Tutup Iklan
Baliho berisi tulisan menyemangati PNS agar menjadi lebih baik terpasang di halaman pendapa Pemkab Klaten, Jumat (24/3/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN -- Pemkab Klaten memutuskan menghapus Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah (Setda). Hal itu sebagai konsekuensi penyesuaian struktur organisasi tata kerja (SOTK) Pemkab Klaten di waktu mendatang.

Kepala Bagian Organisasi Setda Klaten, Bambang Sujarwo, mengatakan rencana penghapusan Bagian Humas sudah masuk dalam pembahasan tim Otonomi Daerah (Otda) yang diketuai Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi.

Pertimbangan utama penghapusan Bagian Humas Setda Klaten, yakni Permendagri No. 56/2019 tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Setda Provinsi dan Kabupaten/Kota. Bagian Humas Setda Klaten bakal digabungkan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten.

4 Toko di Matesih Karanganyar Terbakar

“Dalam hal ini, Bagian Organisasi Setda Klaten hanya bertugas memfasilitasi dan koordinasi guna menindaklanjuti Permendagri itu. Fungsi kehumasan memang akan digabung dengan Dinas Kominfo,” kata Bambang Sujarwo, kepada Solopos.com, Minggu (3/11/2019).

Bambang Sujarwo mengatakan Tim Otda Klaten berniat melakukan studi banding ke Kudus, pertengahan pekan mendatang. Saat ini, SOTK Pemkab Kudus sudah tervalidasi Biro Organisasi Jateng.

“Seperti apa perubahan-perubahan ke depan? Terutama di Bagian-Bagian, termasuk di Humas. Prinsipnya masih proses menindaklanjuti Permendagri No. 56/2019,” katanya.

Pembalap Indonesia Afridza Munandar Meninggal di Sirkuit Sepang Malaysia

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Klaten, Wahyudi Martono, mengatakan sebagian besar pegawai di Bagian Humas sudah mengetahui kabar rencana penghapusan tersebut.

Saat ini, jumlah pegawai di Bagian Humas Setda Klaten ada 42 orang. Terlepas dari rencana penghapusan Bagian Humas Setda Klaten itu, Wahyudi Martono meminta seluruh pegawainya agar tetap bekerja optimal dan tak terlalu memikirkan rencana peleburan tersebut.

“Betul, bagian kami nanti hilang di SOTK baru. Kami juga belum tahu persis, pegawai protokol dan komunikasi apakah ikut dilebur ke Dinas Kominfo Klaten atau ke Bagian Umum Setda Klaten. Kalau saya, protokol humas mending ikut di Bagian Umum,” katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten