Ada Penyelundupan Narkoba, Tes Urine Warga Binaan Rutan Solo Negatif

Hasil tes urine secara acak terhadap 15 penghuni sel narkoba di Rutan Solo diketahui negatif. Tes urine ini menindaklanjuti penyelundupan jeruk berisi benda diduga sabu-sabu.

 Ilustrasi tes urine deteksi narkoba. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes urine deteksi narkoba. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.som, SOLO — Hasil tes urine 15 warga binaan Rutan Kelas 1 A Solo negatif narkoba. Tes urine dengan sasaran acak itu digelar menyusul adanya kasus pelemparan kantong plastik berisi jeruk yang di dalam ada benda diduga narkoba jenis sabu-sabu, Kamis (27/1/2022).

Petugasa Rutan Solo masih menunggu hasil penyelidikan kasus pelemparan barang diduga sabu-sabu ke dalam kompleks rutan tersebut oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Solo. Berdasarkan hasil rekaman kamera pengintai, terlihat ada seseorang yang melemparkan benda misterius ke dalam rutan melalui tembok rutan sisi barat pada Kamis pagi.

PromosiInsentif Fiskal untuk Mewujudkan Ambisi Penggunaan Kendaraan Listrik

Baca Juga: Penyelundupan Barang ke Rutan Solo Masih Terjadi, Terus Apa Solusinya?

Barang yang setelah dibuka berisi sebutir jeruk itu jatuh di belakang kamar 9 Blok Napi Narkoba Rutan Solo Setelah diperiksa kembali, ternyata di dalam jeruk itu terdapat bungkusan plastik kecil yang isinya diduga sabu-sabu seberat 0,82 gram.

“Jeruknya masih terlihat utuh. Namun di salah satu bagiannya ada lubang, dan di dalamnya ada bungkusan itu,” jelas Kepala Rutan Solo, Urip Dharma Yoga, kepada Solopos.com, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Misterius, Jeruk Berisi Benda Diduga Sabu-Sabu Dilempar ke Rutan Solo

Penyelidikan BNN Kota Solo

Setelah adanya temuan itu, Rutan Solo bekerja sama dengan BNN Kota Solo menggelar tes urine secara acak terhadap penghuni kamar 9 Blok Narkoba itu. Tujuannya untuk memastikan ada tidaknya pengguna narkoba di antara mereka.

Total ada 15 sampel dari 42 orang penghuni kamar itu yanv menjalani tes. “Hasil tesnya ternyata semuanya negatif,” katanya. Baik hasil pemeriksaan tes urine maupun barang bukti lain, termasuk rekaman kamera pengintai yang merekam aksi pelemparan itu kini sudah diserahkan kepada BNN Kota Solo.

Baca Juga: Razia, Petugas Rutan Solo Temukan Handphone yang Sudah Retak

“Semua sudah kami serahkan ke BNN. Selanjutnya kami menunggu saja perkembangan dari BNN,” katanya. Kepala BNN Kota Solo, Kombes Pol Ari Kurniawansyah, mengatakan akan mendalami barang bukti yang ada.

Selain akan memastikan jenis barang yang diduga sabu-sabu tersebut, BNN Solo juga akan menyelidiki pelaku pelemparan barang tersebut. “Kami akan mendalami juga mengenai jaringannya. Nanti kami juga akan cek dari sejumlah media yang ada. Ada beberapa rekaman kamera yang nanti akan kami dalami,” katanya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Picu Macet, Kecelakaan di Penggung Boyolali Libatkan Truk, Mobil, Motor

Kecelakaan melibatkan sebuah truk Hino bernomor polisi AD 1770 OC, mobil berpelat nomor DK 1446 HL serta sebuah sepeda motor yang terparkir di depan warung makan kaki lima.

3 Atlet Asli Klaten Unjuk Gigi di SEA Games Vietnam, Begini Kata Bupati

Setidaknya ada tiga atlet asal Klaten yang masuk kontingen Indonesia pada SEA Games 2021 di Vietnam.

Ini Kisah Lengkap KKN Rumah Kosong Klaten, Serem Lur!

Inilah kisah lengkap penuh misteri dari pengalaman KKN di Rumah Kosong Klaten.

Tragedi Tabung Gas Bocor di Mojosongo Solo, 2 Nyawa Melayang

Dua orang meninggal dunia akibat luka bakar tersambar api dari gas bocor di lokasi industri tahu dan tempe Mojosongo, Jebres, Solo.

Ini Politikus PDIP yang Berpotensi Gantikan Sukamto di DPRD Sragen

Naniek Budhi Darmawati berpotensi jadi anggota DPRD Sragen menggantikan Sukamto yang meninggal dunia pada Rabu (18/5/2022).

BPS Wonogiri Adakan Sensus Penduduk Lanjutan, untuk Apa?

Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengadakan sensus penduduk lanjutan pada Mei-Juni 2022. Sensus tersebut merupakan tahapan kedua sensus penduduk 2020.

Sumeni, Mata-Mata Sragen Legendaris Penakluk Tentara Belanda

Indonesia memiliki salah satu mata-mata legendaris semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Sumeni salah satunya. Ia dikenal dengan kehebatannya "menaklukkan" tentara Belanda di Sragen.

1 Jam, Bupati Jekek Bicara Rentenir hingga Kemiskinan di Wonogiri

Selama lebih kurang satu jam, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir, kaum boro, hingga pengentasan kemiskinan.

Breaking News! Jalan Solo-Semarang di Boyolali Macet, Ada Kecelakaan

Akibat kecelakaan tersebut arus lalu lintas di jalur Solo-Semarang maupun sebaliknya tersendat.

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.