SOLOPOS.COM - Kambing bakar. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Selain daging sapi, daging kambing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja kandungan dan manfaat daging kambing? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sumber protein hewani yang satu ini memiliki tekstur dan rasa seperti daging sapi, terutama yang berasal dari satwa yang masih sangat muda. Dibandingkan daging merah lainnya, seperti daging sapi dan domba, sumber protein hewani satu ini diketahui lebih sehat. Pasalnya, kandungan lemak di dalamnya cukup rendah dan masih mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Berikut ini sejumlah manfaat daging kambing bagi kesehatan tubuh seperti dikutip dari hellosehat.com pada Senin (11/7/2022):

1. Mencegah anemia

Salah satu manfaat daging kambing yang sayang dilewatkan yaitu mencegah anemia berkat kandungan zat besi di dalamnya.  Zat besi merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam sel darah merah. Dengan begitu, sel darah merah bisa mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Torpedo Kambing Bisa Tingkatkan Gairah Seksual, Mitos atau Fakta?

Tubuh yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, tapi tubuh manusia tidak dapat menghasilkan zat besi sendiri.  Itu sebabnya, Anda perlu mendapatkan zat besi dari makanan, seperti daging kambing untuk mencegah anemia.

2. Memelihara kesehatan otot

Selain mencegah anemia, manfaat daging kambing lainnya yakni memelihara kesehatan otot. Bagaimana tidak, daging kambing kaya akan protein yang tidak jauh berbeda dengan daging merah lainnya. Protein dalam daging kambing menyediakan semua asam amino esensial yang diperlukan kesehatan dan perkembangan tubuh.

Anda membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan memelihara kesehatan otot. Tidak hanya itu, tubuh memanfaatkan protein pada daging untuk memperbaiki jaringan yang rusak, terutama pada otot. Untuk itu, asupan protein harian yang cukup membantu memelihara kesehatan otot dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Membantu mengurangi risiko obesitas

Tahukah Anda bahwa daging kambing termasuk salah satu daging dengan kandungan lemak yang cukup rendah? Kandungan lemak pada daging kambing secara keseluruhan lebih rendah dibandingkan daging merah lainnya.

Baca Juga: Makan Daging Kambing Bisa Tingkatkan Libido Pria, Benarkah?

Artinya, daging dari hewan pemakan rumput ini memiliki kalori yang lebih sedikit yang mungkin baik untuk berat badan Anda. Jadi, konsumsi daging kambing sesekali dalam pola makan Anda mungkin bisa mengurangi risiko obesitas. Para ahli pun merekomendasikan untuk mengurangi jumlah lemak jenuh pada makanan dan menggantinya dengan lemak tak jenuh.

4. Mencegah penyakit jantung

Beberapa orang beranggapan bahwa makan daging kambing bisa memicu peningkatan tekanan darah hingga hipertensi. Risiko ini sebenarnya bisa terjadi bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Namun, konsumsi daging kambing dengan wajar ternyata bisa mengelola tekanan darah hingga mencegah penyakit jantung.  Daging kambing mengandung kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging merah lainnya.

Baca Juga: Lima Bahan Ini Membuat Olahan Daging Kambing Lebih Lezat

Sementara itu, kolesterol dan lemak jenuh yang rendah pada makanan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Maka dari itu, Anda bisa mencoba berbagai kreasi daging kambing untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, tetapi dalam batas wajar.

5. Menjaga kesehatan tulang

Walaupun dikenal sebagai sumber protein, daging kambing kaya akan kalium yang menawarkan manfaat untuk kesehatan tulang Anda. Begini, asupan kalium yang terlalu sedikit dapat meningkatkan tekanan darah dan menguras kalsium dalam tulang. Hal ini tentu bisa memicu berbagai masalah tulang, seperti osteoporosis.

Baca Juga: Ini Cara Bakar Satai Kambing Agar Hidangan Iduladha Makin Maknyus

Kandungan kalsium pada daging kambing setidaknya cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan harian Anda. Guna mendapat tulang yang kuat, penuhi kebutuhan mineral, seperti kalium dan kalsium, melalui konsumsi daging.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya