Kapolresta Solo Tegaskan Tak Ada Penyekatan Arus Mudik 2022, Tapi…

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyatakan tidak ada skenario penyekatan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

 Ilustrasi mudik. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Solopos.com, SOLO — Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyatakan tidak ada skenario penyekatan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Namun dia meminta masyarakat atau pemudik untuk memenuhi ketentuan yang berlaku, mulai dari terpenuhinya syarat vaksinasi.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Tak ada penyekatan dalam arus mudik dan balik Lebaran. Tapi ada syarat hasil tes Covid-19,” ujar dia, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Pengaspalan dan Perawatan Jalur Pantura Jateng Jelang Mudik Lebaran

Syarat tersebut menurut Ade pemudik yang baru menjalani vaksinasi dosis satu dan dosis dua harus bisa menunjukkan hasil tes PCR maupun tes antigen. Satgas Jogo Tonggo akan mengidentifikasi para pemudik yang masuk di wilayah masing-masing.

“Itu nanti akan dijaring oleh Satgas Jogo Tonggo bersama Babinkamtibmas, Babinsa dan Pak Lurah. Akan diidentifikasi, didata semua yang masuk Solo,” urai dia. Pemudik yang tidak bisa menunjukkan syarat itu akan diarahkan untuk ke faskes terdekat.

Di faskes terdekat mereka akan dilakukan tes swab hingga tahap vaksinasi. Pemudik yang baru menjalani satu kali dosis akan didorong untuk menjalani vaksinasi dosis dua. Begitu juga pemudik yang sudah vaksinasi dosis dua diarahkan booster.

Baca Juga: Dear Pemudik! Ini Jalur Rawan Laka dan Macet di Wilayah Gunungkidul

Ade juga mengingatkan para pemudik untuk mematuhi ketentuan Kamseltibcarlantas selama dalam perjalanan mudik maupun balik. Persiapan harus benar-benar dimatangkan ketika akan menempuh perjalanan jarak jauh menuju kampung halaman.

Selain itu Ade menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes) selama dalam perjalanan maupun aktivitas di kampung halaman. Dengan begitu diharapkan kasus Covid-19 tetap bisa dikendalikan hingga setelah masa libur Lebaran.

“Prokes harus tetap dipatuhi karena kita masih di massa pandemi. Tidak boleh euforia berlebihan. Kita ingin pascamudik dan balik Lebaran ini tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19. Kami ingin semua tetap selamat, sehat, tertib dan aman,” kata dia.

Baca Juga: Begini Aktivitas Perawatan KA Jelang Mudik Lebaran di Depo Solo Balapan

Sedangkan untuk pengamanan momen Lebaran 2022 di Solo menurut Ade pihaknya akan mengerahkan 2/3 kekuatan. Mereka akan melakukan pengamanan di setiap wilayah Solo dengan ditunjang tujuh pos pengamanan tim gabungan.

Tujuh pos itu terdiri lima pos pengamanan di batas kota seperti Gapura Makutho, Simpang Joglo, Jurug (Jebres), dan Banyuanyar. Ada juga satu pos terpadu di Beteng Vastenburg dan satu pos pelayanan di sekitar pusat bisnis, Pasar Klewer.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).

      Kronologi Pekerja Meninggal di Pabrik Bata di Sragen, Terjepit Konveyor

      Polisi menyebut kematian pekerja di pabrik bata ringan di Kecamatan Sambungmacan, Sragen adalah kecelakaan kerja. Korban yang asal Blitar, Jatim meninggal setelah terjepit konveyor.