SOLOPOS.COM - Kambing identik berbau prengus. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Saat perayaan Iduladha 2022 bisa jadi Anda mendapatkan daging kambing, bagaimana cara menghilangkan bau prengus daging tersebut? Simak ulasannya di tips memasak sehat kali ini.

Merayakan Hari Raya Iduladha, tak afdhol rasanya kalau tidak menghidangkan santapan-santapan lezat hasil olahan daging kurban. Namun seringkali hal itu menjadi tertunda-tunda lantaran malas menghadapi bau prengus yang bandel dan susah dihilangkan.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Dikutip dari laman Dinas Kesehatan Mojokerto, Jumat (9/7/2022), agar acara memasak dan menyantap menyenangkan, berikut ini cara mengurangi bau prengus daging kambing dan empuk saat disantap yang patut dicoba:

1. Menghilangkan lemak daging

Lapisan lemak yang menempel pada daging menjadi salah satu penyebab munculnya bau prengus pada daging kambing. Biasanya lemak berwarna putih dan menempel pada daging. Iris dan buang lemak kambing sebelum diolah.

Baca Juga: Selain Satai, Berikut Ini Olahan Daging Kambing untuk Iduladha

Namun tak perlu membuat daging benar-benar bebas dari lemak karena dapat mengurangi rasa gurih pada olahan daging. Paling tidak, mengurangi lemak akan mengurangi hal itu.

2. Jangan mencuci daging

Pada umumnya, daging dicuci sebelum dimasak. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk daging kambing yang akan dimasak karena justru dapat mempertajam bau amis dan membuat daging berisiko semakin alot. Jadi, sebaiknya daging langsung dimasak atau direbus. Satu tips lagi, sebaiknya mulai rebus dengan air bersuhu ruang, bukan air mendidih.

3. Gunakan jeruk nipis

Jika daging terlanjur dicuci, penggunaan jeruk nipis dapat menjadi solusi. Jeruk nipis bisa mengurangi bau amis karena bisa membunuh bakteri. Caranya dengan membalurkan perasan jeruk nipis pada daging lalu diamkan sekitar setengah jam.

Baca Juga: Apakah Nanas Bisa Membuat Daging Empuk? Ini Penjelasannya

4. Gunakan garam

Selain jeruk nipis, garam juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi bau amis. Anda cukup membaluri daging dengan garam lalu diamkan sekitar satu jam.

5. Rebus bersama rempah

Cara berikutnya menghilangkan bau prengus daging kambing adalah dengan menambahkan rempah seperti daun jahe, serai atau kemangi pada air rebusan. Rempah-rempah ini dapat mengeluarkan aroma wangi yang mampu mengurangi bau amis daging.

Baca Juga: Imbas Wabah PMK, Penjualan Kambing Kurban di Madiun Anjlok

Rempah lainnya yang bisa dipakai untuk menghilangkan prengus adalah ketumbar. Daging kambing direndam dengan ketumbar dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Cara ini akan menghilangkan aroma tidak sedap sekaligus membuat rasa lebih nikmat.
Selain ketumbar, kunyit juga bisa dimanfaatkan. Namun gunakan kunyit jika Anda ingin mengolah daging kambing menjadi gulai. Pasalnya, kunyit akan meninggalkan warna kekuningan dan rasa yang khas. Caranya, campur daging kambing dengan campuran bumbu yang mengandung kunyit beberapa saat sebelum dimasak. Bisa juga direndam dalam larutan air asam jawa, lalu di cuci sebentar sebelum dimasak.

6. Daging dimasak dengan nanas atau mentimun

Selain digunakan sebagai bahan pengempuk daging, aroma yang kuat dari buah nanas dapat mengatasi bau amis pada daging. Caranya yaitu dengan mencampurkan daging kambing ke dalam buah nanas yang sudah diparut, remas perlahan lalu diamkan beberapa saat. Selain nanas, Anda juga bisa menggunakan mentimun.

Baca Juga: Resep Rendang Sapi dengan Bumbu Nendang, Dijamin Sedap!

Caranya hampir sama seperti buah nanas. Getah pada mentimum disebut bisa meminimalisir bau prengus pada daging kambing. Perasaan jeruk nipis atau jeruk limau juga disebut dapat menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya