B20 Indonesia Angkat Prinsip Bisnis dan Investasi Berkesinambungan

Ketua Bidang UMKM/Industri Kecil dan Menengah (IKM) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo),  Ronald Walla, mengapresiasi penyelenggaraan B20 Indonesia ini agar para pengusaha UMKM/IKM mampu mengelola bisnis yang berkesinambungan.

 Forum Bisnis dalam Presidensi G20 yang diselenggarakan di Jawa Timur berlanjut dengan diskusi terbuka yang diikuti para penggiat usaha pada tanggal 16 September 2022 . (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Forum Bisnis dalam Presidensi G20 yang diselenggarakan di Jawa Timur berlanjut dengan diskusi terbuka yang diikuti para penggiat usaha pada tanggal 16 September 2022 . (Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA-Ketua Bidang UMKM/Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo),  Ronald Walla, mengapresiasi penyelenggaraan B20 Indonesia ini agar para pengusaha UMKM/IKM mampu mengelola bisnis yang berkesinambungan.

Pembahasan terkait rantai pasok dan bisnis berkesinambungan ini mengemuka dalam The Business 20 atau B20 (Forum Bisnis dalam Presidensi G20 Indonesia) yang diselenggarakan di Jawa Timur dan diikuti para pegiat usaha pada 16 September 2022. Diskusi secara spesifik menyoroti soal proses rantai pasok (supply chain) yang efisien sehingga berdampak positif terhadap bisnisnya.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Salah satu strategi bisnis yang ditekankan B20 ini adalah pengusaha UMKM harus memahami rantai pasok secara lebih baik terhadap keunggulan produk yang dimiliki sehingga memiliki daya kompetitif yang baik bagi perusahaan sehingga dapat memenuhi ekspektasi pelanggan,” ujar Ronald dalam keterangan pers yang diterima Solopos.com pada Rabu (21/9/2022).

Penyelenggaraan G20 di Bali pada November mendatang akan membahas secara khusus hal yang berkaitan dengan perdagangan dapat membuka peluang besar dari pelaku UMKM untuk masuk ke dalam sistem rantai pasok global. Para pemangku kepentingan dari seluruh dunia diyakini bisa memberikan akses pelaku UMKM dari Indonesia masuk ke dalam sistem tersebut.

Baca Juga: Elon Musk dan Bill Gates Janji Hadir di B20 Summit Bali

Dengan pendekatan yang dilakukan selama gelaran G20 itu diharapkan pelaku UMKM dalam negeri dapat secara inklusif masuk ke sistem rantai pasok global. Ronald menyampaikan para pegiat UMKM dan pelaku usaha di seluruh sektor industri untuk mempraktikkan model bisnis dan investasi yang berkesinambungan berbasis prinsip ESG.

ESG ini telah populer di lima pasar utama Eropa, Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Investasi berkelanjutan ini tentunya sangat mempertimbangkan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Perusahaan yang menjalankan konsep ESG akan lebih mudah mendapatkan investasi dan menjadi pertimbangan dasar bagi para investor dalam melakukan pengambilan keputusan untuk berinvestasi atau tidaknya dalam suatu perusahaan.

Baca Juga: Promosikan Forum B20, Kadin Indonesia Lakukan Lawatan ke Eropa

“Perusahaan yang mengimplementasikan konsep ESG ini dapat memberikan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan, ekologi, dan masyarakat melalui pemberdayaan komunitas,” ucap Ronald.

Sejumlah lembaga nirlaba mengampanyekan praktik bisnis dan investasi berbasis ESG. Wismilak Foundation, misalnya, menggelar program Diplomat Succes Challenge atau DSC untuk mendorong pertumbuhan wirausahawan berusia 20 tahun- 45 tahun.

Forum diskusi ini juga memacu UMKM untuk terintegrasi dengan sistem rantai pasok global, dan berinisiatif untuk mendampingi UMKM melakukan transformasi digital agar dapat berakselerasi ke rantai pasok global. Selain itu, UMKM diharapkan bisa mengkreasikan model bisnis yang berkelanjutan berbasis environment, social, governance (ESG).

“Kita melihat ke depannya harus ada perubahan tentang tata kelola rantai pasok secara global maupun nasional. Tantangannya adalah diharapkan adanya kerja sama antara perusahaan secara jangka panjang,” ujar Ketua TaskForce Side Event dan CEO ASYX, Lishia Erza.

Baca Juga: Gelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Dalam forum B20 ini, menurut Lishia, mencakup banyak hal, yaitu pembiayaan dan kapasitas industri, hubungannya dengan usaha yang lebih kecil, serta bagaimana pemerintah menjadi katalis.

Demikian pula dari sisi keuangan. Harus diperkenalkan banyak model keuangan baru, mengingat pentingnya institusi keuangan bekerja sama dengan regulator yaitu Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lainnya. Nantinya pasca B20 akan ada rancangan program hingga lima tahun ke depan untuk membina UKM dan level industri dari segala sisi.

Baca Juga: Mitigasi Risiko Korupsi, B20-G20 Tingkatkan Integritas & Kepatuhan Dunia Bisnis

Program DSC yang dimulai sejak tahun 2010 ini merupakan inkubator kewirausahaan yang memperkokoh ekosistem wirausaha di Indonesia, serta mendukung bisnis berkelanjutan dalam ajang yang diselenggarakan B20 Indonesia.

Lishia juga mengapresiasi bahwa DSC merupakan salah satu contoh bagus. Menurutnya program tersebut sangat komprehensif, pengetahuan yang diberikan memperkaya secara bisnis, perilaku sebagai pelaku usaha, dan etika berusaha. Hal ini menjadi modal para peserta DSC untuk bisa berkembang dan maju lebih besar.

“Kualitas dari para pelaku usaha yang dijadikan mentor-mentor itu juga sangat baik, serta kurasi program dan mentoring lanjutan sangat berharga bagi para peserta,” bebernya.

B20 Menyoroti Isu Keberlanjutan Lingkungan

Dari sisi lingkungan, peran strategis Indonesia untuk menanggulangi krisis iklim yaitu restorasi sumber daya alam. Executive Director Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), Herlina Hartanto, menjelaskan bahwa untuk dapat merangkul stakeholder utama yaitu masyarakat desa yang dekat dengan hutan tropis, gambut, dan lainnya, upaya yang dilakukan adalah dengan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi (Sidak).

“Perlindungan, pemberdayaan, dan komersialisasi produk hutan, insentif dari warga desa adalah pemberdayaan secara ekonomi untuk mau menjaga alam,” tuturnya.

Baca Juga: Berbicara di Forum B20 New York, Bos OJK Pamer Ketangguhan Ekonomi RI

Dari sisi pendanaan, Investment Director Angel Investment Network Indonesia (Angin), Atika Benedikta, menjelaskan ada pendanaan alternatif untuk lingkungan. Menurutnya, Angin menyediakan dana pada tahap alam, karena belum ada format tersebut yang bisa diakomodir dari perbankan.

“Harus ada investor untuk program ini, investor memberikan dana melihat sisi produk dan proses produksi apakah ada prinsip ramah lingkungan. Investor atau perusahaan model ventura juga memiliki ketertarikan kepada UMKM yang ramah lingkungan dan berdampak sosial,” paparnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Peringatan Hari Batik Nasional di Solo, Momentum Mewujudkan Misi Regenerasi

      Berbagai elemen masyarakat, pejabat, dan pelaku usaha batik di Solo beramai-ramai merayakan Hari Batik Nasional 2022 yang jatuh pada Sabtu (1/2/2022). Festival, tour museum batik, hingga pameran batik digelar. 

      Usung Kearifan Lokal dalam Interior, Kereta Cepat Bisa Melaju 350 Km/Jam

       Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjelang pelaksanaan showcase Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

      Minggu Ada Tambahan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Bersejarah! Pertamina Group Pasok Bahan Baku Biodiesel ke Eropa

      Permintaan GDC di Uni Eropa terbagi dalam dua kategori yakni base CPO sekitar 150.000 metrik ton per tahun dan base UCO 300.000-500.000 metrik ton per tahun.

      Kolaborasi BRI dan Majoo Permudah Transaksi Nontunai, Termasuk Integrasi QRIS

      Kerja sama BRI dengan Majoo terbagi menjadi tiga hal, salah satunya integrasi QRIS Dynamic BRI yang dapat dimunculkan pada POS Majoo.

      Buy Limit dan Buy Stop: Mana yang Lebih Baik?

      Ketimbang terus memantau harga, investor dapat menetapkan buy limit atau buy stop pada trading yang berlangsung. Ketahui mana yang terbaik di bawah ini.

      Baru 22.867 Merchant yang Tergabung Solo Great Sale 2022

      Total 22.867 merchant SGS 2022 yang sudah tergabung, kategori pasar tradisional yang paling mendominasi.

      Pemerintah Perpanjang Subsidi Kedelai Rp1.000 per Kilogram hingga Desember 2022

      Program memperpanjang subsidi kedelai untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat pengrajin yang saat ini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kilogram.

      Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Jenis Pertamax Terbaru di Seluruh Indonesia

      Harga Pertamax di seluruh Indonesia berbeda-beda. Di wilayah Jawa, Bali, NTT, dan NTB, harga Pertamax turun Rp600 per liter. Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, Papua Barat harga Pertamax turun Rp650 per liter.

      Sasar Konsumen yang Batasi Gula, Yakult Light Diluncurkan

      PT Yakult Indonesia Persada meluncurkan produk baru, Yakult Light yang merupakan varian dari Yakult Original dengan kandungan gula lebih sedikit.

      Hari Ini Sabtu 1 Oktober 2022, Harga Pertamax Turun Jadi Rp13.900 per Liter

      Harga Pertamax turun dari Rp14.500 per liter menjadi Rp13.900 per liter mulai Sabtu (1/10/2022)

      Ayo Jalan-Jalan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Berwisata Pakai Kebaya, The Sunan Hotel Solo Dukung #Kebaya Goes to Unesco

      The Sunan Hotel Solo kembali melakukan gerakan kampanye dukung #Kebaya Goes To Unesco.

      BRI Kembali Buka BFLP IT untuk Cari Talenta Unggul di Bidang IT

      Untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan kelas dunia, BRI terus menjalankan program rekrutmen untuk mendapatkan SDM unggul di bidang IT melalui BFLP IT.

      Baznas Solo dan Solopos Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Pengasong Koran

      Baznas Solo bersama Solopos Media Group (SMG) menyalurkan paket bantuan kepada 50 pengasong koran di Solo, Jumat (30/9/2022).

      46 Tenant Ramaikan Semarak SGS 2022 di Atrium Solo Square

      Event festival dan bazar tersebut digelar di Atrium Solo Square Mall Jl. Slamet Riyadi Solo akan berlangsung selama empat hari mulai Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).