Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri memadamkan api di hutan Gunung Pegat, jalan Wonogiri-Pacitan, Km. 19, Wonogiri, Selasa (22/10/2019). (Istimewa/BPBD Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI -- Hutan negara di Gunung Pegat, jalan Wonogiri-Pacitan Km. 19, Nguntoronadi, Wonogiri, terbakar pada Selasa (22/10/2019) sekitar pukul 07.30 WIB.

Api terlihat dari tepi jalan dan segera dipadamkan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri yang tengah memulihkan lokasi terdampak angin puting beliung di Desa Ngadiroyo, Nguntoronadi.

“Pemadanan dilakukan cepat agar api tidak menyebar dan meluas ke daerah yang lebih tinggi. Api padam sejam kemudian,” ujar Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada Solopos.com, Selasa (22/10/2019).

Video Panasnya Cuaca Hari Ini, Bisa Goreng Telur Tanpa Api

Sebelumnya pada Senin (21/10/2019) malam kebakaran hutan juga terjadi di petak 41 RPH Gebang BKPH Wonogiri KPH Surakarta di Desa Ngadiroyo, Kecamatan Nguntoronadi.

Api diketahui sekitar pukul 18.30 WIB dan menghanguskan 5 hektare lahan berisi semak belukar dan aneka pohon mulai dari jati, mahoni, dan sonokeling.

Pemadaman dilakukan bersama petugas Perhutani dibantu pemadam kebakaran, tim reaksi cepat (TRC) BPBD Wonogiri, dan personel TNI-Polri.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai lima hektare berlokasi di Petak 41 RPH Gebang BKPH Wonogiri KPH Surakarta,” kata Bambang.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten