Promosikan Forum B20, Kadin Indonesia Lakukan Lawatan ke Eropa

Bagi delegasi Kadin Indonesia, lawatan ke Eropa ini menjadi fondasi penting bagi B20 Indonesia

 Delegasi Kadin Indonesia melakukan lawatan ke Eropa untuk promosikan Forum B20. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Delegasi Kadin Indonesia melakukan lawatan ke Eropa untuk promosikan Forum B20. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-Delegasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia yang dipimpin Ketua Umum Arsjad Rasjid dan Ketua Penyelenggara B20 Indonesia Shinta W. Kamdani menggelar serangkaian lawatan ke Eropa pada 22 Mei-4 Juni 2022.

Kunjungan ini merupakan bagian dari B20 Indonesia, forum dialog resmi komunitas bisnis global G20 dalam rangka Presidensi G20 Indonesia.  Roadshow delegasi B20 Indonesia ini dimulai di acara World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, Selasa (23/5/2022). Arsjad menyampaikan tujuan Presidensi G20 Indonesia dan bagaimana peran bisnis Indonesia dalam ekonomi global.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Arsjad menekankan misi penting yang dibawa delegasi Kadin Indonesia dalam lawatannya ke Eropa adalah untuk mempromosikan B20 Indonesia dan mengundang investor dari Eropa dalam KTT B20 pada November mendatang di Bali.

Baca Juga: B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Selain itu Kadin Indonesia juga berupaya meningkatkan lebih banyak kerja sama perdagangan dan investasi bilateral, menjajaki kemitraan ekonomi baru dengan bisnis Eropa dan mengidentifikasi mitra utama untuk Indonesian Trading House.

“Dalam pertemuan tahunan WEF 2022 ini kami menggunakan momentum untuk mempromosikan Presidensi G20 dan B20 Indonesia juga menjabarkan 3 bidang prioritas Pemerintah Indonesia untuk G20 tahun 2022: Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Digital, dan Transisi Energi serta mengajak para pemimpin dunia dan bisnis yang hadir untuk menjalin koneksi, berkolaborasi untuk mendorong pemulihan ekonomi global,” jelas Arsjad di Swiss dalam keterangan tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Selasa (23/5/2022).

Baca Juga: Kadin Indonesia Temui Pimpinan Bisnis Kanada, Ini Yang Dibahas

Dalam forum WEF ini, B20 Indonesia menjadi tuan rumah B20 Indonesia Business and Investment Forum di Paviliun Indonesia yang mengundang para CEO global terlibat dan hadir dalam KTT B20 Bali.  Diskusi panel dalam forum tersebut dibuka oleh CEO Bakrie & Brothers Tbk, Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Indonesia, dan anggota B20 International Advocacy Caucus Anindya Novyan Bakrie.

Terdapat 3 agenda prioritas pada Fireside Chat di B20 Indonesia Business and Investment Forum ini yaitu pertama adalah transisi energi hijau dan peluang investasinya dengan mengundang pembicara Paddy Padmanathan selaku CEO ACWA Power sekaligus Co-Chair dari B20 Energy, Sustainability and Climate Task Force.

Baca Juga: Elon Musk dan Bill Gates Janji Hadir di B20 Summit Bali

Kedua adalah layanan kesehatan yang adil, dengan mengundang Managing Director Gavi Alliance Marie-Ange Saraka-Yao yang membagikan mengenai mitigasi isu-isu pelayanan kesehatan di negara G20 serta pentingnya kolaborasi peran pemerintah dan sektor swasta dalam hal ini. Topik terakhir yakni Digitalisasi dan Inklusi, dengan mengundang CEO Tokopedia William Tanuwijaya sebagai pembicara.

Shinta menginformasikan bahwa sesudah Swiss, lawatan Kadin Indonesia ke Eropa diteruskan ke Belanda, Belgia dan Jerman, serta beberapa negara yang dikenal sangat maju ekonominya dan mitra paling menjanjikan di antara negara-negara Uni Eropa lainnya. Saat ini, nilai perdagangan ekonomi Indonesia dengan Uni Eropa tiap tahunnya mencapai sekitar 25,5 miliar dolar AS dan ada 2,69 miliar dolar AS investasi Eropa di Indonesia di sektor jasa, manufaktur dan keuangan.

Kadin Indonesia juga mengadakan pertemuan kehormatan dengan Direktorat Jenderal Perdagangan Komisi Eropa dan Business Europe di Brussel, Belgia. Selain itu, untuk mengoptimalkan potensi kemitraan perdagangan dan ekonomi kedua belah pihak, saat ini sedang dirancang Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa.

Baca Juga: Berbicara di Forum B20 New York, Bos OJK Pamer Ketangguhan Ekonomi RI

“Meskipun perdagangan terus meningkat, masih banyak peluang kerjasama antara perusahaan Eropa dan Indonesia yang dapat digali demi membawa manfaat bagi perekonomian kedua pihak. Ini eranya diversifikasi usaha dan menciptakan rantai pasok yang lebih tangguh. KADIN Indonesia siap menjembatani anggota UE untuk menjajaki peluang investasi di Indonesia,” tegas Shinta.

Bagi delegasi Kadin Indonesia, lawatan ke Eropa ini menjadi fondasi penting bagi B20 Indonesia dalam memperluas partisipasi para pemimpin bisnis global untuk mendorong transformasi ekonomi dunia di masa depan. Baik Arsjad maupun Shinta mengatakan hubungan kuat dengan UE akan membantu B20 Indonesia dalam menyediakan jaringan lintas negara, terutama terkait kesempatan berbagi pengetahuan untuk menciptakan program warisan demi percepatan pemulihan ekonomi dunia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

+ PLUS Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

Gaya rambut pendek kini menjadi tren di kalangan wanita di Arab Saudi. Ini setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mendorong reformasi sosial yang salah satunya tidak lagi mewajibkan wanita mengenakan jilbab.

Berita Terkini

Insan BRILiaN BRI Raih Prestasi di Ajang UN World Innovation Day Hack

Insan BRILiaN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berhasil raih prestasi berupa Silver Medal Finalist di UN World Innovation Day Hack 2022.

BI: Hingga Pekan Keempat Juni 2022, Modal Asing Keluar Rp8,35 Triliun

Aliran modal asing yang keluar dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp5,25 triliun. Pada saat yang sama, tercatat aliran modal asing yang keluar dari pasar saham mencapai Rp3,10 triliun.

Kerugian Akibat Penyakit PMK Capai Rp9,9 Triliun

Penyakit mulut dan kuku (PMK) belakangan ini menyerang hewan ternak tengah mewabah di Indonesia. Wabah ini menimbulkan kekhawatiran khususnya bagi konsumen maupun peternak hewan.

Sukuk Rp1,158 Triliun Segera Jatuh Tempo, Ini Langkah PT PNM

Perseroan harus menjaga saldo minimal dana cadangan primer untuk kebutuhan jangka pendek, yakni dalam 5 hari ke depan, dan harus menjaga saldo minimal dana cadangan sekunder untuk kebutuhan 6-30 hari ke depan

Apresiasi Kondektur, Erick: Tindak Tegas Pelaku Pelecehan!

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan akan menyeret setiap oknum yang menciptakan suasana tidak aman dan nyaman dalam moda transportasi.

Panen Jagung Melimpah, Distribusi Susah, Ini Penyebabnya

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan pihaknya tengah melakukan sinergi dengan Kementerian Perhubungan mendorong percepatan mobilisasi hasil pangan dengan optimalisasi fungsi pelabuhan sebagai upaya mempercepat arus pergerakan barang terutama bahan pangan.

PMN BUMN Pasti Cair Tahun Ini, Tidak Ada Carry Over

Pemerintah belum memberikan rincian perkembangan pelaksanaan PMN bagi BUMN untuk tahun anggaran 2022.

Beli Minyak Goreng Curah Via PeduliLindungi Maksimal 10 Kilogram

pembelian minyak goreng curah harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan maksimal sebanyak 10 kilogram per konsumen.

Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Stagnan, Mulai Rp521.000

Harga emas bertahan di tengah penguatan emas global.

Bukan Hanya Soal Kebijakan, Ini Alasan Pajak Karbon Ditunda Lagi

Kementerian Keuangan memutuskan untuk menunda penerapan pajak karbon, yang rencananya akan diimplementasikan mulai 1 Juli 2022.

Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi Mulai 27 Juni, Caranya?

Peraturan beli minyak goreng curah pakai aplikasi PeduliLindungi akan mulai diterapkan pada Senin (27/6/2022). Lantas bagaimana caranya?

Perlu Tahu, Begini Syarat dan Cara Beli Rumah Pakai BPJS

Informasi tentang syarat dan cara beli rumah pakai BPJS Ketenagakerjaan tampaknya penting dipahami para pekerja.

Lampaui Target, Penjualan SBR011 di BRI Sentuh Rp1,5 Triliun

Penjualan SBR011 yang ditawarkan pemerintah sejak 25 Mei-16 Juni 2022 di BRI menyentuh angka Rp1,5 triliun. Capaian itu melampaui target yang diberikan Kemenkeu kepada BRI.

BEI Tutup Informasi Kode Investor Domestik-Asing Mulai Pekan Depan

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai menerapkan penutupan kode domisili investor asing dan domestik secara real time mulai perdagangan pekan depan, Senin (27/6/2022).

SoloKeren#2 Siap Digelar, Ada Video Challenge Berhadiah Total Rp10 Juta

Solopos Media Group (SMG) kembali menghadirkan event SoloKeren#2, yang digelar di Edutorium UMS, Minggu (26/6/2022).

Axiata dan XL Axiata Selesaikan Akuisisi 66,03 Persen Saham Link Net

Axiata Group Berhad (Axiata) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), menyelesaikan akuisisi bersama atas 66,03 persen saham PT Link Net Tbk (Link Net) dengan harga sekitar RM2,63 miliar.