SOLOPOS.COM - Pekerja mulai membongkar dengan mengebor lantai Jembatan Jurug B Solo, Senin (26/9/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLOJembatan Jurug B Solo yang menggunakan struktur Callender Hamilton sebentar lagi tinggal kenangan. Pekerja dan kontraktor proyek penggantian jembatan tersebut sudah mulai membongkar strukturnya pada Senin (26/9/2022).

Pembongkaran dilakukan mulai dengan bagian lantai dan dilanjutkan dengan pembongkaran struktur. Tahap pembongkaran menjadi tahapan awal dari rangkaian pengerjaan Jembatan Jurug B nantinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, Senin (26/9/2022), sejumlah alat berat dikerahkan untuk melakukan pengeboran lantai Jembatan Jurug B. Selain itu ada crane untuk mempermudah pengangkatan baja-baja yang selama ini menjadi bagian dari kerangka Callendar Hamilton (CH).

Sebagai informasi Jembatan Jurug B Solo merupakan salah satu dari 37 jembatan di Pulau Jawa yang menggunakan struktur CH dan akan diubah strukturnya untuk alasan keamanan.

General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, kepada Solopos.com, menjelaskan pembongkaran Jembatan Jurug B akan dimulai dengan pelepasan lantai dan trotoar sebelum nantinya kerangka juga akan ikut dibongkar.

Baca Juga: Mojo Ditutup, Jembatan Sesek Solo-Mojolaban Padat Terus sampai Menjelang Malam

“Kami bongkar bagian lantainya dulu dan trotoar jembatan, baru nanti rangkanya kita bongkar dari sebelah Timur terlebih dahulu, nama alat bongkarnya breaker ada satu set sama crane,” jelasnya.

Jembatan Jurug B Diganti Box Girder

Pemilihan bentang timur untuk mengawali pembongkaran Jembatan Jurug B Solo bukan tanpa alasan. Bagian itu merupakan salah satu struktur yang cukup mudah untuk dibongkar. Selain itu alasan kemanan dan kelancaran pengerjaan juga menjadi faktornya.

“Kenapa timur dulu, karena strukturnya dulu dipasang yang pertama timur dulu. Jadi bongkarnya akan lebih mudah, ya demi kelancaran lalu lintas juga karena jalan yang dari Karanganyar lebih lebar,” ulasnya.

Baca Juga: Hindari Macet di Jurug, Naik KRL Commuterline Palur-Solo hanya 10 Menit

Diinformasikan sebelumnya, Jembatan Jurug B Solo akan dibongkar dan dibangun ulang menggunakan teknologi terkini dalam struktur jembatan yakni Steel Box Girder. Teknologi ini akan menggantikan Callendar-Hamilton yang dianggap sudah tidak layak digunakan.

Apalagi dengan beban Jembatan Jurug B yang terus bertambah seiring terus meningkatnya dengan volume kendaran yang lewat. Untuk tahap pembongakaran Jembatan Jurug B rencananya rampung pada November 2022.

Sedangkan secara keseluruhan penggantian Jembatan Jurug B akan rampung dan sudah bisa dilewati pada Agustus 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya