Ini Bedanya Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul Menurut Anak Indigo…
Gadis Indigo Tasha Siahaan saat menelusuri Pasarean Ledoksari, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Youtube—Billy Christian)

Solopos.com, JOGJA — Anak indigo Tasha Siahaan mengungkapkan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul itu berbeda. Saat melakukan penelusuran di Pasarean Ledoksari, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta ia memaparkan perbedaan kedua sosok itu.

Gadis berkemampuan spesial itu diajak tampil bersama oleh youtuber khas horor Billy Christian. Mereka memilih Pasarean Ledoksari yang dipercaya sebagai tempat pribadi sultan. Tempatnya masih satu kawasan dengan Taman Sari.

Tasha mengaku bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul di sana. Keseruan mereka berdua terekam dalam vlog Billy Christian bertajuk Bertemu Ibu Ratu Pantai Selatan: IndigoTalk Travel Jogja. Tidak main-main, youtuber dan gadis indigo itu melakukan penelusuran pada malam hari.

Hantu Sumi di Rumah Pocong Jogja Tak Mengganggu?

“Mungkin kita di sini tahu yang dimaksud Ibu Ratu itu siapa. Tapi mungkin penonton di rumah enggak tahu dengan yang Tasha sebut sebagai Ibu, jadi tolong jelaskan dong,” pinta Billy ke gadis indigo tersebut.

Entitas Berbeda

Tasha langsung menjawab jika Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Rara Kidul alias Nyi Roro Kidul itu berbeda entitas. Mendengar hal itu, Billy langsung kaget.

Ia mengira jika mereka adalah sosok yang sama. “Itu bukan Nyi Roro Kidul, jadi mereka beda. Kalau dari yang aku baca, Nyi Roro Kidul itu kalau orang kita menyebutnya kayak menteri luar negerinya,” Jelas Tasha seperti yang terpantau Semarangpos.com, Kamis (28/5/2020).

Ini Catatan Sejarah Kantor Denhubrem 073 Salatiga

Ia mengaku jika Nyi Roro Kidul memiliki tugas menjaga pantai selatan. “Dia yang mengurusi keluar dari pantai Kak. Kalau ada orang yang ngomong bisa dapat pesugihan, ya kalau mintanya jelek yang keluar pasti buruk,” cerita Tasha.

“Pokoknya mereka berdua itu beda sosok. Kalau Ibu Ratu Kidul itu penguasa laut pantai selatan,” tambahnya saat bercerita dengan youtuber khas horor itu.

Billy pun penasaran apakah Tasha pernah bertemu dengan sosok Ibu Ratu Kidul. “Dulu pernah ketemu di sini sekitar dua atau tiga tahun yang lalu,” jawabnya ke Billy.

Ini Commander Wish Kapolda Jateng Ahmad Luthfi

Seorang youtuber bernama Nadia Omara juga pernah menyinggung soal perbedaan Ibu Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Di vlog-nya bertajuk Asal Usul dan Legenda Ratu Pantai Selatan, ia menyebut Ibu Ratu dengan sebutan Kanjeng Ratu Kidul.

“Sebutan untuk Ratu Pantai Selatan itu ada dua, yaitu Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul,” ungkap Nadia dalam vlog-nya. Ia bercerita jika Kanjeng Ratu Kidul dipercaya masyarakat setempat sebagai roh yang paling suci.

Punya Kuasa

“Pada umumnya, dia hanya menampakkan diri hanya untuk memberikan isyarat atau kejadian penting. Kanjeng Ratu Kidul ini memiliki kuasa atas ombak besar di samudra,” tambahnya.

Di Temanggung, Ayah Tega Bakar Anak Sendiri…

Ia juga mengungkapkan jika sang ratu akan terlihat muda dan cantik saat menampakkan diri pada bulan pertama. Namun, ia berubah menjadi wanita tua saat bulan biasa.

Sedangkan Nadia menyebut Nyi Roro Kidul sebagai pembantu Ibu Ratu Kidul. “Mereka berdua itu selalu dikaitkan, karena dalam kepercayaan orang Jawa, Kanjeng Ratu Kidul ini memiliki pembantu setia bernama Nyi Roro Kidul,” ungkapnya.

Secara tidak langsung, penjelasan Nadia Omara memiliki kaitan yang hampir sama dengan cerita yang diungkapkan oleh gadis indigo Tasha Siahaan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho