Kategori: Wonogiri

Alas Kethu Wonogiri Terbakar, Ini Penyebabnya


Solopos.com/Cahyadi Kurniawan

Solopos.com, WONOGIRI -- Kebakaran melanda hutan di Alas Kethu, Kelurahan Giriwono, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Senin (28/10/2019). Api membakar hutan seluas satu hektare dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kebakaran itu terjadi pada Senin siang sekitar pukul 14.15 WIB. Api diduga berasal dari api kecil yang terlihat pada pukul 13.40 WIB. Api lantas membesar karena tertiup angin kencang.

Puting Beliung Terjang 2 Kecamatan di Sukoharjo, Puluhan Rumah Rusak

“Saat api terlihat kecil itu tidak ada penanganan atau pemadaman dari warga sekitar sehingga api malah meluas dan membesar,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada Solopos.com, Selasa (29/10/2019).

Kejadian itu lantas ditangani Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Wonogiri bersama personel Perhutani, Pemadam Kebakaran Wonogiri, sukarelawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), dan warga sekitar. Api berhasil dipadamkan pada pukul 15.00 WIB.

Puting Beliung Rusak Sejumlah Bangunan di Masaran Sragen

“Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu namun hutan yang terbakar mencapai satu hektare di Petak 29 K Alas Kethu RPH Pulosari BKPH Wonogiri KPH Surakarta,” imbuh dia.

Ia menambahkan api membakar jenis tamanan tegakan seperti akasia dan jati serta semak-semak. Penyebab pasti kebakaran hutan itu masih dalam proses penyelidikan pihak berwenang.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih