SOLOPOS.COM - Ilustrasi peserta mengikuti computer assisted test (CAT) CPNS. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 sesuai jadwal akan dibuka mulai Senin (11/11/2019).

Kendati demikian, hingga Minggu (10/11/2019), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo belum mendapat pemberitahuan dan pengumuman resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) www.sscasn.bkn.go.id juga belum membuka lowongan registrasi pelamar untuk Kabupaten Sukoharjo.

"Hingga hari ini [Minggu, 10/11/2019], kami belum menerima informasi mengenai pendaftaran CASN [CPNS]. Dari informasi yang kami terima, khusus Sukoharjo input pengisian formasi dari Kemenpan RB ke website SSCASN.bkn.go.id belum rampung 100 persen," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Ahmad Fajar Romdhoni, ketika berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Kethur Kendi, Ritual Unik Jelang Pernikahan di Gemolong Sragen

Dia mengatakan pelamar bisa registrasi secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id. dengan menyiapkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pelamar. Kelengkapan administrasi itu harus dipenuhi agar proses pendaftaran dan mengikuti seleksi CASN bisa berjalan lancar.

Setelah registrasi online pelamar diminta mengunggah dokumen-dokumen persyaratan seleksi CPNS 2019. Persyaratan tersebut tidak berbeda jauh dibanding persyaratan pendaftaran CPNS 2018.

"Pengumuman pendaftaran akan kita umumkan juga melalui website sukoharjokab.go.id," kata dia.

Menurutnya, para pelamar diminta aktif memantau laman Pemkab Sukoharjo melalui website www.sukoharjokab.go.id ataupun sscasn.bkn.go.id. Soal kuota CPNS 2019 untuk Kabupaten Sukoharjo, dia mengatakan hingga kini masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat.

Kabar Duka: Putra Keempat Maestro Keroncong Waldjinah Meninggal Dunia

Kuota CPNS bisa jadi berbeda dengan Surat Kemenpan dan RB perihal pengadaan PNS 2019 yang diterima sebelumnya. Merujuk data, Pemkab Sukoharjo mendapat kuota penerimaan CPNS tahun ini sebanyak 426 lowongan.

"Tapi kemungkinan kuota itu bisa berubah karena ada penyesuaian. Tunggu saja sampai besok [Senin] semoga sudah ada keputusan pengumuman pendaftaran termasuk kuota dan formasinya," katanya.

Pemkab Sukoharjo terus berkoordinasi dengan BKN ihwal seleksi CPNS 2019. Pemkab juga berkoordinasi dengan daerah lain di Soloraya. Hasilnya lima kabupaten meliputi Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, dan Sragen menyepakati lokasi tes CPNS di gedung LPPKS Gondangrejo, Karanganyar.

Pemilihan lokasi ini mempertimbangkan kapasitas, sarana dan prasarana gedung seperti toilet, parkir hingga tempat penyimpanan barang bawaan para peserta ujian CPNS.

ABG Wonogiri Korban Perkosaan 6 Orang Ketakutan, Janinnya Sempat Alami Gizi Buruk

Seluruh tahapan tes akan dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tahap tes tersebut antara lain Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dimulai pada Februari 2020, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Salah satu warga Sukoharjo, Sulistyo mengatakan sejauh ini laman sscasn.bkn.go.id belum ada pendaftaran untuk seleksi CPNS Sukoharjo. "Saya tunggu sampai besok pagi mudah-mudahan sudah ada pengumuman pendaftaran," katanya.

Dia antusias melamar CPNS 2019 setelah gagal pada seleksi tahun lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya