SOLOPOS.COM - Daging sapi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Hari Raya Iduladha 2022 sudah di depan mata, sebaiknya ketahui cara memasak daging sapi agar empuk.  Hal ini mengingat daging merah umumnya butuh waktu lama untuk jadi empuk saat dimasak, berlama-lama merebus bisa bikin isi tabung gas cepat habis.

Nah, agar Anda tidak perlu berlama-lama merebusnya dan bisa bisa hemat gas simak triknya di tips memasak sehat kali ini. Karena biasanya pada saat Hari Raya Iduladha, stok daging kurban berlimpah.

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

Berikut ini cara memasak daging sapi agar empuk seperti dikutip dari maggi.id pada Rabu (6/7/2022):

1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membuat daging merah lebih empuk tanpa boros gas, yaitu memanfaatkan daun pepaya. Daun pepaya punya kandungan enzim alami yang berfungsi memecah protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 3 Golongan Penerima Daging Kurban Saat Iduladha

Triknya mudah. Anda  cukup mengambil daun pepaya, bersihkan dengan air mengalir, keringkan, lalu jadikan pembungkus daging. Usahakan setiap bagian daging terbungkus dengan baik dan diamkan selama sekitar 1 jam. Setelah itu, daging siap diolah.

2. Lumuri dengan Jus Nanas

Selain pakai daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan buah nanas sebagai cara memasak daging sapi agar empuk. Sama seperti daun pepaya, nanas juga punya enzim alami yang bisa bikin daging merah lebih cepat empuk.

Bedanya, kalau daun pepaya cukup dijadikan pembungkus daging, buah nanas perlu dihaluskan atau dijus. Anda perlu melumuri daging merah dengan nanas yang sudah dihaluskan atau dijus, lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, daging pun siap dimasak sesuai selera. Kalau mau lebih praktis, Anda juga bisa pakai jus nanas sebagai salah satu bahan marinasi. Tapi, pastikan proses marinasi cukup 30 menit supaya tekstur dan rasa daging nggak berubah, ya.

Baca Juga: Iduladha di Indonesia & Arab Saudi Berbeda, Kapan Puasa Arafah 2022?

3. Diamkan Daging pada Suhu Ruangan

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mendiamkan daging merah pada suhu ruangan. Cara ini bisa dipilih kalau Anda nggak punya stok daun pepaya atau buah nanas, tapi tetap ingin menghemat gas.

Pertama, kalau Anda menyimpan daging di freezer, sebaiknya simpan di rak bawah terlebih dulu dalam wadah tertutup sejak malam sebelumnya. Setelah itu, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum memasak, Ibu bisa mengeluarkan daging merah dari kulkas, dan tetap simpan di dapur dalam wadah tertutup.

Baca Juga: Apakah Nanas Bisa Membuat Daging Empuk? Ini Penjelasannya

Mendiamkan daging merah di suhu ruangan membantu suhu dagingnya turun secara perlahan dan stabil, sehingga teksturnya lebih empuk secara merata. Sembari menunggu daging merah lebih empuk, Ibu bisa menyiapkan bahan masakan lainnya. Perlu Ibu ingat bahwa keempukan dagingnya nggak akan seperti saat pakai daun papaya atau buah nanas, ya. Tapi, cara ini lebih baik ketimbang langsung mengolah daging dari kulkas untuk dimasak.

4. Potong Berlawanan Serat Daging

Cara memasak daging sapi agar empuk lainnya adalah memerhatikan cara potongnya. Anda bisa melihat serat yang memanjang pada daging. Nah, supaya dagingnya empuk, Anda bisa memotong daging berlawanan arah dengan serat dagingnya.

Tujuannya, untuk bikin serat lebih pendek sehingga daging lebih cepat empuk saat dimasak dan mudah dikunyah ketika dimakan.

5. Manfaatkan Uap Panas

Uap panas juga bisa jadi cara masak daging sapi agar empuk tanpa boros gas, lho. Untuk mempraktekkan trik ini, kuncinya adalah tidak membuka tutup panci dan gunakan stopwatch di handphone supaya pengukuran waktunya lebih tepat. Lalu, gimana caranya?

Baca Juga: Pencucian Daging Kurban di Sungai Wonogiri Dilarang, Ini Tujuannya

Pertama, didihkan air dan rebus daging merah selama lima menit dalam panci tertutup. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan daging di dalam panci selama 30 menit. Terakhir, nyalakan kembali kompor dan rebus daging selama 7 menit. Dengan menerapkan trik ini, Ibu hanya menyalakan kompor selama 12 menit, tapi secara teknis sudah memasak daging selama lebih dari setengah jam. Lumayan, kan?

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya