SOLOPOS.COM - ilustrasi work from home (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Meski pandemi Covid-19 telah mereda, sejumlah perusahaan di Indonesia memilih untuk menerapkan work from home (WFH) atau work from anywhere (WFA) bagi karyawan.

Dengan lebih banyak orang yang bekerja dari rumah daripada sebelumnya, kerja jarak jauh kini seolah menjadi suatu budaya baru. Perusahaan-perusahaan tersebut kemungkinan menilai bahwa produktivitas dan kualitas kerja karyawan akan tetap terjaga dengan sistem tersebut.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Tak hanya itu, sistem yang menjadi tren dunia kerja tahun 2022 ini juga dinilai mampu meningkatkan kesehatan mental pegawai dari perusahaan-perusahaan tersebut.

WFA disebut bisa membantu pekerja untuk lebih fleksibel secara wilayah, menghilangkan stres perjalanan kantor, dan meraih work life balance yang lebih baik.

Nah, berikut sejumlah perusahaan di Indonesia yang disebut memberlakukan sistem WFH secara permanen seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/6/2022):

Baca Juga: Kebijakan WFH Seusai Lebaran, Kadin: Sesuaikan dengan Sektor Usaha 

1. Perusahaan eFishery

Salah satu perusahaan Indonesia pertama yang menerapkan sistem WFA adalah eFishery. Perusahaan yang bergerak di bidang akuakultur ini sudah memberlakukan WFA dari awal pandemi pada 2020 silam.

2. Amar Bank

Selain eFishery, PT. Bank Amar Indonesia Tbk menjadi perusahaan di Indonesia yang terlebih dahulu menerapkan WFH atau WFA secara permanen.

Kebijakan yang diambil oleh perusahaan tersebut sejalan dengan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Stockbit dan Bibit.id

Stockbit dan Bibit.id juga merupakan perusahaan di Indonesia yang sudah menerapkan sistem kerja WFH atau WFA secara permanen.

Sistem kerja tersebut secara resmi diberlakukan sejak Februari 2022 silam dan telah diumumkan via laman LinkedIn perusahaan tersebut. WFA sendiri diimplementasikan karena menurut kedua perusahaan ini, sistem kerja remote terbukti mampu tingkatkan kesejahteraan karyawan.

Selain itu, fleksibilitas kerja yang ditawarkan juga bisa menjadi cara jitu untuk tingkatkan produktivitas dan kualitas kerja karyawan.

Baca Juga: Tak Ada WFH, Semua ASN Klaten Masuk Kerja Mulai Senin Besok

4. Ajaib

Perusahaan startup di Indonesia lainnya yang secara resmi memberlakukan sistem kerja WFH atau WFA permanen adalah Ajaib.

Perusahaan tersebut telah menerapkan sistem kerja work from anywhere secara permanen sejak Januari 2022 silam. Seperti kebanyakan perusahaan, Ajaib mengaplikasikan sistem kerja remote karena munculnya pandemi Covid-19.

Namun, setelah melewati masa adaptasi dan percobaan, sistem kerja tersebut dianggap efektif. Hasilnya, Ajaib resmi memberlakukan WFH atau WFA secara permanen, baik untuk keperluan kerja dan perekrutmen pegawai baru.

5. Amartha

Serupa dengan Ajaib, Amartha menjadi perusahaan yang menerapkan WFA secara permanen sejak Januari 2022 kemarin. Perusahaan yang bergerak di bidang fintech tersebut secara resmi memberlakukan WFA setidaknya hingga akhir tahun 2022.

Sistem kerja ini diaplikasikan setelah melihat adanya kestabilan dalam hal produktivitas dan kualitas kerja. Amartha sendiri melihat WFA sebagai cara kerja yang efektif untuk tingkatkan kesejahteraan karyawan.

Baca Juga: Tren WFH Meningkat, Omzet Perusahaan Parkir Anjok

6. Blibli

Perusahaan di Indonesia lainnya yang juga menerapkan sistem WFH atau WFA secara permanen adalah Blibli. Startup yang bergerak di bidang e-commerce ini telah mengimplementasikan WFA secara resmi sejak Januari 2022 silam.

Blibli pada awalnya menerapkan sistem kerja WFH dan remote untuk mematuhi protokol dan regulasi yang ditetapkan pemerintah.

Namun, melihat hasil positif yang diraih dari sistem kerja remote, mereka akhirnya memutuskan untuk menerapkan WFA secara permanen.

Menurut Blibli sendiri lewat post-nya di LinkedIn, perusahaan tersebut berharap untuk memberikan dampak positif dengan sistem kerja WFA.

7. Niagahoster

Niagahoster adalah perusahaan startup Indonesia berikutnya yang sudah menerapkan sistem kerja WFH atau WFA secara permanen. Hal tersebut diungkapkan oleh Niagahoster pada akun Twitter resminya, per 16 Maret 2022 silam.



Serupa dengan banyak perusahaan, awalnya Niagahoster menerapkan sistem WFH dan remote sejak pandemi Covid-19. Setelah melihat peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja, perusahaan tersebut secara resmi menerapkan WFA di tahun 2022 ini.

Hal tersebut disebut akan berlanjut hingga akhir tahun untuk seluruh keperluan kerja dan perekrutmen karyawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya