Bantuan APD dari China Datang, Ada Tulisan Made In Indonesia
Bantuan 40.000 disposable protective coverall atau setelan baju dan celana pelindung untuk tenaga medis, diterima Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (23/3/2020) pagi. [Suara.com/Dok Pemprov DKI Jakarta]

Solopos.com, JAKARTA -- Bantuan alat pelindung diri (APD) dari China yang diterima Pemprov DKI Jakarta ternyata ada yang bertuliskan "made in Indonesia" atau "dibuat di Indonesia". Tulisan tersebut muncul pada kardus bungkus APD yang baru saja didatangkan ke Jakarta itu.

Bantuan 40.000 disposable protective coverall atau setelan baju dan celana pelindung untuk tenaga medis, diterima Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (23/3/2020) pagi. Komponen alat pelindung diri (APD) ini dibagi dan dimasukan dalam 800 kardus.

Prabowo Minta Pesawat TNI Angkut Alat Kesehatan dari China

APD yang tengah diperlukan tenaga medis untuk merawat pasien corona Covid-19 ini telah dibagikan ke setiap rumah sakit dan puskesmas. Bantuan APD dari China itu didatangkan karena rumah sakit mulai kekurangan APD.

Meski demikian, ada beberapa hal yang menjadi sorotan dalam penerimaan bantuan ini. Diketahui, bantuan ini datang dari Tim Gugus Tugas Covid-19. Alat ini didatangkan langsung dari China.

Jumlah ODP Corona di Solo Lampaui Total Se-Jateng, Kok Bisa?

Bahkan, pemerintah mengerahkan pasukan TNI beserta pesawat Hercules untuk membawa bantuan APD dari China ini. Tulisan ini mengejutkan karena alat ini sudah jauh-jauh didatangkan dari China dengan tim dan pesawat khusus.

Tak hanya tulisan itu, kardus juga bertuliskan aksara Korea. Di situ tertulis nama situs www.upc.co.kr, perusahaan pembuat APD dari Korea Selatan.

Pilot Lion Air Meninggal Dunia karena Positif Corona, Ini Penjelasan Maskapai

Sisanya, pada kardus hanya berupa keterangan biasa. Seperti ukuran, nomor seri, hingga kontak dari produsen. Kendati demikian, belum diketahui apakah benar alat ini dibuat di Indonesia. Tim Gugus Tugas belum memberikan konfirmasi terkait hal ini.

Dari Shanghai

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta pesawat TNI angkut alat-alat kesehatan, termasuk APD, dari Shanghai, China, yang diperbantukan untuk Indonesia. Permintaan itu untuk mempermudah penanganan virus Corona (Covid-19) ketimbang menggunakan fasilitas lainnya.

Kemenhub: 1 Pilot Meninggal Dunia karena Virus Corona

Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, menuturkan bahwa langkah Prabowo itu untuk membuat skema kerja sama pemerintah lebih cepat. Karena itu, dia memilih untuk meminta pesawat milik TNI.

"Prabowo Subianto meminta penggunaan pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai untuk mempermudah proses birokrasi G to G yang cepat dibandingkan dengan penggunaan fasilitas lainnya," kata Dahnil kepada wartawan, Kamis (19/3/2020).

APD Menipis, RS Kariadi Semarang Himpun Donasi

Alat-alat kesehatan yang nantinya akan diambil dari Shanghai berupa perlengkapan untuk dipakai oleh tenaga medis dan paramedis. Di antaranya masker disposable, masker N95, pakaian pelindung, kaca mata, sarung tangan, pelindung sepatu, termometer, dan pelindung rambut atau surgical caps.

Sumber: Suara.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho