Alhamdulillah, Petani Ponorogo Tahun Ini Dapat 117.000 Liter Pupuk Organik Cair
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Ponorogo mensosialisasikan pemanfaatan pupuk organik cair kepada petani. (Istimewa/Pemkab Ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO -- Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo mengenalkan gerakan aplikasi pupuk organik cair (POC) kepada para petani. Untuk program aplikasi POC tahun ini akan menyasar luas lahan pertanian 14.100 hektare.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Ponorogo, Andy susetyo, mengatakan gerakan ini sebagai edukasi kepada petani untuk menggunakan pupuk organik cair. Menurutnya, dengan menggunakan pupuk organik cair bisa memperbaiki unsur hara tanah.

Dia mengatakan pupuk organik cair ini sebagai stimulus bagi petani untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia. Penggunaan pupuk organik juga akan menghasilkan produk yang sehat.

Baca juga: Murahnya Kebangetan! Warung Ini Jual Soto Ayam Seporsi Cuma Rp1.000

“Gerakan aplikasi POC ini nantinya bisa memberikan edukasi dan stimulan kepada para petani untuk menghasilkan produk sehat bagi masyarakat,” kata dia yang dikutip dari siaran pers Pemkab Ponorogo, Kamis (25/2/2021).

Andy menjelaskan pemkab akan memberikan stimulan kepada petani berupa pupuk organik cair sebanyak 117.000 liter. Pupuk organik cair itu akan dibagikan di setiap kelompok tani di 298 desa dengan luas lahan pertanian sebanyak 14.100 hektare.

“Stimulan ini diharapkan bisa membikin petani memproduksi pupuk organik cair sendiri. Sehingga bisa mengurangi konsumsi pupuk kimia, memperbaiki unsur tanah, dan bisa menghasilkan produk sehat bagi masyarakat,” jelas dia.

Baca juga: Cus! 4.400 Pelayan Publik di Madiun Disuntik Vaksin

Dengan petani mau menggunakan pupuk organik di setiap musim tanam lebih dari 3%, kata dia, tentu akan membantu membuat efisien penggunaan pupuk kimia dan air. Selain itu juga bermanfaat untuk menekan serangan hama tanaman.



Berita Terkini Lainnya








Kolom