SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi berkunjung ke Space X bertemu Elon Musk (Istimewa)

Solopos.com, DAVOS — Sejumlah pebisnis top level seperti pendiri SpaceX, Elon Musk hingga pendiri Microsoft Bill Gates telah mengonfirmasi kehadiran mereka pada B20 Summit di Bali pada November mendatang.

“Kita sangat gembira karena Elon Musk sudah bersedia untuk hadir juga di B20,” ungkap Chair of B20 Indonesia Shinta Kamdani kepada media usai B20 Indonesia Business & Investment Forum di Davos Swiss, Selasa (24/5/2022) seperti dilansir Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Shinta menuturkan sejauh ini sudah lebih dari 40 negara partisipan bisnis yang mengonfirmasi kehadiran dengan lebih dari 2.000 orang yang bergabung pada komunitas B20.

“Acara B20 tidak hanya di Bali tapi ada inception meeting di Januari dan kita juga sudah mengadakan banyak pertemuan setiap bulan termasuk side event,” ucapnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Berbagai kegiatan yang dilakukan B20 tersebut, lanjut dia, bertujuan untuk menggaungkan Indonesia sebagai tuan rumah G20 dan B20 agar lebih banyak lagi pelaku usaha yang tau mengenai Indonesia dan potensi yang dimiliki.

Baca Juga: Ketemu Elon Musk Pakai Sepatu Lokal, Jokowi Dipuji Warganet Malaysia

Forum B20 juga membantu pemerintah untuk menangkap pebisnis potensial yang bisa di bawa ke Indonesia.

Lebih lanjut Shinta menyampaikan bahwa B20 Indonesia Legacy fokus kepada mengatasi tentang global di bidang transisi hijau, pemerataan pelayanan kesehatan, dan pertumbuhan yang inklusif.

Pada transisi hijau, B20 akan meluncurkan pusat unggulan perdagangan karbon global dengan mendorong dan meningkatkan cross-border carbon trading melalui satu pusat yang unggul.

Kemudian mengembangkan program untuk meminimalkan penyebaran tuberkolosis dan merintis model kemitraan strategis lintas batas untuk membangun pusat produksi vaksin.

Adapun untuk pertumbuhan yang inklusif melalui B20 Wiki untuk mengukur generasi mid-size companies dan one global empowerment dengan menyiapkan program akselerasi untuk membekali 1000 pemilik UMKM wanita.

Baca Juga: Potensi Investasi Elon Musk di Indonesia, Semikonduktur hingga Satelit

Sebelumnya, Elon Musk angkat bicara mengenai pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo. Elon Musk mengakui ada diskusi proyek masa depan dengan Presiden Jokowi dan akan datang ke Indonesia pada November 2022.

“Merupakan suatu kehormatan untuk bertemu di Starbase dan mendiskusikan proyek masa depan yang menarik,” kata Elon Musk pada Senin (16/5/2022) waktu Amerika Serikat, membalas cuitan Presiden Jokowi di Twitter, dikutip Selasa (17/5/2022).

“Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan,” ujar Elon.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung di Space X pada 14 Mei 2022 lalu. Didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Mentri Sekretaris Negara Pratikno, dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani Jokowi diketahui meninjau fasilitas produksi pabrik pembuatan roket tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya