Jurug Solo Macet Lagi, Antrean Kendaraan Capai 1,2 Km hingga Koramil Jebres

Arus lalu lintas di Jl Ir Sutami kawasan Jurug, Solo, macet dengan antrean kendaraan mengular sampai Koramil Jebres yang berjarak kurang lebih 1,2 km.

 Arus lalu lintas di kawasan Jembatan Jurug atau Jl Ir Sutami, Solo, terpantau macet, Selasa (27/9/2022) pukul 16.15 WIB. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas di kawasan Jembatan Jurug atau Jl Ir Sutami, Solo, terpantau macet, Selasa (27/9/2022) pukul 16.15 WIB. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Arus lalu lintas kembali macet di Jl Ir Sutami, Solo, menuju Jembatan Jurug, Selasa (27/9/2022) sekitar pukul 16.00 WIB atau bersamaan dengan jam pulang kerja.

Pantauan Solopos.com, sekitar pukul 16.15 WIB, antrean kendaraan mengular dari depan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) hingga Markas Koramil 0735/04/Jebres Solo yang jaraknya kurang lebih 1,2 km. Kondisi yang sama terjadi pada Senin (26/9/2022) pada waktu yang sama.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kemacetan itu dampak dari penutupan  Jembatan Mojo di wilayah Pasar Kliwon, Solo, per Senin (26/9/2022). Penutupan jembatan tersebut membuat arus lalu lintas beralih Jembatan Jurug.

Padahal Jembatan Jurug B juga ditutup untuk perbaikan dan hanya Jembatan Jurug C yang bisa dilakukan kendaraan dari dua arah.  Sepanjang pukul 16.00 WIB hingga 16.50 WIB antrean kendaraan terjadi dari barat ke arah timur utamanya di traffic light depan kampus UNS.

Kondisi macet di kawasan Jurug hingga Koramil Jebres tersebut menyebabkan beberapa pengendara dari arah kampus UNS Solo kesulitan menyeberang. Sementara dari arah timur ke barat, mulai dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Jurug ke barat terpantau lancar.

Baca Juga: Imbas Kemacetan Jurug, Pelaju Luar Kota Solo Rela Berangkat Sejam Lebih Awal

Dinas Perhubungan (Dishub) Solo mengaku telah mengintervensi traffic light guna mengurai kemacetan lalu lintas di kawasan itu. Ada empat petugas dari kepolisian dan Dishub yang bertugas mengatur lalu lintas di area SPBU Jurug.

Mereka terlihat sibuk mengatur kendaraan yang padat merayap. Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan kepadatan arus lalu lintas di Jl Ir Sutami merupakan imbas dari penutupan Jembatan Mojo.

Pengendara yang  semula menggunakan Jembatan Mojo beralih ke Jembatan Jurug, ke arah selatan melalui Jembatan Bacem, dan Jl Ring Road Mojosongo.

Baca Juga: Walah, Kawasan Depan UNS Solo Macet setelah Jembatan Mojo Ditutup

“Memang betul terdampak dari penutupan Jembatan Mojo. Beban banyak yang berpindah ke Jurug maupun ke arah selatan dan Ring Road,” kata Ari kepada Solopos.com, Selasa.

Intervensi APILL untuk Kurangi Macet di Jurug

Saat ini, Dishub Solo masih mengintervensi APILL di traffic light UNS, simpang empat Sekarpace, simpang Pedaringan, simpang empat Panggung, hingga Warung Pelem untuk mengurangi macet di kawasan Jurug.

Intervensi dilakukan agar beban dan volume kendaraan ke arah Jurug semakin besar. “Intervensi yang kami lakukan di APILL UNS, Sekarpace, Pedaringan, Panggung, dan Warung Pelem kami berikan waktu menahan jangan sampai beban menuju Jurug besar,” katanya.

Baca Juga: Mojo Ditutup, Jembatan Sesek Solo-Mojolaban Padat Terus sampai Menjelang Malam

Sarni, 58, salah satu pedagang kaki lima (PKL) di barat SPBU Jurug mengatakan dari pengamatannya kemacetan seperti yang terjadi Selasa sore ini berlangsung dua hari terakhir. Meski sebelumnya arus lalu lintas juga padat saat Jembatan Jurug B mulai ditutup.

Namun, Sarni menilai saat itu situasinya tak separah dua hari terakhir. “Kadang macet kadang enggak. Memang sebelumnya juga iya [padat]. Tapi kalau yang seperti ini baru dua hari ini kok,” katanya saat diwawancarai Solopos.com, Selasa.

Sarni berjualan sejak pagi hingga malam. Karenanya ia cukup paham pada jam berapa saja Jl Ir Sutami tampak padat. Menurutnya, kepadatan parah terjadi pukul 15.00 WIB hingga waktu magrib.

Baca Juga: Mulai Dibongkar, Jembatan Jurug B Solo Sebentar Lagi Tinggal Kenangan

Sarni menduga pada jam tersebut masyarakat sedang menuju pulang dari aktivitas. “Mulai pukul 15.00 WIB, mulai dari jam segitu karena mungkin orang pulang kerja, sekolah,” katanya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Warga Perbatasan Sragen-Grobogan Kembali Temukan Jejak Kaki Macan

      Jejak kaki diduga macan ini lebih jelas daripada jejak kaki sebelumnya. Ada beberapa jejak kaki di tanah yang empuk, ada yang kecil dan ada yang besar.

      Jadwal Pilkades Serentak Boyolali 2022: Desa Sendangrejo Klego Diundur 20 Hari

      Pelaksanaan pilkades Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego harus mundur 20 hari dari jadwal yang ditetapkan yaitu pada Selasa (27/12/2022).

      Siaran TV Analog Off di Perbatasan Wonogiri, Warga Kebingungan

      Sebagian warga Wonogiri di daerah perbatasan menggunakan TV analog. Mereka mendapat sinyal ultra high frequency (UHF) karena tempat tinggalnya berdekatan dengan kabupaten/kota lain.

      Sukarelawan Desa di Karanganyar Dukung Ganjar Pranowo Nyapres 2024

      Ganjar dinilai banyak membantu masyarakat desa. Terutama dalam membantu pembangunan infrastruktur di desa. Sosoknya yang humble dan ramah juga menjadi pilihan warga memberi dukungan tersebut.