Kenali Gejala Tumor Tulang
Ilustrasi hasil rontgen (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO - Apa sebenarnya penyebab tumor tulang? Dokter Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi (Sp.OT) Konsultan (K), Mujadid Idulhaq ketika berbincang dengan Solopos.com, mengatakan belum ada penyebab pasti tumor tulang.

“Memang ada yang menyebutkan penyebab tumor tulang tersebut karena penderita terpapar radiasi ketika menjalani pengobatan, bisa juga karena konsumsi makanan yang memiliki kandungan bahan pengawet cukup tinggi, atau juga karena okdisan. Namun itu masih berupa teori-teori jadi belum ditemukan penyebab pastinya,” jelas dia.

1 Warga Boyolali Ada Di Kapal Diamond Princess Yang Terkontaminasi Virus Corona

Kendati demikian, lanjut dr. Mujadid, setiap orang terutama laki-laki di bawah tiga puluh tahun harus waspada terhadap tumor tulang. Minimal, mereka dianjurkan untuk mengetahui gejala dari penyakit tersebut.

Gejala yang sering terjadi, menurut dia adalah rasa nyeri yang tak kunjung hilang dan tidak diketahui penyebabnya. Ini berbeda dengan rasa nyeri yang disebabkan oleh jatuh karena bermain bola, terlalu lama berdiri, atau bisa juga karena rematik.

Mirip Pemandangan di Selandia Baru, Wisata Ranu Manduro Mojokerto Viral

“Selain gejala nyeri, biasanya disertai dengan munculnya benjolan pada lokasi kanker. Beberapa orang begitu merasa nyeri kemudian dipijat. Padahal pijat bisa merangsang perkembangan tumor tulang,” ujar Mujadid.

Akibat pijatan itu benjolan menjadi besar, sehingga lanjut Mujadid, sering kali kasusnya sudah terlambat karena biasanya setelah dipijat rasa nyeri itu menghilang. Padahal, ketika sudah terlambat agak susah melakukan penyelamatan. Karena yang terkena tidak hanya tulang tapi juga bagian lain, seperti otot.

Wabup Dedy Berpasangan Dengan Sukiman di Pilkada Sragen 2020, Siapa Cabupnya?

“Penyebab lainnya seperti tumor pada umumnya, yakni keringat dingin di malam hari, berat badan turun, nyeri yang timbul dan hilang, dan yang pasti muncul benjolan,” terangnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho