SOLOPOS.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe memberikan keterangan kepada wartawan di kediamannya di Jayapura, Papua, Jumat (30/9/2022). (ANTARA/Qadri Pratiwi)

Solopos.com, JAKARTA — Setelah berlarut-larut akibat dirintangi oleh pendukung Lukas Enembe, tim KPK dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akhirnya berhasil memeriksa Gubernur Papua tersebut di rumahnya, Kamis (3/11/2022).

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan timnya dan tim dokter dari IDI sudah selesai memeriksa Lukas Enembe.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Lukas Enembe menurut Ketua KPK bersikap kooperatif saat diperiksa kesehatannya selama 1,5 jam.

“Tadi setelah proses kurang lebih 1,5 jam di kediaman bapak Lukas Enembe,” kata Firli kepada wartawan, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: KPK Usut Layanan Jet Pribadi Kelas Satu untuk Gubernur Papua Lukas Enembe

Firli menyebut kegiatan pertama di rumah Lukas adalah pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter dari IDI.

Selanjutnya, kata Firli, Lukas juga turut memberikan keterangan terkait perkara suap dan gratifikasi yang menjeratnya.

“Tadi beliau sudah memberikan keterangan kepada KPK terkait dengan beberapa hal yang dibutuhkan oleh penyidik KPK,” kata Firli.

Baca Juga: KPK Blokir Rekening Istri Gubernur Papua Lukas Enembe

Firli mengatakan proses pemeriksaan Lukas oleh tim IDI dan KPK berjalan lancar. Dia bahkan menyebut Lukas cukup kooperatif.

“Proses tadi cukup lancar tidak ada hambatan apapun kerjasama dan beliau sungguh kooperatif, rakyat Papua juga sangat menghormati atas proses hukum yang berjalan,” katanya.

Sebelumnya, KPK memastikan tak akan melakukan upaya jemput paksa terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe dalam kunjungannya ke Papua bersama tim dokter dari IDI.

Baca Juga: Kasus Lukas Enembe, KPK Periksa Pramugari-Pihak Airlines terkait Pemberian Uang

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menegaskan kedatangan tim IDI dan pihak KPK ke Papua untuk mengecek kondisi kesehatan Lukas dan melakukan pemeriksaan sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi.

Hal tersebut disepakati usai KPK melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Menteri Kesehatan Budi Gunadi, Wamendagri John Wempi Wetipo, TNI, Polri, Polda Papua, Pangdam Papua, hingga IDI.

Baca Juga: Usut Lukas Enembe, KPK Periksa Pramugari Maskapai RDG Airlines

“Meminta aparat kewilayahan untuk menyampaikan ke masyarakat Papua bahwa KPK datang ke Papua dalam rangka pemeriksaan kesehatan LE [Lukas Enembe] dan pemeriksaan LE sebagai tersangka, tidak untuk melakukan jemput paksa,” kata Alex dalam konferensi pers di Gedung KPK, Senin (24/10/2022).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “KPK dan IDI Periksa Lukas Enembe di Rumahnya Selama 1,5 Jam”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya