Begini Foto Satelit Pemandangan Kota yang Terdampak Virus Corona
Foto sejumlah kota sebelum dan sesudah terdampak virus corona. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Pemandangan langka terlihat di komplek Masjidil Haram dan Ka'bah Arab Saudi. Sterilisasi areal suci itu menjadi perhatian seluruh dunia. Sejumlah foto satelits memperlihatkan kondisi kota lain yang juga terdampak virus corona.

Otoritas Kerajaan Arab Saudi menutup sementara kawasan Masjidil Haram, Mekah, usai peringatan merebaknya virus corona. Aktivitas jemaah di areal suci umat Islam itu hanya dilakukan maksimal 1 jam setelah salat isya.

Buku Terbitan 2008 Prediksi Virus Corona? Begini Isinya

Area di sekitar bangunan suci Ka'bah itu dikosongkan untuk dibersihkan dan sterilisasi sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus corona di tanah haram.

Pemandangan langka itu lantas ditangkap satelit. Dalam sejumlah foto yang diambil satelit terlihat dampak wabah virus corona pada suatu kota atau area bila dilihat dari atas.

Dilansir Dailymail, foto yang dirilis oleh perusahaan teknologi luar angkasa, Maxar yang berbasis di Colorado menunjukkan tempat-tempat yang biasanya ramai.

Dua Pasien RS Moewardi Solo Dites Swab Buat Periksa Corona

Satu gambar menunjukkan hanya segelintir jemaah yang mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram, Mekah. Kabarnya, gambar yang menunjukkan jemaah yang lebih sedikit ini diambil setelah Arab Saudi menunda umrah.

Pemandangan Ka'bah

Akun Twitter Christoph Koettl mem-posting gambar Ka'bah yang ditangkap dari atas. Terlihat perbedaan dari sisi jumlah jemaah yang lebih banyak sebelum virus korona menyebar di Timur Tengah.

Seperti diketahui, selain Masjidil Haram, Kerajaan Arab Saudi juga berencana menutup sementara Masjid Nabawi di Madinah, satu jam setelah salat Isya. Alasan yang dikemukakan serupa yaitu agar Masjid Nabawi dibersihkan dan sebagai upaya sterilisasi dari kontaminasi virus termasuk virus corona.

Pasien Corona Di Indonesia Bertambah, Calhaj Sukoharjo Khawatir Tak Bisa Berangkat

Laporan Saudi Gazzette, Jumat (6/3/2020), pada Jumat pagi petugas membersihkan situs suci itu untuk memastikan kesehatan dan keselamatan jamaah di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap wabah virus corona COVID-19. Setelah bersih, Masjidil Haram akan dibuka kembali satu jam sebelum Salat Jumat.

Secara khusus, halaman di sekitar Ka'bah yang dikenal sebagai mataf, dan jalur antara al-Safa dan al-Marwah akan ditutup juga. Pihak berwenang mengatakan salat hanya akan diizinkan di dalam masjid.

12 WNI Jadi Pasien Corona di Luar Negeri, 7 Sembuh

Sebelumnya dikabarkan Masjidil Haram semakin hari semakin sepi, hal ini dikarenakan larangan umrah yang diberlakukan kerajaan Arab Saudi. Seperti diketahui, larangan ini hanya diberlakukan untuk sementara sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona yang tengah mengancam banyak negara di dunia.

Tidak hanya jamaah dari luar negeri, warga negara Arab Saudi pun tidak diperkenankan untuk menunaikan amalan tersebut sebagai antisipasi terhadap wabah virus korona COVID-19.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho