Kisah Bripda Denny Polisi Wonogiri Rajin Ngaji Sejak Kecil Sampai Jadi Juara MTQ
Bripda Denny Zubaidi Kurniawan. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI – Selain fasih dan rajin ngaji, Bripda Denny Zubaidi Kurniawan si polisi Wonogiri ternyata bersuara merdu dan pernah menjadi juara MTQ.

Polisi muda di Wonogiri asal Pandeyan RT 003/RW 003, Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo itu terbiasa mengaji sejak kecil. Anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Triyono, 51 dan Suswanti, 51 tersebut menceritakan kebiasaan mengaji setelah Magrib dilaksanakannya sejak sebelum sekolah.

Hal itu tak terlepas dari peran kedua orang tuanya yang mewajibkan Bripda Denny si polisi Wonogiri dan saudara-saudaranya mengaji setiap hari.

Sejak dini dia dan saudaranya dikenalkan dengan huruf-huruf hijaiyah. Bripda Denny diharuskan mengikuti taman pendidikan Alquran (TPA). Setelah pulang TPA dia diajari membaca Alquran sampai fasih.

Bripda Denny pun diwajibkan membaca minimal satu ruku’ setiap mengaji. Namun, pada praktiknya Denny selalu membaca lebih banyak, bahkan hingga satu juz.

Auman dan Bayangan Misterius di Lereng Merapi Gegerkan Warga Klaten

Dukungan Ibunda

Kegiatan itu berlangsung hingga sekarang. Lantaran sudah terbiasa, Bripda Denny si polisi Wonogiri yang fasih ngaji bisa khatam Alquran tiga hingga empat kali setiap tahun.

Ibunya pun sering mengajari membaca Alquran dengan menggunakan nada. Sampai akhirnya dia menjadi qari atau orang yang mahir dalam seni membaca Alquran.

"Dari kecil di didik ibu. Sekeluarga harus bisa qiro dan tilawah Alquran Setiap hari minimal harus membaca satu ruku’,” jelas Denny.

Legenda Bandung Bondowoso di Gunung Sepikul Sukoharjo

Juara MTQ

Selain berparas ganteng, polisi Wonogiri satu ini ternyata berprestasi di tingkat kabupaten. Dia kerap menjadi juara Musaabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kabupaten maupun eks-Karesidenan Surakarta pada 2016 lalu.

Bahkan, alumni SMKN 2 Sukoharjo itu berulang kali melafalkan ayat suci Alquran di hadapan jajaran kepolisian Jawa Tengah.

"Bapak Kapolda kan sering ada agenda khataman Alquran untuk para anggota Polri di masjid Polda Jateng. Saya pernah diberi kesempatan membaca Alquran dalam event tersebut,” terang dia.

Kesibukan bekerja sebagai polisi tak membuat dia meninggalkan kebiasannya mengaji Bagi anggota Polres Wonogiri berpangkat brigadir dua (bripda) yang kini bertugas di Sub Bagian Humas itu mengaji suatu keharusan, terlebih pada Ramadan seperti saat ini.

Pemuda 20 tahun tersebut selalu meluangkan waktu untuk mengaji setiap hari. Terutama setelah salat Magrib, meski jadwal tugasnya padat.

Kabar Duka: Mantan Panglima TNI Djoko Santoso Meninggal Dunia

Viral di Medsos

Polisi Wonogiri itu membaca Alquran minimal satu juz selama Ramadan. Dia berharap bisa khatam atau membaca seluruh isi Alquran hingga akhir Ramadan. Bripda Denny tidak pernah merasa berat ngaji karena sudah terbiasa melakukannya.

“Kalau enggak mengaji rasanya ada yang kurang,” ucap lelaki yang akrab disapa Denny kepada Solopos.com, Jumat (8/5/2020).

Belum lama ini video Denny membaca Alquran dengan merdu mengemuka setelah pengelola akun Instagram @polres_wonogiri mengunggahnya. Hingga Jumat sore video berdurasi tiga menit itu telah ditonton 2.919 kali dan mendapat respons positif dari warganet.

Alquran berpengaruh besar dalam perjalanan spiritual Bripda Denny di polisi Wonogiri yang fasih ngaji. Setiap kali mengaji hatinya tenang. Hal yang sama dia rasakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

THR Dicicil hingga 10 Kali


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho