Razia, Petugas Rutan Solo Temukan Handphone yang Sudah Retak

Petugas Rutan Kelas 1A Solo menemukan handphone yang sudah retak saat melakukan razia di kamar mandi warga binaan.

 Warga berfoto di depan bangunan Rutan Kelas 1A di Jl Slamet Riyadi, Solo, Kamis (18/6/2020) malam. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

SOLOPOS.COM - Warga berfoto di depan bangunan Rutan Kelas 1A di Jl Slamet Riyadi, Solo, Kamis (18/6/2020) malam. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Petugas Rumah Tahanan atau Rutan Kelas IA Solo kembali menemukan dan menyita satu handphone (HP) milik warga binaan saat menggelar razia pada Minggu (12/12/2021) malam. HP merupakan barang terlarang bagi warga binaan rutan.

Kepala Rutan Kelas IA Solo, Urip Dharma Yoga, saat dihubungi wartawan melalui ponsel, Senin (13/12/2021), menjelaskan lokasi rutan berada di tengah permukiman warga. Sehingga kerja sama dari warga sangat diperlukan.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Ketika melihat ada [orang dengan] gerak-gerik yang mencurigakan kami harap [warga sekitar Rutan] segera berkoordinasi dengan kami, sehingga bisa langsung dilakukan penindakan,” terangnya.

Baca Juga: Ke Solo, Wali Kota Kediri Minta Izin Tiru SGS dan Kampung Batik

Urip menjelaskan HP yang ditemukan petugas dalam razia di Rutan Solo, Minggu malam, kondisinya sudah retak. Urip menduga warga binaan mendapatkannya setelah dilempar dari luar tembok rutan. “Dugaan kami [HP] dilempar dari luar. Karena kalau dari barang titipan keluarga celahnya tidak mungkin,” tuturnya.

Urip menjelaskan petugas Rutan Klas IA Solo selalu melakukan pengamanan dan seleksi ketat setiap barang yang masuk. Petugas penjaga menara rutan juga telah diminta untuk meningkatkan kewaspadaan bila ada pergerakan mencurigakan.

Ke depan Urip berharap tidak ada lagi barang-barang terlarang yang berhasil diselundupkan ke dalam rutan dengan berbagai cara. HP yang retak tersebutu, menurut Urip, ditemukan saat petugas melakukan razia di WC. HP itu diselipkan di antara baju.

Baca Juga: Jadi Pengurus Parpol, Pegawai Kontrak Sekretariat DPRD Solo Tak Dipecat

Urip masih menyelidiki siapa pemilik HP yang ditemukan saat razia petugas Rutan Solo tersebut. “Soal HP ini punya siapa masih kami kembangkan, karena setiap kami razia dan kami tanya HP milik siapa, pasti mereka mengelak semua,” katanya.

Selain HP, Urip menerangkan petugas juga menemukan sejumlah barang terlarang saat razia di Blok C itu. Seperti tiga charger, satu power bank, empat kabel USB, dua gulung kabel, satu headset, satu colokan, pisau cukur, paku dan tutup panci stainless steel.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

+ PLUS Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

Gaya rambut pendek kini menjadi tren di kalangan wanita di Arab Saudi. Ini setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mendorong reformasi sosial yang salah satunya tidak lagi mewajibkan wanita mengenakan jilbab.

Berita Terkini

Parpol Koalisi Indonesia Bersatu Di Solo Adakan Pertemuan, Ada Apa?

Tiga parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Solo mengadakan pertemuan selama dua jam di salah satu hotel di Kota Bengawan.

Serunya CFS Wonogiri, Pengunjung hingga Bakul Tengkleng Semuanya Girang

Car free sunday (CFS) di Kota Wonogiri akhirnya digelar, Minggu (26/6/2022).

Espos Plus: Tujuan Konser, Transformasi Jakarta hingga Jackson Effect

Berita terkait tujuan digelarnya konser musik pada zaman dulu dan sekarang, transformasi Jakarta serta The Jackson Effect di hari kematian sang Raja Pop menjadi sajian menu Espos Plus edisi Minggu (26/6/2022).

Sapi Suspek PMK di Karanganyar Dijual Murah, Begini Komentar DPRD

Sejumlah peternak di Karanganyar, Jawa Tengah rela menjual murah ternak sapi lantaran khawatir mati di kandang gara-gara sakit.

Begini Keseruan Ganjar-Rudy Nonton Denny Caknan di Vastenburg Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo alias Rudy tampak menikmati keseruan konser Trisakti Bulan Bung Karno yang menghadirkan penyanyi Denny Caknan di Benteng Vastenburg Solo.

Beda dari Lainnya! Bugisan Klaten Bikin Paket Wisata Pengelolaan Sampah

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan berkeinginan menjadi desa wisata di tengah potensi wilayah yang dikelilingi candi dan kental dengan potensi budaya. Namun, keinginan menjadi desa wisata itu terganjal permasalahan sampah.

Jelang Penutupan Untuk Revitalisasi, TSTJ Solo Malah Tambah Ramai

Jumlah pengunjung TSTJ atau Jurug Solo Zoo justru semakin ramai menjelang penutupan untuk revitalisasi yang direncanakan mulai 1 Juli 2022.

Tahap I, Boyolali Peroleh 1.900 Dosis Vaksin dari Kementan

Kabupaten Boyolali mendapatkan dropping 1.900 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (24/6/2022) sore.

Misterius! Sungai Mungkung Sragen Tercemar Berat, Pemerintah Cari Tahu

DLH Kabupaten Sragen menyebut tingkat pencemaran di Sungai Mungkung Sragen cukup berat apabila dibandingkan dengan sungai lain di Kabupaten Sragen.

Vaksinasi PMK Boyolali Dimulai Besok, Sapi Perah Jadi Prioritas

Vaksinasi menanggulangi persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali dimulai, Senin (27/6/2022). Vaksinasi PMK di Boyolali diperkirakan akan diselesaikan dalam dua hari.

Lepas 111 Calhaj Menuju Donohudan, Ini Pesan Wabup Boyolali

Pemkab Boyolali melepas 111 calon jemaah haji (calhaj) di kompleks Kantor Bupati Boyolali, Minggu (26/6/2022) pagi.

Karanganyar Akan Terima 2.000 Dosis Vaksin PMK, Sapi Ini Jadi Prioritas

Kabupaten Karanganyar akan mendapatkan alokasi 2.000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Cerita Bocah Pemulung Cilik Solo: Cari Rongsokan Sejak Usia 3 Tahun

Bocah pemulung cilik di Solo menceritakan kisahnya ikut mencari rongsokan sejak berusia tiga tahun.

Geronjal! Jalan di Palang Sepur Dagen Berbatu & Sempit

Kondisi palang sepur di Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, terus menjadi keluhan warga.

Bupati Karanganyar: Palang Sepur Dagen Sering Macet, Dibaikan PT KAI

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, curhat keluhannya tentang palang sepur Dagen selama tujuh tahun terakhir diabaikan PT KAI.