SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit perut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Tips berpuasa bagi penderita mag atau sakit lambung wajib Anda ketahui, mengingat Ramadan 2023 tinggal hitungan hari lagi.

Bagi kamu yang memiliki sakit mag, tetap disarankan untuk berpuasa selama Ramadan. Hal ini dikarenakan puasa merupakan salah satu mekanisme dari tubuh untuk menetralkan dan mengistirahatkan pencernaan.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Menurut dokter spesialis dalam gastroentohepatologi, dr Syifa Mustika, tubuh akan mengeluarkan racun di dalam tubuh, terutama di saluran pencernaan ketika kamu berpuasa 10-13 jam.

Dia juga mengatakan meski tidak makan dan minum lebih dari 12 jam karena berpuasa, asam lambung juga tidak akan naik dan menganggu kenyamanan seseorang. “Ternyata dengan pengaturan frekuensi makan dan pola makan yang cukup teratur di Ramadan, pasti ada sahur dan buka. Secara tidak langsung disinkronkan oleh otak kita, sehingga dia memberikan instruksi ke organ pencernaan kita dan tidak ada masalah untuk berpuasa,” katanya, dilansir laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Akan tetapi, terdapat tips yang harus dipatuhi bagi penderita mag atau sakit lambung ketika berpuasa di Ramadan. Berikut ini 4 tipsnya.

  1. Konsumsi air putih yang banyak. Setidaknya 10-12 gelas setiap hari. Caranya, diperbanyak pada saat sahur dan setelah buka puasa.
  2. Hindari makanan-makanan berminyak seperti gorengan, makanan pedas, dan makanan yang mengandung banyak santan ketika sahur. Pasalnya, Sebab jika makanan-makanan itu terlalu banyak dikonsumsi akan membuat tenggorokan kering dan terasa haus di siang hari.
  3. Membatalkan puasa dengan sesuatu yang manis meskipun tidak harus dalam jumlah yang banyak. Hal ini agar kembali memulihkan energi setelah sekian lama berpuasa. Karbohidrat dalam tubuh akan dinaikkan dari kadar gula yang dikonsumsi saat berbuka puasa dengan makanan atau minuman manis.
  4. Setelah berbuka dengan makanan dan minuman secukupnya, seusai salat tarawih silakan mengonsumsi makanan inti. Tidak disarankan ketika berbuka langsung makan dengan porsi besar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya