Alhamdulillah, Penjualan Daging Sapi di Boyolali Tak Terpengaruh PMK

Harga daging sapi di Pasar Sunggingan Boyolali belum terdampak munculnya penyakit mulut dan kuku di Boyolali.

 Pedagang daging sapi di Pasar Sunggingan Boyolali, Giyati, 40, memeriksa daging sapi yang ia jual di lapaknya, Jumat (13/5/2022). Harga daging sapi di Pasar Sunggingan masih berkisar Rp125.000, lebih tinggi dari harga sebelum Lebaran Rp120.000. (Solopos/Ni’matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Pedagang daging sapi di Pasar Sunggingan Boyolali, Giyati, 40, memeriksa daging sapi yang ia jual di lapaknya, Jumat (13/5/2022). Harga daging sapi di Pasar Sunggingan masih berkisar Rp125.000, lebih tinggi dari harga sebelum Lebaran Rp120.000. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI–Terdeteksinya penyakit mulut dan kuku atau PMK di Singosari, Mojosongo, Boyolali ternyata tidak berdampak dengan penjualan daging sapi di Pasar Sunggingan, Boyolali.

Para pedagang daging sapi mengatakan penjualan masih normal pada Jumat (13/5/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Salah satu pedagang daging sapi, Giyati, 40, mengatakan harga daging di tempatnya memang turun dibandingkan harga daging sapi pada H+7 Lebaran. Namun, ia mengatakan hal tersebut adalah hal normal dan bukan karena pengaruh penyakit mulut.

“Kalau harga waktu Lebaran masih di angka Rp140.000–Rp150.000 per kilogram. Kemudian turun pelan-pelan, pas Lebaran ketupat sekitar Rp130.000, sekarang Rp125.000,” ungkapnya saat dijumpai Solopos.com di lapaknya, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Jangan Panik! Hewan Terjangkit PMK Masih Bisa Dikonsumsi

Dia mengatakan harga daging sapi memang turun, tapi masih lebih tinggi dari harga normal yaitu Rp120.000 per kilogram. Penjualan di tempatnya juga masih normal seperti biasa.

“Penjualan juga normal, sekitar 50 kilogram per hari. Harapannya sih penjualan daging sapi tidak terpengaruh, kasihan orang-orang yang jualan daging seperti saya,” jelasnya.

Sementara itu, pedagang daging sapi lain, Marno, 47, juga mengaku penyakit kuku dan mulut yang terjadi di Boyolali belum berdampak pada penjualan daging sapi di lapaknya. Penjualan di lapaknya masih berkisar 60 kilogram per hari.

“Pas Lebaran jualannya bisa lebih dari 400 kilogram per hari. Tapi ini penjualannya kembali ke normal, tetap biasa saja,” kata dia.

Marno mengatakan harga daging sapi di lapaknya Rp125.000 per kilogram. Harga tersebut turun dari Rp132.000 per kilogram pada Lebaran Ketupat. Namun, Marno mengatakan harga tersebut masih lebih tinggi dibanding harga biasanya di angka Rp120.000 per kilogram.

Baca Juga: Cegah Penyakit Mulut-Kuku Merebak, Pasar Hewan Jelok Boyolali Disemprot

“Semoga para pelanggan saya dan pembeli daging sapi tidak terpengaruh masalah penyakit mulut dan kuku ini. Ya biar pedagang daging sapi pemasukannya biasa,” harapnya.

Salah satu pembeli daging sapi di Pasar Sunggingan, Sri Martini, 50, mengaku tidak takut untuk membeli daging sapi karena percaya dengan penjual langganannya.

“Yang penting dicuci bersih, terus dimasak sampai benar-benar matang,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bundaran Gladag-Tugu Jam Pasar Gede Solo Dihias Lampu Wuku, Ada Apa Ya?

      Sepanjang Jl Jenderal Sudirman dari Bundaran Gladag hingga Tugu Jam Pasar Gede Solo hingga sebulan ke depan akan dihiasi dengan lampu Wuku.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.