Tutup Iklan -->
Abaikan SE Pemkab, Warga Sukoharjo Akan Gelar Salat Id Berjamaah Di Masjid Kampung
Ilustrasi salat. (Solopos/dok)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sebagian warga Kabupaten Sukoharjo berencana menggelar Salat Idulfitri atau Salat Id berjamaah di masjid kampung lingkungan masing-masing.

Salat Id berjamaah ini mengabaikan surat edaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo tentang imbauan salat id agar dilaksanakan di rumah bersama keluarga.

Takmir Masjid Annur Gentan Islamic Center (GIC), Moch Samrodin, mengatakan Salat Id akan dilaksanakan di dalam area masjid. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang digelar di tanah lapang. Hal ini seiring situasi darurat Covid-19.

Ratusan Pengunjung hingga Petugas Parkir Pusat Perbelanjaan di Solo Ikuti Rapid Test Massal

"Jamaah Salat Id hanya internal jamaah rutin masjid atau mukimin. Kami tidak membuat brosur atau MMT penyelenggaraan Salat Id. Jadi murni untuk jamaah internal masjid," kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (23/5/2020).

Berbagai standar protokol kesehatan Covid-19 juga akan diterapkan dalam penyelenggaraan Salat Id berjamaah di masjid GIC Sukoharjo itu pada Minggu (24/5/2020).

Protokol itu di antaranya setiap jamaah salat wajib mengenakan masker, membawa sajadah masing-masing, dan dicek suhu badannya. Panitia hanya akan membuka akses masing-masing satu pintu untuk jamaah laki-laki dan satu untuk jamaah perempuan.

Hasil Rapid Test di 3 Swalayan Sragen Sudah Keluar, Ada Yang Reaktif?

Begitu pula dengan saf salat jamaah berjarak satu meteran. Dengan demikian jamaah yang akan mengikuti Salat Id sudah dilakukan protokol kesehatan.

Cek Suhu Badan

"Jadi nanti bagi jamaah yang suhu badannya lebih dari 37 derajat Celcius akan diminta pulang. Kami benar-benar menerapkan protokol Covid-19," kata dia.

Pelaksanaan Salat Id berjamaah di masiid GIC Sukoharjo, kata Samrodin, akan digelar tepat pukul 06.15 WIB dengan bacaan surat dalam salat dipercepat. Kemudian khotbah juga akan dipersingkat dan tidak ada ritual salam-salaman maupun makan bersama seusai salat.

2 Lagi Pasien Positif Corona Klaster Gowa Karanganyar Sembuh, Dari Colomadu dan Kerjo

Para jamaah akan langsung pulang ke kediaman masing-masing setelah salat. Sementara itu, Salat Id berjamaah juga akan digelar warga Tegakrejo, Desa Kemasan, Kecamatan Polokarto, Minggu pagi.

Tokoh masyarakat setempat, Abdillah Wibisono mengatakan Salat Id akan digelar di Masjid Mardhatillah dan hanya diikuti warga sekitar masjid. "Hanya jamaah warga kampung. Tidak untuk umum," kata dia.

Salat Id berjamaah di Masjid Mardhatillah, Kemasan, Sukoharjo, itu juga memperhatikan protokol kesehatan seperti diwajibkan wudu di rumah masing-masing, memakai masker, membawa sajadah atau alas salat sendiri, serta tidak berjabat tangan.

Gudang Snack Wafer Stick di Jagalan Solo Terbakar!

"Salat Id akan dimulai tepat pukul 06.15 WIB. Jamaah diminta tidak terlambat karena bacaan surat salat akan dipercepat," katanya.

Sebelum pelaksanaan Salat Id, panitia akan menyemprotkan disinfektan atau cairan pembunuh bakteri di seluruh lantai masjid. Dengan demikian, lokasi masjid telah steril guna menekan penyebaran virus Corona.

Tanggapan Kemenag

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Ihsan Muhadi mengaku sudah mendengar informasi adanya beberapa masjid kampung yang akan menggelar Salat Id berjamaah. Namun salat id tersebut diperuntukkan warga kampung setempat dan bukan untuk umum.

"Saya mendengar ada masjid yang akan gelar Salat Id. Semuanya itu tidak mengajukan pemberitahuan ke kami, saya hanya dengar informasi itu saja," katanya.

Mancing di Saluran Irigasi, Bocah Juwangi Boyolali Terpeleset dan Hanyut

Ihsan mengaku tak bisa berbuat banyak apabila masjid di kampung menggelar salat id berjamaah. Sebab dalam surat edaran yang diterbitkan pemerintah hanya bersih imbauan untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing.

Dalam surat tersebut tidak mengatur larangan mengingat wilayah Kabupaten Sukoharjo tidak memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kami hanya bisa mengimbau masyarakat agar melaksanakan Salat Id di rumah saja karena situasi saat ini masih darurat Covid-19," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho