modal.

Siapa Wirda Mansur yang Bilang Paytren Baik-Baik Saja?

Di Paytren Wirda Mansur menjabat Direktur Inovasi & Pengembangan.

Ketika Pemain Kendang Mengacau, Humor dan Dagelan ala Srimulat

Film Srimulat: Hil yang Mustahal diawali adegan kelompok lawak Srimulat yang sedang populer terganggu penampilannya karena kemunculan pemain kendang yang lebih lucu bernama Gepeng (Bio One).

Wirda Mansur dan Kuasa Hukum Paytren Beda Suara, Siapa yang Bohong?

Pernyataan Wirda Mansur itu berbeda dengan pengakuan kuasa hukum Paytren yang menjadi wakil dalam perundingan tripartit atas gugatan 14 karyawan di Kantor Disnaker Bandung.