Ini Spesifikasi Chopper Jokowi yang Disebut Gibran Lembek
Gibran Rakabuming Raka (tengah) mengendarai sepeda motor custom Chopper milik ayahnya, Presiden Joko Widodo, di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (9/2/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO - Gibran Rakabuming Raka mengendarai sepeda motor custom Chopper milik ayahnya Joko Widodo (Jokowi), Minggu (9/2/2020). Gibran menyebut Chopper ayahnya tak lebih cepat dari motor miliknya.

Gibran ditemani ratusan anak muda Solo yang juga mengendarai sepeda motor modifikasi. Dalam konvoi itu juga tampak motor vespa dan sejumlah motor bergaya Chopper.

Keliling Solo Naik Chopper, Gibran Sebut Motor Jokowi Lembek

Gibran membawa motor ayahnya lantaran ingin berganti suasana. Gibran lantas mengomentari performa Chopper sang ayah yang disebut-sebut kurang garang. “Masih enak motor saya sebenarnya. Motor saya CC-nya lebih gede soalnya. Kalau yang ini [Chopper Jokowi] lembek,” tutur dia.

Sepeda motor Jokowi terbilang langka. Chopper itu adalah hasil kolaborasi antara Kickass Choppers dan Elders Garage. Founder Elders Garage, Heret Frasthio, menyebut rangka motor Chopperland itu diperuntukkan bagi penggemar motor custom bergaya chopper, dan disesuaikan untuk mesin berkapasitas 250 cc – 500 cc.

Pak Rudy, Gibran Kangen…

Sasis motor ini dijual massal dengan harga Rp9,5 juta, jadi yang mau bikin motor chopper enggak perlu ribet lagi. Konstruksinya, mampu dipasangi mesin satu silinder berkapasitas sedang yang banyak beredar di Indonesia.

Di bagian dapur pacu, Chopper Jokowi memakai mesin Royal Enfield Bullet 350 keluaran 2016. Motor tersebut telah dimodifikasi di bagian frame, tangki, stang, dan knalpot.

Bullet 350 menggunakan mesin 346 cc, silinder tunggal, empat langkah, busi ganda dengan bore dan stroke 70 mm x 90 mm, rasio kompresi 8.5 : 1, dan sistem pengapian transistorised coil ignition. Mesin berdaya 19,8bhp dan torsi 28 Nm ini dipasangkan dengan transmisi lima percepatan.

Ini 12 Kendaraan Milik Jokowi, Truk Sampai Chopperland

Chopperland sudah memenuhi segala persyaratan untuk dibawa di jalanan umum. Karena turut dibangun dari Bullet 350 yang dijual di pasar, dokumen-dokumen untuk legalitas pun lengkap.

Bagian asli motor ini adalah mesin, shock depan, tromol depan, tromol belakang, spakbor, dan footstep. Untuk bagian spakbor, posisi spakbor depan dipindahkan ke belakang.

70% Handmade, Ini Biaya Bikin Motor Chopperland Seperti Milik Jokowi


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho