Edaran Kedubes Belgia Cara Keluar dari Indonesia, Terkait Wabah Corona?
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar menyemprotkan cairan disinfektan di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (3/3/2020). (Antara-Fikri Yusuf)

Solopos.com, SOLO -- Beredar informasi tentang edaran dari Kedutaan Besar atau Kedubes Belgia kepada warganya tentang cara mendapatkan penerbangan pulang dari Indonesia. Kabar ini muncul di tengah situasi wabah corona dan desakan publik agar pemerintah melakukan lockdown terhadap Jakarta.

Namun belum ada konfirmasi dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia tentang informasi tersebut, apakah terkait Covid-19 atau situasi lain. Informasi tersebut berupa laporan situasi penerbangan pada Jumat (27/3/2020).

Edaran Kedubes Belgia yang ditulis dalam bahasa Prancis tersebut menggambarkan situasi penerbangan melalui berbagai maskapai di Eropa, Timur Tengah, dan Indonesia. Rute penerbangan tersebut adalah dari Jakarta menuju Brussel, Belgia, melalui berbagai jalur.

Khawatir Dampak Covid-19, Keluarga Kedutaan Amerika Diminta Tinggalkan Indonesia

"- Prancis: penerbangan khusus yang dibuat oleh Qatar Airways direncanakan untuk 27 dan 28,03: prioritas untuk penumpang Prancis yang telah melakukan pra-check in: penerbangan ini terjual habis. Penerbangan lain bisa diatur kemudian, biayanya € 500.
HARAP DICATAT: prioritas bagi penumpang Prancis, sangat sedikit atau tidak ada ruang yang tersedia untuk warga negara Belgia: harap beri tahu kami tentang minat Anda sesegera mungkin, TANPA JAMINAN DARI BAGIAN KAMI.
Transfer kereta ke Brussels: tidak ada masalah;

- Austria: penerbangan khusus dijadwalkan pada 28 Maret pukul 11:10 malam Biaya: € 600 untuk Denpasar-Vienne: pembayaran pada saat keberangkatan.
HARAP DICATAT: prioritas bagi penumpang Austria, sangat sedikit atau tidak ada ruang yang tersedia untuk warga negara Belgia: harap beri tahu kami tentang minat Anda sesegera mungkin, TANPA JAMINAN DARI BAGIAN KAMI.
Di Wina: cari koneksi ke Brussels, TETAPI jangan meninggalkan bandara
HARAP DICATAT: tiket pesawat VIE-BRU harus dibeli oleh Anda, dalam hal penerimaan pada penerbangan DPS-VIE;" bunyi laporan itu.

Korban Corona Berjatuhan, Ini Aturan Main Jika Indonesia Lockdown

Tiket Habis

Sementara itu, sebut edaran Kedubes Belgia itu, maskapai asal Uni Eropa (UE) membatalkan penerbangan untuk 24, 25 dan 26 Maret dan 3 April. Namun ada penerbangan khusus pada 27,28 dan 29 Maret dan 3 April yang tiketnya sudah habis terjual.

"Perusahaan dari negara UE:

- KLM: penerbangan khusus direncanakan untuk 27,28 dan 29,03: prioritas untuk penumpang yang penerbangannya pada 24, 25 dan 26,03 telah dibatalkan (jika ini adalah kasus Anda, periksa dengan KLM atau agen perjalanan Anda), DAN Warga negara Belanda yang mendapat manfaat dari situs terpisah untuk pendaftaran. Tunduk pada konfirmasi menit terakhir, penerbangan ini terjual habis.
Transfer ke Brussels dengan kereta: tidak ada masalah;"

Ribuan Orang Telanjur Mudik Saat Wabah Corona, DPR: Lockdown Jakarta!

Menurut edaran dari Kedubes Belgia di Jakarta itu, hampir semua tiket untuk rute-rute penerbangan Indonesia menuju Belgia hampir terjual habis. Sebenarnya ada maskapai non Uni Eropa yang masih menyediakan cukup banyak kursi.

Nyepi

Namun harga tiketnya diprediksi akan sangat mahal beberapa hari mendatang. Kalau tidak, ada rute tak langsung di mana penumpang harus transit di negera lain yang memakan waktu hingga dua hari, yaitu via Denpasar-Moskow. Namun saat ini Denpasar sedang dalam suasana Nyepi yang memengaruhi jadwal penerbangan reguler.

Organda: Perantau Wonogiri dan Jepara Sudah Mudik Semua

"Perusahaan dari negara non-UE:

- Qatar melanjutkan penerbangannya: jadwal tidak berubah, harga tinggi dalam beberapa hari mendatang.
Di Doha: temukan koneksi ke Brussels, TETAPI tidak meninggalkan area transit;

- Aeroflot: Sambungan Denpasar-Moskow Sheremetievo. Di Moskow, 1 penerbangan per hari ke Brussels, berangkat dari bandara yang sama, TETAPI tidak meninggalkan area transit."

Karena itu, Kedubes Belgia menyarankan warganya yang ingin pulang agar melihat situasi tersebut dan secepatnya mendapatkan tiket yang terbatas.

Update Corona Indonesia: 20 Orang Meninggal Dalam Sehari

"Mengingat kemungkinan kembali yang disebutkan di atas, Belgia tidak mengatur penerbangan kembali. Informasi tentang penerbangan yang tersedia ini akan diperbarui oleh Kedutaan Besar secara langsung setelah menerima informasi tambahan," demikian penutup surat edaran Kedubes Belgia yang ditandatangani Duta Besar Stéphane De Loecker.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho