Tingkatkan Kinerja Saat Work From Home, Begini Caranya
ilustrasi work from home (Freepik)

Solopos.com, SOLO—Di masa new normal ini, perkantoran sudah mulai banyak yang menerapkan work from office kembali, meskipun banyak juga para pekerja yang harus melaksanakan work from home atau bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan juga agar mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin merebak.

Beberapa orang percaya bahwa jika work from home ini bisa meningkatkan kinerja. Tetapi kenyataannya banyak yang sudah mulai jenuh maupun bosan.

Bagi Anda yang sudah mulai jenuh atau bosan menjalani work from home, biasanya kinerja akan menurun. Maka, Anda perlu meningkatkan mood untuk membangkitkan semangat kinerja Anda kembali saat bekerja dari rumah.

Dikutip dari okezone.com dan beberapa media lainnya, terdapat beberapa cara sederhana yang bisa membantu untuk meningkatkan kinerja saat bekerja dari rumah atau WFH.

Satgas Penanganan Covid-19: Hari Ini Tambah 4.168 Total 240.687 Kasus

1. Jauhkan Ponsel Sebelum Tidur

Sudah banyak para ahli yang membuktikan bahwa kualitas tidur seseorang akan menentukan kinerja sepanjang hari. Untuk mendapatkan tidur nyenyak, jauhi penggunaan ponsel ketika akan tidur.

Selain itu, pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup sekitar 7-8 jam. Tidur yang nyenyak akan membuat suasana hati kamu akan tetap bahagia selama jam kerja.

2. Cari tempat yang bebas dari gangguan

Bekerja di rumah tidak akan efektif dan produktif jika di rumah Anda banyak gangguannya. Misalnya bekerja di ruangan dengan TV yang selalu menyala.

UNtuk itu carilah ruangan maupun kamar khusus untuk bekerja sehingga orang yang tinggal serumah tidak mengganggu saat Anda bekerja.

3. Mandi dan sarapan

Meskipun bekerja dari rumah, jangan sampai melupakan mandi agar tubuh segar.  Kondisi tubuh segar akan memdukung saat melakukan WFH. Jangan lupa sarapan di pagi hari agar membangkitkan energi lebih untuk menjalani WFH.

4.Buat to do list

Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dengan deadline yang mepet dapat Anda cegah dengan membuat daftar pekerjaan. Daftar pekerjaan ini dapat Anda lakukan di pagi hari maupun satu hari sebelumnya. Daftar ini dapat membantu Anda agar tidak lupa tugas-tugas yang mendekati deadline.

Sudah Ada 1.016 Hoaks Covid-19 Menyebar, Ini Dampaknya Di Masyarakat

5.Tetap lakukan aktivitas fisik 2 jam sekali

Sebagian orang merasa bekerja dari rumah dapat membuat mereka sungguh produktif. Sampai-sampai, mereka tidak sadar sudah duduk berjam-jam di depan laptop lamanya, hingga lupa minum, makan, serta tanpa melakukan aktivitas fisik. Apa akibatnya? Selain dehidrasi, otot-otot Anda juga bisa kaku, malah menurunkan konsentrasi.

Pada dasarnya, fakta seseorang bisa fokus pada pekerjaan yang dikerjakan selama 1,5 jam-2 jam. Setelah itu, seseorang butuh 15 menit-20 menit untuk istirahat sejenak mengisi tenaga kembali supaya pekerjaan selanjutnya bisa diselesaikan dengan lebih baik.

Maka dari itu, dibandingkan duduk di depan laptop selama 9 jam sehari, lebih baik Anda juga membagi waktu. Anda bisa melakukkan aktivitas fisik 2 jam sekali seperti jalan-jalan, ambil minum, ke toilet, apapun itu untuk tetap melakukan aktiivitas.

6. Sering cek jadwal kalender untuk mengetahui meeting

Bekerja dari rumah bukan berarti tidak dapat meeting jarak jauh. Demi meningkatkan produktivitas saat work from home, jangan lupa untuk mengecek kalender secara rutin guna mengetahui apakah pada hari itu Anda memiliki jadwal meeting dengan rekan kerja, klien, partner, atau lainny. Bila perlu, jadwal meeting ataupun aktivitas selanjutnya yang akan dilakukan tersebut di to do Llist agar Anda tidak lupa.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom