Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang Ditangkap KPK Punya Harta Rp51,3 Miliar
Nurdin Abdullah. (detik.com-dok. Pemprov Sulsel)

Solopos.com, JAKARTA -- Gubernur Sulawesi Selatan atau Sulsel, Nurdin Abdullah, ditangkap KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Jumat (26/2/2021) malam hingga dini hari tadi.

Menurut data pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Nurdin Abdullah diketahui memiliki harta Rp51,3 miliar.
Nurdin terakhir kali menyetor LHKPN pada 29 April 2020. Dalam laporan tersebut, total hartanya mencapai Rp51.356.362.656.

Baca juga: Ternyata Ini Aktivitas Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Sebelum Ditangkap KPK

Adapun kekayaan Nurdin Abdullah tersebut terdiri dari:

A. Tanah dan bangunan Rp49.368.901.028
- Ada 54 item tanah dan bangunan milik Nurdin yang tersebar di Makassar hingga Bantaeng

B. Alat transportasi dan mesin Rp300.000.000
- Berupa 1 mobil Toyota Alphard

C. Harta bergerak lainnya Rp271.300.000

D. Kas dan setara kas Rp267.411.628

E. Harta lainnya Rp1.150.000.000

F. Utang Rp1.250.000

Baca juga: KPK Tangkap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Diberitakan, Nurdin Abdullah ditangkap tengah malam Waktu Indonesia Bagian Barat atau dini hari tadi Waktu Indonesia bagian Tengah. Ada seorang pengusaha yang turut diamankan dalam OTT KPK itu.

"Betul, hari Jumat tanggal 26 Feb 2021 tengah malam KPK melakukan giat melakukan tangkap tangan pelaku korupsi di wilayah Sulsel. Kami masih bekerja belum dapat memberikan penjelasan detail siapa saja dan dalam kasus apa," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan yang dilansir detik.com, Sabtu (27/2/2021).

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyatakan masih belum bisa mengontak Nurdin Abdullah terkait penangkapan ini.

Mendoakan yang Terbaik

Dia mengakui hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut soal penangkapan Nurdin Abdullah dini hari tadi. "Belum ada resminya tadi saya telepon-telepon (Gubernur) belum ada informasinya," kata dia.

Namun demikian, Andi Sudirman Sulaiman mendoakan yang terbaik buat Nurdin Abdullah.

"Kita doakan yang terbaik saja buat beliau ya, mudah mudahan beliau yang terbaik dan baik baik saja," kata Andi Sudirman Sulaiman.

Baca juga: Vaksinasi untuk Guru dan Tenaga Pengajar, Harapan Baru di Dunia Pendidikan

Saat ini Sudirman mengatakan dirinya tengah dalam perjalanan menuju Sinjai atas perintah Nurdin Abdullah. Nurdin Abdullah disebutnya berada di Makassar sejak kemarin.

"Karena saya ada penugasan sama beliau ke Sinjai. Saya lagi penugasan Mas," kata dia.

Nurdin Abdullah diduga terjaring OTT KPK di rumah jabatannya di Makassar. Informasi yang berhasil dihimpun, Nurdin telah diterbangkan ke Jakarta dan saat ini berada di kantor KPK.

Sumber: detik.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom