Istilah-Istilah Teknis Virus Corona yang Perlu Anda Tahu
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang pesawat yang tiba di area Terminal Kedatangan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Selasa (10/3/2020), sebagai antisipasi penyebaran virus corona. (Antara/Fikri Yusuf)

Solopos.com, SOLO -Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di banyak kesempatan mengurai banyak istilah teknis berkaitan dengan kasus virus corona di Indonesia.

Dalam konferensi pers 5 Maret 2020, Kemenkes menjelaskan istilah yang sering membuat publik rancu.

Berikut beberapa istilah-istilah teknis terkait dengan virus corona COVID-19 dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber:

Orang dalam Pemantauan (ODP)

ODP berarti semua orang yang masuk ke wilayah Indonesia, baik Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNI) dan berasal dari suatu negara yang telah dikonfirmasi penularan COVID-19 antar manusia.

Begini Pencegahan Virus Corona Ala Ningsih Tinampi

Beberapa negara yang telah mengonfirmasi kasus infeksi virus corona selain China adalah Iran, Korea Selatan, Italia, Singapura, dan Malaysia.

Jika mereka berasal dari negara-negara yang positif virus corona, Kemenkes akan menempatkan kategorinya sebagai ODP.

Begini Foto Satelit Pemandangan Kota yang Terdampak Virus Corona

Walaupun begitu, bukan berarti semua yang masuk kategori ODP berarti sakit.

Yuri mengatakan, mereka dipantau karena berasal dari negara-negara yang positif COVID-19.

Pasien dalam Pengawasan

PDP adalah orang yang sebelumnya ODP, namun mengalami beberapa gejala seperti influenza sedang hingga berat seperti batuk, pilek, demam, dan gangguan napas.

Suspect atau Terduga

Ketika seseorang telah menjadi suspect, maka pasien akan diambil spesimen dari dinding belakang hidung, mulut, serta di rumah sakit rujukan akan dilakukan bronkoskopi untuk mengambil sedikit cairan dari saluran napas.

Istilah Lain

Local Transmission. Menunjukkan lokasi di mana sumber infeksi berada di dalam lokasi pelaporan. Misalnya kasus ditemukan di Indonesia dan sumber penularan virusnya juga dari Indonesia.

Berkurang, Pasien Positif Corona di Indonesia Jadi 17 Orang

Imported Case. Kasus yang menunjukkan pasien terinfeksi di luar area dinyatakan terinfeksi. Misalnya sumber virus dari luar negeri, didapat ketika pasien tersebut jalan-jalan.

Under Investigation. Menunjukkan lokasi di mana jenis transmisi atau penularan belum ditentukan untuk kasus apa pun, masih dalam investigasi.

Virus Corona Mewabah, 60 Juta Warga Italia Dilarang Keluar Rumah

Kluster. Kluster penyakit atau kluster infeksi adalah satu kelompok dengan satu kejadian kesehatan yang sama, yang terjadi dalam area dan waktu yang sama. Kluster Jakarta yang sering disebut dalam kasus di Indonesia adalah kelompok kasus yang terhubung dengan kasus 1,2, 3, 4, dan 5.

Community Spread. Community spread merupakan persebaran penyakit dalam satu area tertentu, yang tidak diketahui pasti kapan dan bagaimana seseorang tertular. Penularan dalam community spread lebih tidak spesifik dan sulit dilacak dibandingkan persebaran dalam kluster.

Positif Corona, Menkes Inggris Karantina Diri Sendiri

Epidemi. Epidemi merupakan situasi ketika penyakit menyebar dengan cepat di antara banyak orang dan dalam jumlah lebih banyak dibanding normal. Skalanya lebih rendah dibanding pandemi.

Pandemi. Pandemi adalah persebaran penyakit yang terjadi secara global di seluruh dunia, lebih tinggi levelnya dibanding epidemi. Sering disebut juga epidemi global. Salah satu contohnya adalah pandemi H1N1 pada 2009.

Kabar Terbaru Virus Corona di Indonesia



Berita Terkini Lainnya








Kolom