SOLOPOS.COM - Ilustrasi bakar satai. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Membakar satai kambing bersama keluarga di Hari Raya Iduladha 2022 bisa menjadi kegiatan memasak yang menyenangkan, namun sebaiknya ketahui cara membakar yang benar agar hidangan terasa maknyus. Simak ulasannya di tips memasak sehat kali ini.

Daging kurban baik itu sapi atau kambing berada dalam kondisi sangat segar karena biasanya dipotong dan didistribusikan pada hari yang sama. Namun, hal inilah yang membuat dagingnya sedikit keras saat diolah terutama menjadi satai.  “Meskipun kadang usianya sudah muda. Cuma karena dipotongnya fresh kemudian langsung dimasak, biasanya agak sedikit keras,” kata President of Association of Culinary Professionals Chef Stefu Santoso dikutip dari Antara pada Sabtu (9/7/2022).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Nah sebelum mengetahui cara bakar satai kambing yang benar, sebaiknya ketahui terlebih dulu sejumlah kesalahan yang dilakukan saat memasak daging kambing dalam tips kali ini.

Baca Juga: Selain Satai, Berikut Ini Olahan Daging Kambing untuk Iduladha

Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group, Chef Stefu Santoso mengatakan, langsung mengolah daging menjadi salah satu kesalahan yang kerap terjadi.  Kesalahan lainnya, menggunakan mentega atau minyak secara berlebihan dengan tujuan agar daging tak lengket pada pan atau alat memasak.

“Padahal sebenarnya yang lebih penting panggangannya harus benar benar panas secara maksimum baru kemudian daging diletakkan di atas panggangan. Jangan terlalu banyak diberikan minyak atau mentega,” tutur Chef Stefu Santoso.

Berikut ini cara bakar satai kambing yang benar agar daging empuk seperti dikutip dari Sahabat Nestle pada Sabtu (9/7/2022):

1. Kenali Alat Pembakaran

Sebelum membakar sate kambing, kenali dulu jenis pembakaran yang Anda gunakan, karena akan berpengaruh pada rasa sate kambing nantinya. Bila menggunakan panggangan elektrik, hasil panggangan akan tampak seperti sate barbeque biasa. Bila menggunakan pembakaran arang, sate akan memiliki sedikit rasa asap. Pilih alat pembakaran sesuai selera Anda.

Baca Juga: Jelang Iduladha, Begini Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

2. Bersihkan Alat Pembakaran

Sebelum memulai membakar sate kambing, pastikan jari-jari pembakaran bersih. Hal ini untuk memastikan tidak ada hambatan saat sate kambing dibakar sehingga matang dengan sempurna.

3. Beri Kayu Pada Pembakaran

Untuk menambah aroma dan sedikit rasa asap pada sate kambing, taruh balok kayu di pembakaran. Bisa menggunakan berbagai macam kayu untuk hasil aroma yang berbeda.

Baca Juga: Agar Terhindar Bakteri, Begini Cara Menyimpan Daging yang Benar

4. Atur Panas Pembakaran

Bila menggunakan pembakaran arang, atur arang membentuk di tengah alat pembakaran. Bakar daging di tengah, dimana pembakaran terasa paling panas agar daging masak tanpa gosong. Bila menggunakan panggangan gas, gunakan level panas medium.

Baca Juga: Begini Cara Memasak Daging Sapi agar Empuk

5. Gunakan Minyak

Agar daging sate kambing tidak menempel pada jari-jari pembakaran, baluri jari-jari pembakaran dengan minyak. Cara ini akan menghindari daging kambing tidak menempel sehingga matang sempurna.

6. Bolak-balik Setiap 4 Menit

Untuk memastikan agar daging sate kambing terbakar rata, bolak-balik sate setiap 4 menit. Pastikan warna daging merata, dan hati-hati jangan sampai gosong.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya