Kecelakaan di Sukoharjo Tinggi, Sopir Ambulans Dibekali PPGD, Apa Itu?

Ketua umum Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu (FAST), Wirawan Setiadi, mengatakan perlunya pengemudi ambulans mengetahui penanganan korban lakalantas dengan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD).

 Ratusan pengemudi ambulans di bekali penanganan korban laka lantas bertajuk Talk Show Pelatihan Safety Driving dan Emergency Ambulance Training di Aula Ibnu Sina di Rumah Sakit Islam Yarsis, Sabtu (25/6/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

SOLOPOS.COM - Ratusan pengemudi ambulans di bekali penanganan korban laka lantas bertajuk Talk Show Pelatihan Safety Driving dan Emergency Ambulance Training di Aula Ibnu Sina di Rumah Sakit Islam Yarsis, Sabtu (25/6/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO–Angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Sukoharjo tinggi.

Ratusan pengemudi ambulans di bekali penanganan korban laka lantas bertajuk Talk Show Pelatihan Safety Driving dan Emergency Ambulance Training di Aula Ibnu Sina di Rumah Sakit Islam Yarsis, Sabtu (25/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Ketua umum Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu (FAST), Wirawan Setiadi, mengatakan perlunya pengemudi ambulans mengetahui penanganan korban lakalantas dengan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD).

“Sebagai salah satu program kerja FAST, kami memberikan pembekalan kepada driver ambulans, karena kita sadari jam terbang driver ambulans tinggi. Sangat perlu sekali untuk meriview ilmu-ilmu khususnya tentang PPGD,” jelas dia saat ditemui dalam kegiatan.

Hal itu, imbuh dia, dilakukan agar ketika dalam penanganan gawat darurat, terutama lakalantas, tidak terjadi kesalahan penanganan.

Baca Juga: Satlantas Klaten Klarifikasi Perekam serta Sopir Ambulans, Ini Hasilnya

Jumlah peserta di targetkan maksimal 100 orang. Sementara jumlah anggota FAST terdiri atas 55 komunitas dalam lingkup Sukoharjo.

Sedangkan untuk personel di dalam forum itu ada lebih dari 100 orang.

Mengingat masing-masing ambulans memiliki kru dan beberapa komunitas ada yang memiliki lebih dari satu ambulans.

Lebih lanjut, pembuatan komunitas ambulans sendiri digunakan sebagai wadah komunikasi sehingga penanganan korban terorganisir dan tidak terjadi tumbukan antarpengemudi.

“Penanganan kejadian bisa lebih terkoordinasi. Jadi tidak muspro. Misalnya kejadian yang butuh satu atau dua ambulans. Biasanya sebelum ada FAST yang datang lebih dari 10 ambulans. Dengan ini, kita bangun jaringan komunikasi dan di dukung Polres,” kata dia.

Baca Juga: Tak Berniat Halangi Laju Ambulans di Klaten, Sopir Jip Ternyata Panik

Dia menyebut sebagai salah satu mitra Polri, para pengemudi ambulans diberikan fasilitas Radio Pancar Ulang (RPU) atau Repeater yaitu satu perangkat komunikasi yang berguna untuk memperluas daerah jangkauan komunikasi antarperalatan komunikasi mobile semisal Handy Transceiver (HT) dari yang berjarak pendek hanya beberapa kilometer menjadi puluhan kilometer.

Tak hanya itu, dia menyebut beberapa rumah sakit di Sukoharjo juga tergabung dalam FAST seperti PKU Muhamadiyah Sukoharjo, Rumah Sakit Indriati dan RSI Yarsis.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, yang turut hadir dalam kegiatan mengatakan dengan banyaknya lakalantas yang terjadi di wilayah Kabupaten Sukoharjo sangat membuat pihaknya prihatin. Berbagai langkah sudah dilakukan seperti sosialisasi, inovasi, upaya pencegahan hingga penindakan kepada para pelanggar aturan, namun tetap saja hampir setiap hari kejadiaan laka lantas masih terjadi.

“Jadi untuk penangananan lakalantas ini perlu adanya dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Forum Ambulance Sukoharjo Bersatu (FAST) yang telah kita bentuk beberapa waktu lalu. Dimana FAST ini sangat membantu Satlantas Polres Sukoharjo dalam percepatan penanganan lakalantas,” ujarnya.
Sebab, lanjut Kapolres, apabila para petugas/kru pada FAST tidak menguasai keahlian dan mengatahui standar operasional prosedur (SOP) dalam penanganan korban lakalantas, ditakutkan akan terjadi kesalahan yang justru membuat korban lakalantas menjadi fatal.

“Semoga dengan adanya kegiatan talk show dan pelatihan seperti ini kiranya dapat memberi ilmu pengetahuan dan wawasan kepada para petugas/kru ambulans, sehingga ke depan dapat menjadi bekal dalam melaksanakan tugasnya,” ungkapnya.

Dalam kegiatan juga turut hadir Direktur RSI Yarsis, Kasatlantas Polres Sukoharjo, Perangkat Kecamatan Kartasura, PMI, dan juga berbagai komunitas yang menjadi peserta kegiatan.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Cuaca Boyolali Hari Senin Ini: Awal Pekan Disambut Gerimis Tipis

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Senin (15/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Gerimis Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 15 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 15 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Diusut Polisi, Begini Modus Jual Beli Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Hasil penyidikan polisi mengungkap modus jual beli lahan makam Bong Mojo, Jebres, Solo, yang diawali dengan pembersihan dan perataan lahan.

      Di Solo, Joko Anwar Cerita Sempat Diganggu saat Garap Pengabdi Setan 2

      Sutradara Joko Anwar mengobrol dengan para penggemar film Pengabdi Setan seusai nonton bareng di bioskop tua Singosaren Plasa Solo, Minggu (14/8/2022).

      Warga Berdesakan demi Nonbar Film Pengabdi Setan 2 di Bioskop Tua Solo

      Sutradara film Pengabdi Setan 2: Communion, Joko Anwar, dan beberapa pemain film tersebut hadir dalam nonbar di bioskop tua Singosaren Plasa Solo, Minggu (14/8/2022).

      Menikah pada Bulan Sura itu Dilarang? Begini Penjelasan Budayawan Solo

      Budayawan Solo memberikan pandangannya mengenai kepercayaan masyarakat Jawa bahwa menikah di bulan Sura itu tidak baik dan dilarang.

      Begini Langkah Penjual Mi Ayam di Boyolali Siasati Harga Gandum Naik

      Kenaikan harga gandum terus dirasakan para pemilik usaha yang produk olahannya dari gandum.

      Kronologi Wong Sragen Diduga Loncat dari Jembatan ke Kali Bengawan Solo

      Seorang warga Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, SU, 53, dilaporkan hilang setelah diduga loncat dari Jembatan Sapen dan masuk ke aliran Sungai Bengawan Solo pada Minggu (14/8/2022).

      Sudah 70%, Kapan Masjid Sheikh Zayed di Gilingan Solo Jadi?

      Progres pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, yang dimulai sejak 6 Maret 2021 lalu saat ini sudah mencapai 70%, kapan jadi?

      Byur! Peserta Lomba Meniti Bambu di Kalijaran Klaten Tercebur di Sungai

      Warga Dukuh Kalijaran, Desa Bawak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, menggelar lomba ketangkasan meniti batang bambu di tengah sungai di daerah setempat, Minggu (14/8/2022) pagi.

      BOB Latih 8 Kelompok Pembatik di Karanganyar & Sragen, Ini Materinya

      Badan Pelaksana Otorita Borobudur atau BOB menggelar pelatihan desain fesyen dan purwarupa untuk delapan perwakilan kelompok pembatik di Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

      Jangan Malu Jadi Petani! Pesan Mendalam Dibalik Balap Traktor di Klaten

      Sebanyak 16 peserta kategori dewasa dan 10 peserta kategori anak-anak mengikuti ajang balap traktor yang digelar di area persawahan wilayah Desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Minggu (14/8/2022) siang.

      Daerah Klaten Ini Dulu Basis Organisasi Terlarang, Kini Desa Pancasila

      Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten dulunya dikenal menjadi basis organisasi terlarang.

      Konser Padi Reborn di Wonogiri Berlalu, Ini Harapan Warga ke Depan

      Penampilan Padi Reborn menjadi penutup Festival Agustus Merdeka 77 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

      Yakin Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Selesai, Rudy: Tuhan Adil Kok!

      Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo optimistis pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang sudah mandek sekitar dua tahun bakal selesai.