SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi dan motor Chopperland di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (20/1/2018). (Instagram/kemensetneg.ri)

Motor Chopperland, motor custom yang dibeli Presiden Jokowi, 70% bagiannya dibuat secara handmade.

Solopos.com, JAKARTA — Chopperland, motor baru Presiden Joko Widodo (Jokowi), 70% bagiannya dibuat langsung dengan tangan dan didesain secara khusus disesuaikan pengendaranya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Motor produk perdana hasil kolaborasi antara Kickass Choppers dan Elders Garage menyita perhatian Jokowi saat menyempatkan diri menaiki motor Chopperland pada acara Sumpah Pemuda di Istana Bogor, tahun lalu. Saat itu, Presiden mengundang para pelaku industri kreatif Indonesia untuk memamerkan karya-karya anak bangsa.

Gentlemen’s Pact sebagai salah satu peserta pada acara itu menghadirkan Motor Chopperland. Pada Sabtu (20/1/18) pagi, Presiden resmi memiliki Chopperland dengan corak warna emas yang diantar langsung dari bengkel Elders Garage, Lebak Bulus.

Founder Elders Garage Heret Frasthio menyenut rangka motor Chopperland diperuntukkan bagi penggemar motor custom bergaya chopper, dan disesuaikan untuk mesin berkapasitas 250 cc – 500 cc.

“Sekitar 70% bagian dari motor Chopperland adalah hand made yang di desain secara khusus disesuaikan dengan pengendaranya. Motor Chopperland telah terbukti kekuatan dan keakuratannya yang telah melalui perjalanan pulang pergi Jakarta – Yogyakarta,” tuturnya dalam keterangan pers, Sabtu (20/1/18/2017).

Chopperland yang merupakan produk perdana yang dibeli oleh Jokowi ini juga telah tampil pada ajang 26th Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2017. Dia merasa bangga, bahwa karya anak bangsa dikenal sampai mancanegara.

Lalu, berapa biaya untuk membuat motor custom serupa? Salah satu founder Elders Garage, Adrianka, menceritakan biaya yang dibutuhkan jika ada yang tertarik membangun motor seperti yang dibeli Jokowi.

Motor yang dibeli Jokowi tersebut merupakan motor Royal Enfield Bullet 350 keluaran 2016. Motor tersebut telah dimodifikasi di bagian frame, tangki, stang, dan knalpot.

Adrianka menjelaskan saat pertama digarap, dia beserta tim memikirkan cara supaya motor tersebut bisa dimodifikasi dengan menghemat anggaran. Jika ingin membangun motor seperti yang dibeli Jokowi, maka dibutuhkan biaya kurang lebih Rp55 juta.

“Sebenarnya kami mikirnya supaya hemat. Kalau bahannya, ini dari Royal Enfield. Nah, dengan bahan lengkap dari Royal Enfield, biayanya sekitar Rp 55 juta,” ujarnya seperti dilansir dari Tempo.co, Sabtu (20/1/2018).

Bagian asli motor ini adalah mesin, shock depan, tromol depan, tromol belakang, spakbor, dan footstep. Untuk bagian spakbor, Adrianka mengungkapkan posisi spakbor depan dipindahkan ke belakang.

px;">

px; overflow:hidden; padding:8px 0 7px; text-align:center; text-overflow:ellipsis; white-space:nowrap;">rmal; font-weight:normal; line-height:17px; text-decoration:none;" target="_blank">A post shared by Kemensetneg.RI (@kemensetneg.ri) on

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya