Tutup Iklan -->
H-1 Lebaran, Pemudik Masih Terus Berdatangan di Terminal Wonogiri
Suasana Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Sabtu (23/5/2020). (Solopos/M Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Pemudik ataupun warga yang pulang kampung terus berdatangan di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri hingga H-1 Lebaran, Sabtu (23/5/2020).

Kendati demikian, penambahan jumlah pemudik tersebut tidak terlalu signifikan. Berdasarkan data produksi Terminal Tipe A Giri Adipura di Selogiri, Wonogiri, peningkatan terjadi sejak Minggu (17/5/2020).

Sejak saat itu jumlah kedatangan penumpang kembali menyentuh angka ratusan orang. Padahal sebelumnya, sejak di Jabodabek diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), jumlah penumpang sempat turun hingga berkisar puluhan orang saja.

Hasil Rapid Test di 3 Swalayan Sragen Sudah Keluar, Ada Yang Reaktif?

Sejak Minggu (17/5/2020) hingga H-2 Lebaran, Jumat (22/5/2020), jumlah kedatangan pemudik dari wilayah Jabodetabek sebanyak 940 orang. Peningkatan kedatangan pemudik juga dipaparkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wonogiri.

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com dari Gugus Tugas, jumlah pemudik dari Minggu hingga Kamis (17-21/5/2020) yang tiba di Wonogiri sebanyak 1.032 orang. Hingga Kamis, jumlah pemudik di Wonogiri totalnya 57.365 orang.

Hingga Sabtu (23/5/2020), masih ada perantau dari wilayah Jabodetabek yang mudik ke Wonogiri. Hal itu disampaikan Kepala Divisi Marketing Perusahaan Otobus (PO) Putera Mulya, Heri Prasetyo, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Abaikan SE Pemkab, Warga Sukoharjo Akan Gelar Salat Id Berjamaah Di Masjid Kampung

PO Putera Mulya pada H-1 Lebaran ini memberangkatkan dua bus dengan jumlah penumpang 34 orang, masing-masing bus 17 orang atau pemudik, dari wilayah Jabodetabek tujuan Wonogiri. Jumlah tersebut sudah dianggap full karena ada pemberlakuan physical distancing di dalam bus.

Terkendala Libur Kerja

Rencananya, Sabtu malam ini masih ada satu bus lagi yang diberangkatkan. Jadi total sekitar 50 penumpang yang diangkut Bus Putera Mulya pada Sabtu ini.

Jumlah tersebut baru dari satu PO, belum dari PO lainnya. Dalam satu pekan ini bus yang diberangkatkan dari wilayah Jabodetabek ada dua unit setiap harinya. Terjadi peningkatan penumpang pada Rabu (20/5/2020).

Pintu Gudang Snack di Jagalan Solo Sulit Dibuka Saat Kebakaran, Ternyata Ini Penyebabnya

PO Putera Mulya memberangkatkan empat bus. Rata-rata penumpang di dalam bus tersebut full seat. Potensi perantau ingin mudik, menurut dia, masih ada tetapi ia tidak bisa berbicara soal jumlah atau angka.

Banyak pemudik yang ingin pulang tetapi terkendala oleh libur kerja. Karena rata-rata perusahaan atau pabrik mulai masuk pada Selasa (26/5/2020).

“Sebenarnya kondisinya sama saja, masih sepi penumpang. Meskipun ada peningkatan penumpang tetapi tidak signifikan, jauh jika dibandingkan tahun lalu,” kata Heri.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho