SOLOPOS.COM - Keramaian lalu lintas di bundaran Tugu Kartasura, Senin (18/4/2022) siang. (tangkapan layar kamera CCTV Dishub Sukoharjo).

Solopos.com, SUKOHARJO — Puncak arus mudik di Bundaran Kartasura, Sukoharjo, diprediksi terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran seiring cuti bersama para aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai perusahaan mulai Jumat (29/4/2022). Petugas bakal mengoptimalkan pemantauan arus lalu lintas melalui kamera closed circuit television (CCTV).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan para ASN dan pegawai perusahaan diperkirakan pulang ke kampung halaman saat cuti bersama Lebaran. Mereka berasal dari wilayah Jakarta dan sekitarnya serta Jawa Barat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Nah, perantau yang pulang kampung jarak dekat kemungkinan pada H-2 atau H-1 Lebaran. Misalnya, perantau asal Semarang hendak pulang ke Sukoharjo atau Wonogiri. Waktu tempuh perjalanan hanya dua-tiga jam,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Pengunjung, Mal di Sukoharjo Tambah Tenaga Sekuriti

Toni menyebut lokasi utama rawan kemacetan arus lalu lintas saat puncak arus mudik Lebaran di wilayah Kartasura, Sukoharjo. Biasanya, penumpukan kendaraan bermotor terjadi di sepanjang jalan Solo-Jogja tepatnya di simpang empat Sanggung, Kecamatan Gatak sampai Bundaran Kartasura.

Petugas bakal disiagakan di sejumlah lokasi rawan kemacetan mulai dari simpang empat Sanggung, Bundaran Kartasura, dan simpang empat Kartasura. “Kami bakal membantu polisi lalu lintas untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas di jalur mudik, terutama pada malam hari,” ujarnya.

Selain itu, petugas bakal mengoptimalkan kamera CCTV untuk memantau pergerakan kendaraan bermotor di jalur mudik. Apabila terjadi penumpukan kendaraan bermotor, petugas di lapangan langsung bergerak cepat untuk mengurai kemacetan.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Wong Sukoharjo Harus Waspadai Kejahatan Ini

Titik Simpul

Di wilayah Kartasura, Dishub Sukoharjo telah memasang kamera CCTV di Bundaran Kartasura dan simpang empat Sanggung untuk memantau puncak arus mudik Lebaran. “Pada Lebaran 2019, kami juga memantau pergerakan kendaraan bermotor lewat kamera CCTV. Petugas operator langsung menghubungi petugas di lapangan jika terjadi kemacetan arus lalu lintas,” paparnya.

Sebelumnya, Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengungkapkan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di jalur mudik Lebaran difokuskan di wilayah Kartasura yang menjadi titik simpul pertemuan Solo-Jogja-Semarang. Petugas bakal disebar di sejumlah ruas jalan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Kaum Boro Nguter Sukoharjo bakal Buka Objek Wisata

Selama ini, lokasi sekitar Bundaran Kartasura menjadi titik pertemuan kendaraan bermotor dari arah Jogja, Semarang, dan Solo. Tak pelak, kerap terjadi penumpukan kendaraan bermotor para perantau yang hendak pulang ke kampung halaman menjelang Lebaran.

“Fokus utama pengamanan dan pengaturan lalu lintas di wilayah Kartasura. Kendaraan bermotor dari Solo dan Semarang bertemu di Bundaran Kartasura. Begitu pula, kendaraan bermotor dari Surabaya atau Solo yang hendak ke Jogja dan Semarang juga melewati Bundaran Kartasura,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya