Jualan Nasi Pecel Daun Jati, Mbah Simah Madiun Raup Rp600.000-Rp1 Juta/Hari

Selain alas daun jati, warung Mbah Simah Madiun juga mempertahankan menu khas pecel dengan beragam sambal dan dibanderol harga murah

 Nasi pecel daun jati Mbah Simah Madiun. (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Nasi pecel daun jati Mbah Simah Madiun. (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN -- Nasi pecel yang dijual Warung Mbah Simah yang ada di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, populer di kalangan masyarakat karena penyajiannya mengunakan alas makan daun jati.

Selain alas daun jati, warung Mbah Simah Madiun juga mempertahankan menu khas pecel dengan beragam sambal dan dibanderol harga murah. Mbah Simah berjualan nasi pecel daun jati ini sejak 1980-an.

PromosiMirip Gelombang Ombak, Mengenal Sesar Opak Pusat Gempa Jogja 27 Mei

Untuk harga nasi pecel daun jati di warung Mbah Simah hanya Rp5.000 per porsi. Sedangkan jika ditambah lauk telur goreng Rp7.000 per porsi. Harga tersebut sudah bisa memilih sambal dan nambah sambal sepuasnya.

Baca juga: Nikmatnya Nasi Pecel Daun Jati Mbah Simah Madiun, Seporsi Cuma Rp5.000

Tak heran jika warung ini tidak hanya menjadi jujukan warga, tetapi juga para pejabat di lingkungan Pemkab Madiun. Bahkan, Bupati Madiun Ahmad Dawami pun beberapa kali menyantap pecel daun jati di warung ini.

“Bupati Kaji Mbing [Ahmad Dawami] juga pernah makan di sini. Pejabat-pejabat di pemkab juga sering makan siang di sini,” kata Mbah Simah di warungnya, Rabu (24/2/2021).

Simah mengaku mempertahankan menu nasi pecel beralas daun jati ini sebagai ciri khas warungnya. Tidak hanya itu, menu sambal yang menjadi ciri khas juga dipertahankan, yakni sambal deplok lumpang, sambal tomat teri, dan sambal bawang.

Baca juga: Alhamdulillah, Petani Ponorogo Tahun Ini Dapat 117.000 Liter Pupuk Organik Cair

Yang membedakan, sambal ini disajikan secara dadakan saat pembeli memesannya.

Dalam sehari, ia bisa menghabiskan beras sekitar 12 kilogram. Saat akhir pekan maupun libur nasional, beras yang dimasak pun meningkat hingga 25 kilogram. Bahkan, saat libur Lebaran, sehari bisa menghabiskan beras mencapai satu kuintal.

Jam Buka Warung Mbah Simah

Warung Mbah Simah ini mulai buka pukul 06.00 WIB dan tutup pada 19.00 WIB. Simah berjualan di depan rumahnya dengan tampilan sederhana seperti umumnya warung di desa-desa.

Berbicara mengenai penghasilan dari berjualan nasi pecel ini, Simah bercerita dalam sehari bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp600.000. Sedangkan pada hari Minggu, bisa mencapai Rp1 juta.

“Paling ramai ya pas hari Minggu. Biasanya Rp1 juta. Tapi kalau pas hari biasa ya paling Rp600.000,” ujar nenek-nenek berusia 65 tahun itu.

Baca juga: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang Ditangkap KPK Punya Harta Rp51,3 Miliar

Karena semua menu disajikan secara mendadak, Simah dibantu empat orang cucunya. Ada yang meladeni pembeli, membuat sambal, dan membuat minuman.

Dia bersyukur warung nasi pecel miliknya ramai pembeli. Dengan penghasilan dari berjualan ini, Simah mampu membeli tanah dan memperbaiki rumah yang kini ditempatinya. Selain itu, ia juga mampu menyekolahkan sebelas cucunya.

“Dari hasil jualan, bisa menyekolahkan cucu-cucu. Sekarang sudah ada yang lulus sekolah dan sudah bekerja,” jelas dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Kreatif! Kelompok Pemuda di Ponorogo Raih Cuan dari Berkreasi di TikTok

Sekelompok pemuda di Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, raih puluhan juta rupiah dari membuat konten di media sosial TikTok.

Rumah Produksi Arak di Madiun Digerebek, Per Hari Produksi 480 Liter

Aparat Polres Madiun Kota menggerebek rumah produksi minuman keras jenis arak jowo yang ada di Jl. Sidotopo, Dukuh Sidorejo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun.

Kikis Kesan Angker, RTM & Bosbow Madiun Bakal Dipercantik

Pemkot Madiun bakal merehab Rumah Tahanan Militer dan gedung Bosbow untuk dijadikan tempat wisata edukasi.

Pengemudi Ngantuk, Mobil Tabrak Pembatas Hingga Keluar dari Tol Madiun

Kecelakaan tunggal dialami mobil Honda Mobilio berpelat nomor S 1220 WW di KM 614.700 B Tol Kertosono-Madiun, Kamis (26/5/2022) siang.

Warga Keluhkan Jalan Rusak, Ini Penjelasan Sekda Ponorogo

Warga mengeluhkan kondisi jalan rusak yang ada di beberapa titik di Ponorogo.

Tak Kuat Nanjak, Pikap Bawa Puluhan Orang Terperosok ke Jurang Ponorogo

Kendaraan pikap berpenumpang puluhan orang terperosok ke jurang di Dukuh Ketro, Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo.

Kulit Satwa Dilindungi Dibuat Kerajinan, Pria Jember Ditangkap Polisi

Polisi menangkap seorang perajin asal Jember, Jawa Timur (Jatim), yang menggunakan kulit dan kepala satwa dilindungi sebagai bahan pembuatan kerajinan.

Universitas Brawijaya Telusuri Jejak Mahasiswa Ditangkap Densus 88

Seorang mahasiswa Universitas Brawijaya di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), diamankan Densus 88 Antiteror Polri karena diduga terafiliasi jaringan ISIS.

Diduga Ikut ISIS, Mahasiswa Universitas Brawijaya Ditangkap Densus 88

Seorang mahasiswa Universitas Brawijaya Malang ditangkap Densus 88 Anti-teror Polri karena diduga terafiliasi jaringan ISIS.

Kereta Cepat Bakal Dibangun di Surabaya, Wagub Jatim: Jangan Ditunda

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana membangun jaringan kereta cepat di wilayah Kota Surabaya.

Mengenal Getuk Golan, Kudapan Khas Ponorogo yang Wajib Dicoba

Mengenal getuk Golan yang merupakan kudapan khas Ponorogo yang telah ada sejak puluhan tahun silam.

Tantu Panggelaran, Asal Muasal Pulau Jawa dan Paku Gunung Semeru 

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur menjadi tempat yang sakral bagi umat Hindu karena sebagai tempat bersemayamnya dewa-dewa, sesuai Kitab Tantu Panggelaran yang menganggapnya sebagai paku saat penciptaan Pulau Jawa.

Mahasiswa Unjuk Rasa di Depan DPRD Ponorogo, Apa Saja Tuntutannya?

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Front Renaissance menggelar unjuk rasa di depan kantor DPRD Ponorogo dengan sederet tuntutan.

Tanah Longsor di Ponorogo, 2 Rumah Jebol

Bencana tanah longsor terjadi di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, akibat curah hujan tinggi.

Oalah, Kotak Amal Musala di Madiun Ternyata Sudah 4 Kali Dibobol Maling

Kejadian kotak amal di musala As-Shabirin di Jalan Sidomukti, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, yang dibobol maling ternyata sudah empat kali terjadi.